Pengembangan Bahan Ajar Berbentuk Komik Pada Muatan (IPS) Materi Pekerjaan Di Sekitarku Kelas IV SDN 2 Selebung Ketangga
DOI:
https://doi.org/10.29408/didika.v7i2.4498Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui bagaimana respon siswa terhadap bahan ajar berbentuk komik pada muatan pelajaran IPS materi pekerjaan di sekitarku kelas IV SDN 2 Selebung Ketangga. Jenis penelitian ini adalah pengembangan menggunakan model Borg and Gall yang sudah disederhanakan menjadi 7 tahap yaitu: 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, dan 7) revisi produk. Berdasarkan hasil validasi ahli media, ahli bahasa dan ahli praktisi pendidikan, diperoleh hasil validasi media dengan jumlah skor aktual 34 berkategori “baik”, hasil validasi ahli bahasa dengan jumlah skor aktual 20 berkategori “baik” dan hasil validasi ahli praktisi pendidikan dengan jumlah skor aktual 42 berkategori “baik”, serta hasil tes evaluasi siswa dinyatakan tuntas dengan nilai ketuntasan 100% dan KKM 65 dengan jumlah rata-rata 81% dan hasil respon siswa dari 20 siswa mendapat penilaian sebesar 100%. Berdasarkan hasil tersebut, maka produk bahan ajar berbentuk komik pada muatan pelajaran IPS materi pekerjaan di sekitarku kelas IV SDN 2 Selebung Ketangga layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: bahan ajar, komik, pekerjaan di sekitarku
References
Ahmad. Susanto. (2013). Pengembangan Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenamedia Group.
Ahmad. Susanto. (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenamedia Group.
Andi. Prastowo. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Banguntapan Yogyakarta: Diva Press
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia
Muhammad. Yaumi. (2018). Media Dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.
Nuriswi. Nugraheni. (2017). Penerapan Media Komik Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Refleksi Edukatika. Volume 7. Nomor 2. Hal 114 dan 115.
Nurul. Hikmah. Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Jenis-jenis Pekerjaan Melalui Model Pembelajaran Make A-Match pada Siswa Kelas III SD Muhammadiyah 2 Samarinda. Jurnal Pendas Mahakam. Volume 3. Nomor 2. Hal 172.
Nurul. Huda. Pangabean. (2020). Desain Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Sains. Penerbit: Yayasan Kita Menulis