Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Mem-posing Masalah menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad. (2018). Penerapan metode diskusi dalam meningkatkan hasil belajar murid pada pembelajaran fiqh. Jurnal Al Hikmah, 15(1), 60-79. https://doi.org/10.25299/jaip.2018.vol15(1).1585.
Disnawati, H., & Nahak, S. (2019). Pengembangan lembar kerja siswa berbasis etnomatika tenun Timor pada materi pola bilangan. Jurnal Elemen, 5(1), 64-79. https://doi.org/10.29408/jel.v5i1.1022.
Fauziah, A., Putri, R., Zulkardi, & Somakim. (2017). Primary school student teachers' perception to Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) instruction. Journal of Physics: Conference Series, 1-8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/943/1/012044.
Fauziah, Zulkardi, & Putri, R. I. (2016). Desain pembelajaran materi belah ketupat menggunakan kain jumputan Palembang untuk siswa kelas VII. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(1), 31-40. https://doi.org/10.15294/kreano.v7i1.4829.
Firdaus, M., Widodo, & Rochintaniawati. (2018). Analisis kemampuan berpikir kreatif dan proses pengembangan kemampuan berpikir kreatif siswa SMP pada pembelajaran biologi. Indonesian Journal of Biology Education, 21-28. https://doi.org/10.17509/aijbe.v1i1.11452.
Florida, Richard, Mellander, C., & King. (2015). The global creativity index. Martin Prosperity Institute.
Idris, I., & Silalahi, D. (2016). Penerapan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) untuk meningkatkan kemampuan penyelesaian soal cerita pada kelas VII A SMP UTY. Jurnal EduMatSains, 1(1), 73-82.
Jayanto, I., & Noer, S. H. (2017). Kemampuan berpikir kreatif dengan pembelajaran guided discovery. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika.
Juliant, A., & Kurnia. (2016). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pada materi pola bilangan ditinjau dari kemampuan matematika siswa. Jurnal Riset Pendidikan, 2(2), 111-118.
Kausar, A., Tiya, K., & Rahim, U. (2016). Penerapan pendekatan pembelajaran problem posing untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X SMAN 10 Kendari pada materi pangkat, akar dan logaritma. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 15-28. https://doi.org/10.19184/jukasi.v4i3.6149.
Kemdikbud. (2018). Buku pegangan pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi. dirjen guru dan tenaga kependidikan kemendikbud. Jakarta: Kemdikbud.
Lestari, D., Testiana, G., & Agustinia, R. (2018). Kemampuan berpikir kreatif siswa dengan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Jurnal Pendidikan Matematika Rafa, 4(1), 79-92. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v4i1.3766.
Mulinda, Zubainur, C., & Hidayat, M. (2018). Level kemampuan berpikir kreatif siswa melalui realistic mathematics education di Kelas VII MTsN 1 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 103-111.
Safaria, S., & Sangila, M. (2018). Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP Negeri 9 Kendari pada materi bangun datar. Jurnal Al-Ta'dib, 11(2), 73-90. https://doi.org/10.31764/jtam.v2i1.220.
Silver. (1997). Fostering creativity through instruction rich in matematical problem solving and problem posing. Pittsburgh, USA. https://doi.org/10.1007/s11858-997-0003-x.
Situmorang, F. G., & Zulkardi. (2019). Kemampuan generalisasi pada materi persamaan garis lurus dalam pembelajaran PMRI di SMP Negeri 45 Palembang. Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 64-76. https://doi.org/10.36706/jls.v1i1.9570.
Susanti, E., & Setianingsih , R. (2019). Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pola bilangan model TIMSS. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 302-310. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v2i1.283.
Widyastuti, W, & Putri, R. (2018). Kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran operasi pecahan menggunakan pendekatan Open-Ended. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 13-22. https://doi.org/10.21831/pg.v13i1.21167.
Zulkardi. (2002). Developing a learning environment on realistic mathematics education for indonesian student teachers. Disertasi tidak dipublikasikan. Enschede: University of Twente.
DOI: https://doi.org/10.29408/jel.v6i2.1857
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Elemen

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Elemen is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.