Penerapan Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Perkalian
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas. (2006). Kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Gravemeijer, K. (1994). Developing realistic mathematics education. Utrecht: Freudenthal Institute.
Heruman. (2007). Model pembelajaran matematika di sekolah dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hudojo, H. (1990). Strategi belajar mengajar. Malang: IKIP Malang.
Munarsih, A. (2008). Upaya penigkatan hasil belajar matematika melalui
pendekatan Realistic Mathematic Education (RME). Tesis, tidak diterbitkan, UMS Surakarta.
Muslimin. (2012). Desain pembelajaran pengurangan bilangan bulat melalui permainan tradisional congklak berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia di kelas IV Sekolah Dasar, Kreano, 3 (2), 100-112.
Nilakusumawati, D. E. (2014). Kajian efektivitas penerapan metode ringkas dalam perkalian susun. Jurnal Matematika, 4(2), 112-129.
Purwanto, N. (1994). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Rohani, A. (2004). Pengelolaan pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Saahi, M. N,. Ismaimuza, D., & Idris, M. (2015). Meningkatkan hasil belajar siswa pada perkalian bilangan bulat di kelas IV SDN 1 Nambo dengan menggunakan metode tutor sebaya. Jurnal Kreatif Tadulako, 4 (12), 38-50.
Wardhani. (2010). Implikasi karakteristik matematika dalam pencapaian tujuan mata pelajaran matematika di SMP/MTs. Yogyakarta: PPPPTK Matematika.
Wijaya, A. (2012). Pendidikan matematika realistik: Suatu alternatif pendekatan pembelajaran matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Zulkardi. (2009). The "P" in PMRI: Progress and problems. ICMA Mathematic Education. Yogyakarta: IndoMs.
Zulkardi & Ilma, R. (2006). Mendesain sendiri Soal kontekstual matematika. Prosiding Konferensi Nasional Matematika XIII. Semarang: IndoMS
DOI: https://doi.org/10.29408/jel.v4i1.469
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Elemen

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Elemen is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.