Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aprilia, D., Praja, E. S., & Noto, M. S. (2018). Desain bahan ajar lingkaran berbasis koneksi matematis siswa SMP. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 43-52.
Arjudin, A., Sutawidjaja, A., Irawan, E.B & Sa’dijah, C. (2016). Characterization of mathematical connection errors in derivative problem solving. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME), 6(5), 7-12.
Desmita. (2012). Psikologi perkembangan peserta didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Fitriasari, P., Tanzimah, T., & Sari, N. (2018). Kemandirian belajar mahasiswa melalui blended learning pada mata kuliah metode numerik. Jurnal Elemen, 4(1), 1-8. Crossref.
Gazali, M. (2015). Eksperimentasi model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization guide note taking (TAI GNT) ditinjau dari kemandirian belajar siswa. Jurnal Elemen, 1(1), 70-80. Crossref.
Hamalik, O. (2010). Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hartono, W. & Noto, M. S. (2017). Pengembangan modul berbasis penemuan terbimbing untuk meningkatkan kemampuan matematis pada perkuliahan kalkulus integral. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 320-333.
Hendriana, H., & Sumarmo, U. (2014). Penilaian pembelajaran matematika. Bandung: Refika Aditama.
Isfayani, E., Johar, R., & Munzir, S. (2018). Peningkatan kemampuan koneksi matematis dan self- efficacy siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange (RTE). Jurnal Elemen, 4(1), 80-92. Crossref.
NCTM. (2000). Principles and standards for school mathematics. USA: NCTM.
Nugroho, P. B., Suparni., & Nu’man, M. (2012). Efektivitas model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan metode talking stick dan penemuan terbimbing terhadap hasil belajar matematika siswa. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.
Noto, M. S., Hartono, W., & Sundawan, D. (2016). Analysis of students mathematical representation and connection on analytical geometry subject. Infinity Journal, 5(2), 99-108. Crossref.
Noto, M. S., Tonah, T., & Hernati, H. (2015). Efektivitas pendekatan metakognitif terhadap kemandirian belajar dan berpikir kritis matematis siswa. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika (JPPM), 8(1), 47-52.
Prihandika, A. (2017). Perbedaan kemampuan koneksi matematis melalui model pembelajaran react dengan model pembelajaran learning cycle 5e siswa SMKN 39 Jakarta. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(1), 1-9.
Rosita, C. D., Laelasari, & Noto, M. S. (2014). Analisis kemampuan pemahaman matematis mahasiswa pada mata kuliah aljabar linear 1. Euclid, 1(2), 60-69.
Sumarmo, U. (2014). Pengembangan hard skill dan soft skill matematik bagi guru dan siswa untuk mendukung implementasi kurikulum 2013. Makalah disajikan pada Seminar Nasional STKIP Siliwangi Bandung.
Slavin, R., & Lake, C. (2007). Effective programs in elementary mathematics: A best-evidence synthesis. Best Evidence Encyclopedia (BEE). Johns Hopkins University.
Song & Hill. (2007). A conceptual model for under standing self-directed learning in online environments. Journal of Interactive Online Learning, 6 (1).
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Elemen

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Elemen is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.