Kemampuan Penalaran Matematika melalui Model Pembelajaran Methaporical Thinking Ditinjau dari Disposisi Matematis
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Esi, Purwaningsih, E., & Okianna. (2016). Peranan guru sebagai fasilitator dan motivator dalam meningkatkan hasil belajar di kelas XI SMK. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(10), 1-14.
Iqbal, M. (2016). Kemampuan penalaran matematis siswa dalam menemukan rumus barisan aritmatika berbantuan alat peraga sederhana. Seminar Nasional Matematika dan Terapan 2016. Retrieved from https://ocs.usu.ac.id/simantap/2016/paper/view/153.
Katz, L. G. (2009). Dispositions as educational goals. Retrieved from http://www.edpsycinteractive.org/files/edoutcomes.html.
Mahmudi, A., & Saputro, B. A. (2016). Analisis pengaruh disposisi matematis, kemampuan berpikir kreatif, dan persepsi pada kreativitas terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 205–212. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i3.276.
NCTM. (2000). Principles and standards for school mathematics. United States of America: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.
Nurhikmayati, I. (2016). Pembelajaran dengan pendekatan metaphorical thinking untuk meningkatkan kemampuan penalaran siswa SMP. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(1), 21–34.
Paranduri. (2018). Penerapan model pembelajaran project based learning terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis dan disposisi matematis siswa SMP. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 3(2), 145–156. https://doi.org/10.30998/jkpm.v3i2.2771.
Ridwan, M. (2017). Profil kemampuan penalaran matematis siswa di tinjau dari gaya belajar. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 193–206. https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol2no2.2017pp193-206.
Ridwan, R., Zulkardi, Z., & Darmawijoyo, D. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran aritmetika sosial berbasis problem based learning di kelas VII SMP. Jurnal Elemen, 2(2), 92. https://doi.org/10.29408/jel.v2i2.180.
Roesdiana, L. (2016). Pembelajaran dengan pendekatan metaphorical thinking untuk mengembangkan kemampuan komunikasi dan penalaran matematis siswa. JUDIKA (Jurnal Pendidikan UNSIKA), 4(2), 169–184.
Rosnawati, R. (2013). Kemampuan penalaran matematika siswa SMP Indonesia pada TIMSS 2011. Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA (pp. 1-6). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Saputri, I., Susanti, E., & Aisyah, N. (2017). Kemampuan penalaran matematis siswa menggunakan pendekatan metaphorical thinking pada materi perbandingan kelas VIII di SMPN 1 Indralaya Utara. Jurnal Elemen, 3(1), 15–24. https://doi.org/10.29408/jel.v3i1.302.
Sumarmo, U. (2006). Pembelajaran keterampilan membaca matematika pada sekolah menengah. Seminar Pendidikan Matematika Se-Jawa Barat. Bandung: Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Gunung Djati.
Sumarmo, U. (2010). Berpikir dan disposisi matematik: apa, mengapa, dan bagaimana dikembangkan pada peserta didik. Bandung: FPMIPA UPI.
Widyasari, N., Dahlan, J. A., & Dewanto, S. (2016). Meningkatkan kemampuan disposisi matematis siswa SMP melalui pendekatan metaphorical thinking. FIBONACCI Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 2(2), 28–39. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.28-39.
Widyasari, N. (2013). Meningkatkan kemampuan penalaran dan disposisi matematis siswa smp melalui pendekatan metaphorical thinking. Tesis, tidak dipublikasikan, Universitas Pendidikan Indonesia.
DOI: https://doi.org/10.29408/jel.v6i1.1179
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Elemen

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Elemen is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.