Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Menggunakan Buku Teks dengan Pendekatan Konstruktivisme
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alim, E. S., Umam, K., & Rohim, S. (2015). Integration of reciprocal teaching-ICT model to improve students’ mathematics critical thinking ability. In Workshop Proceedings of the 23rd International Conference on Computers in Education, ICCE 2015.
Amir, M. F. (2017). Identifikasi kesulitan mahasiswa dalam memecahkan masalah open ended materi nilai mutlak. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(2), 1–15. https://doi.org/10.26486/jm.v2i2.291.
Ardila, A., & Hartanto, S. (2017). Faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar matematika siswa MTs Iskandar Muda Batam. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 175–186. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v6i2.966.
Barlia, L. (2011). Konstruktivisme dalam pembelajaran sains di SD: tinjauan epistimologi, ontologi, dan keraguan dalam praksisnya. Cakrawala Pendidikan, 3(3), 343–358.
Delphie, B. (2009). Matematika untuk anak berkebutuhan khusus. Sleman: PT. Intan Sejati Klaten.
Godino, J. D. (2015). Mathematical concepts, their meaning, and understanding. Proceeding of Conference of International Group for the Psychology of Mathematics Education, 2(March), 417–425.
Hatch, J. A. (2002). Doing qualitative research in education setting. In State University of New York Press, Albany (Vol. 1). State University of New York Press.
Hendriana, Roehati, & Sumarmo. (2017). Hard skills dan soft skills. Bandung: PT. Refika Aditama.
Khaidir, C. (2019). Efektivitas buku ajar metode numerik berbasis konstruktivisme di IAIN Batusangkar. Jurnal Saintika Unpam: Jurnal Sains dan Matematika Unpam, 2(2), 109–114. https://doi.org/10.32493/jsmu.v2i2.3321.
Khairani, M., & Yenti, F. (2018). Efektifitas bahan ajar mata kuliah matematika diskrit berbasis konstruktivisme. Suska Journal of Mathematics Education, 4(2), 100–107.
Lambertus. (2016). Developing skills understanding of mathematical high school student. International Journal of Education Research, 4(7), 315–326.
Minarni, A., Napitupulu, E. E., & Husein, R. (2016). Mathematical understanding and representation ability of public junior high school in North Sumatera. Journal on Mathematics Education, 7(1), 45–58.
Mohajan, H. (2018). Properties of transitions observed in the 161Tb decay. Journal of Economic Development, Environment and People, 7(01), 23–48.
Nizarwati, N., Hartono, Y., & Aisyah, N. (2013). Pengembangan perangkat pembelajaran berorientasi konstruktivisme untuk mengajarkan konsep perbandingan trigonometri siswa kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2). https://doi.org/10.22342/jpm.3.2.328.
Priartini, D. A., Hendriani, A., & Fitriani, A. D. (2017). Penerapan model konstruktivisme untuk meningkatkan pemahaman konsep bangun ruang peserta didik SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 26–35.
Rahmawati, A. (2017). Analisis kesalahan mahasiswa pendidikan matematika dalam menyelesaikan soal pertidaksamaan pada mata kuliah Kalkulus I. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 81–90. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.
Sovia, A., Harisman, Y., Rifa’i, H., & Rahima. (2019). Modul kalkulus berbasis masalah. Padang: ERKA.
Stylianides, A. J., & Stylianides, G. J. (2014). Learning mathematics with understanding : a critical consideration of the learning principle in the principles and standards for school mathematics learning mathematics with understanding: a critical consideration of the learning principle in the princi. TMME, 4(January 2007), 103.
Sucipto, L., & Mauliddin, M. (2017). Analisis kesulitan belajar mahasiswa dalam memahami konsep bilangan real. Beta Jurnal Tadris Matematika, 9(2), 197. https://doi.org/10.20414/betajtm.v9i2.37.
Waseso, H. P. (2018). Kurikulum 2013 dalam persektif teori pembelajaran konstruktivis. Ta’lim: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(1), 59–72.
Yunita, A., Hamdunah, & Sovia, A. (2017). Pengaruh penggunaan buku teks dengan pendekatan konstruktivisme. Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM), (November), 36–42.
Yunita, A., Imelwaty, S., Hamdunah, & Sovia, A. (2019). Matematika dasar buku teks bilingual dengan pendekatan konstruktivisme. Padang: ERKA.
DOI: https://doi.org/10.29408/jel.v6i1.1696
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Elemen

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Elemen is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.