PENGEMBANGAN E-MATERI BERBASIS MATA KULIAH PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH (E-LEARNING)

Authors

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v4i2.1170

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1. Mengetahui tingkat kebutuhaun pengguanan internet di kalangan mahasiswa Universitas Hamzanwadi. 2. Untuk menghasilkan e-materi yang dikembangkan berdasarkan mata kuliah 3. Menghasilkan purwarupa LMS untuk pembelajaran daring. E-materi yang dikembangkan berbasis mata kuliah pada program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Hamzanwadi. Untuk dapat mewujudkannya maka dilakukan penelitian Pengembangan yang digunakan merujuk pada model pengembangan Borg dan Gall dengan tahapan yang pertama studi kebutuhan material pembelajaran dilanjutkan dengan merancang desain, menentukan konten material dan aset media, memvalidasi sampai dengan pembuatan produk akhir. E-materi yang dikembangkan terdiri atas sub-sub materi yang tergabung dalam satu paket material pembelajaran.Hasil penelitian ini diharapkan  dapat meningkatkan kemampuan peneliti untuk dapat menyajikan material pembelajaran yang bervariasi dalam proses pembelajaran.

Kata kunci : e-materi, pembelajaran jarak jauh (e-learning

References

Azhar A. (2006).Media pembelajaran.Jakarta: PT Radja Grafindo Perkasa.

Desai, K. (2014). E-Learning. Langlit An International Peer-Reviewed Open Access Journal, 214.

Gall, M. D., Joyce, P., & Borg, W. R. (2002).Educational research. New York: Omegatype Typography, Lcn.

Hardy. (2015, November 27). Jenis-Jenis Website Berdasarkan Fungsinya. Retrieved from ProgressTech: https://www.progresstech.co.id/blog/jenis-website-fungsi/

Ibrahim, DSM.(2014). The Effects Of The Use Of E-Learning On The Learning Motivation Andachievement In Mathematics Of The Students Of SD Negeri Tahunan Yogyakarta. Jurnal Prima Edukasi, Vol. 2 No. 1, 66-79.

Sudijono, Anas. 2009. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sumardi, K. dan Supriawan, D. (2011). Model Pembelajaran E-Learning (Lms) Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Termodinamika Teknik Jurnal invotec, Vol. VII No. 1, 53-68.

Tafiardi.(2005). Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui E-Learning. Jurnal Pendidikan Penabur . Vol. IV, No.04, 85-97.

Uwes A.C.,(2017). Model Desain Sistem Pembelajaran Blended. Universitas Negeri Jakarta

Downloads

Published

2018-12-31

How to Cite

Ibrahim, D. S. M., & Febriani, Y. (2018). PENGEMBANGAN E-MATERI BERBASIS MATA KULIAH PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH (E-LEARNING). Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 1–16. https://doi.org/10.29408/didika.v4i2.1170

Most read articles by the same author(s)