Strategi Pendidik Dengan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Menghadapi Era Society 5.0

Authors

  • Muhammad Sururuddin Universitas Hamzanwadi
  • Muhammad Husni Universitas Hamzanwadi
  • Safrudin Jauhari Universitas Hamzanwadi
  • Abdul Aziz Universitas Hamzanwadi
  • Baiq shofa Ilhami Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v7i1.3848

Abstract

 

Strategi pendidik dalam menggunakan media pembelajaran multimedia di era society 5.0, society 5.0 dalam dunia pendidikan dapat diartikan sebagai konsep pembelajaran yang berpusat pada manusia dan berbasis teknologi. Pendidik memiliki onotomi dalam memilih startegi pembelajaran untuk menciptakan pembelajaran yang aktif. Keterlibatan guru dan siswa dalam proses pembelajaran dengan cara menggali, menemukan, berdiskusi, berfikir kritis, dan inovasi dalam pemanfaatan teknologi. Tujuan kajian ini adalah menjelaskan strategi-strategi pendidik yang dapat di terapkan dalam pemanfaatan media berbasis multimedia. Metode yang diterapkan dalam kajian ini adalah kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data litelatur. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan strategi-strategi pendidik yang dapat diterapkan dalam dunia pendidikan menggunakan media pembelajaran multimedia yang tepat untuk menghadapi era sociaty 5.0. Pendidik tersebut mencakup bagiamana strategi-strategi menghasilkan peserta didik yang aktif menggali, menemukan, berdiskusi, berfikir kritis, dan inovasi.

 

References

Aldianto, L., Mirzanti, I. R., Sushandoyo, D., & Dewi, E. F. (2018). Pengembangan Science Dan Technopark Dalam Menghadapi Era Industri 4.0 - Sebuah Studi Pustaka. Manajemen Indonesia, 18(1), 68–76.

Astutia, Waluyab, Asikin. (2019). Strategi Pembelajaran dalam Menghadapi Tantangan Era Revolusi Industri 4.0. Proseding Universitas Semarang. ISSN (2686-6404).

Dzulkifli, & Sari, I. P. (2015). Karakteristik Guru Ideal. 89–93.

Fatimaningrum, A. S. (2011). Karakteristik Guru Dan Sekolah Yang Efektif Dalam Pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 7(2).

Indriani. Susi. (2019). Memajukan Inovasi Pembelajaran di Era Society 5.0. Akademia. Smol.id.

Indriani. Susi. (2019). Memajukan Inovasi Pembelajaran di Era Society 5.0. Akademia. Smol.id.

Monovatra, Dkk. 2019. Generasi Milineal yang Siap Menghadapi Era Revolusi Digital (Society 5.0 dan Revolusi Industri 4.0) di Bandung Pendidikan Melalui Pengembangan Sumber Daya Manusia. Proseding Universitas Negeri Semarang. ISSN : 2686-6404.

Kemendikbud. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter (L. Muliastuti, Ed.). Jakarta: Kemendikbud.

Kuncoro, A. (2019). Revolusi Industri 4.0 Dan Dampaknya Terhadap Perekonomian Indonesia Nino. Harian Kompas, P. 6. Https://Doi.Org/10.1017/Cbo9781107415324.004

Setiawan, Lenaati. (2020). Peran Dan Strategi Perguruan Tinggi Dalam Menghadapi Era Society 5.0. Journal of Computer, Information System, & Technology Management. Online ISSN: 2615-7357 Vol. 3, No. 1.

Prasetyo, H., & Sutopo, W. (2018). Industri 4.0: Telaah Klasifikasi Aspek Dan Arah Perkembangan Riset. Jurnal Teknik Industri, 13(1), 17–26. Https://Doi.Org/10.2307/1782970

Downloads

Additional Files

Published

2021-06-30

How to Cite

Sururuddin, M., Husni, M., Jauhari, S., Aziz, A., & Ilhami, B. shofa. (2021). Strategi Pendidik Dengan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Menghadapi Era Society 5.0. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 143–148. https://doi.org/10.29408/didika.v7i1.3848

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2