Keterampilan Siswa Memecahkan Masalah Olimpiade Matematika Ditinjau dari Kepribadian Tipe Senising dan Intuiting
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Apostol, E. M. D. (2017). Problem solving heuristics on non-routine problems of college students. American Jurnal of Educational Research, 5(3), 338–343. https://doi.org/10.12691/education-5-3-16.
Fauziah, A. (2010). Peningkatan kamampuan pemahaman dan pemecahan masalah matematika siswa SMP melalui strategi React. Forum Kependidikan, 30(1), 1–13.
Kiswanto, Rahman, U., & Sulasteri, S. (2015). Deskripsi pemahaman konsep materi geometri ditinjau dari kepribadian sensing dan intuition pada siswa kelas IX SMPN 33 Makassar. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 3(1), 42–58.
Lutfiananda, I. M. A., & Rosyiidi, A. H. (2014). Profil pemecahan masalah open-ended siswa berkepribadian STJ dan NFJ pada materi rata-rata hitung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 103–112.
Mairing, J. P., Budayasa, I. K., & Juniati, D. (2012). Perbedaan profil pemecahan masalah peraih medali OSN matematika berdasarkan jenis kelamin. Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(2), 125–134. https://doi.org/10.17977/jip.v18i2.3612.
Mardiyana, Riyadi, Sujatmiko, P., & Ratri, D. A. (2016). Peningkatan kompetensi guru matematika SMP Kota Surakarta dalam pembinaan olimpiade matematika. In Prosiding Semminar Matematika dan Pendidikan Matematika, 848–860.
Polya. (1981). Mathematical Discovery. New York: John Wiley & Sons.
Putu, I. P. S., Nyoman, I. G., & Yudi, I. H. (2017). Peningkatan kompetensi siswa berbakat dalam bidang olimpiade matematika tingkat SD. Jurnal Widya Laksana, 6(2), 100–112.
Saraswati, & Erlinda, D. P. (2015). Pengembangan aplikasi sistem pakar know yourself untuk menganalisa kepribadian siswa sekolah menengah atas dan kejuruan menggunakan metode Dempster-Shafer.
Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmana, A. (2012). Berpikir intuitif dan implikasinya pada pembelajaran matematika (pp. 39–60).
Trisnowali, A. (2015). Profil disposisi matematis siswa pemenang olimpiade pada tingkat provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal of EST, 1(3), 47–57. Crossref.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Jakarta: Kemdikbud.
Wayan, I. P. A. (2007). Model pembinaan olimpiade matematika sekolah dasar di Propinsi Bali, (2), 270–286.
Yuwono, A. (2010). Profil siswa SMA dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari tipe kepribadian. tesis.
Zaman , S., & Sandi, I. A.( 2009). Myers-briggs type indicator: cara menggali potensi diri untuk meraih kesempatan kerja. Jakarta: Visimedia.
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Elemen

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Elemen is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.