Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP pada Materi Kekongruenan dan Kesebangunan

Authors

  • Indri Herdiman IKIP Siliwangi
  • Koentri Jayanti IKIP Siliwangi
  • Kholifia Ayuning Pertiwi IKIP Siliwangi
  • Resti Naila N. IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.29408/jel.v4i2.539

Keywords:

the ability of mathematical representation

Abstract

The ability of the mathematical representation is the ability to create a model of a problem into a new form of verbal, text, tables, or graphs. The research is a qualitative descriptive study aimed to systematically describe the capabilities of mathematical representation. Data collection techniques in this study conducted using tests such as about the description, the test is given to students of class IX in one of the Junior High School in the city of Cimahi with 37 students. The results showed that the ability of the mathematical representation of students on the material for the indicator congruence and similarity of words or text are at less qualification with the percentage of students' average score of 43%. Indicators visual representation including sufficient qualification with the percentage of students' average score of 60%. On the indicator equations or mathematical expressions including the qualification is very less with the average percentage score of 34.75%. Difficulties faced by students predominantly found in Question 2b, 4b with the kind of test containing indicator words or text and Question 4c with indicators equations or mathematical expressions.

References

Armadan & Somakim. (2017). Kemampan representasi matematis siswa pada pembelajaran berbasis teori Van Hiele di materi segiempat kelas VII SMP Negeri 1 Indralayu Utara. Jurnal Elemen, 3(1), 49-57. Crossref.

Aryanti, D. & Nursangaji, A. (2013). Kemampuan representasi matematis menurut tingkat kemampuan siswa pada materi segi empat di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1).

Hani, H. (2015). Pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan pemahaman dan representasi matematis siswa sekolah dasar. PGSD STKIP Subang, I, 142-149.

Herdiman, I. (2017). Peenerapan pendekatan open-ended untuk meningkatkan matematik siswa SMP. JES-MAT, 3(2), 195-204.

Herdiman, I., Nurismadanti, I. F., Rengganis, P., & Maryani, N. (2018). Kemampuan berpikir kritis matematik siswa SMP pada materi lingkaran. Prisma, 7(1), 1-10.

Hrp, N. A. (2017). Peningkatan kemampuan representasi matematis dan motivasi belajar siswa melalui model pembelajaran berbasis proyek (project based learning) di kelas VII SMP Negeri 1 Torgamba tahun pelajaran 2016/2017. Pembelajaran dan Matematika SIGMA, 3(1), 38-48.

Hutagaol, K. (2013). Pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa sekolah menengah pertama. Infinity, 2(1), 85–99. Crossref.

Kusumah, E. C. (2016). Peningkatan kemampuan representasi matematis siswa melalui model means-analysis dalam pembelajaran matematika. Disertasi Tidak Dipublikasikan, Bandung, Universitas Pendidikan Indonesia. Crossref.

Laelasari, Toto Subroto, N. I. K. (n.d.). Penerapan model pembelaaran learning cycle 7E dalam kemampuan repersentasi matematis mahasiswa. Euclid, 1(2), 82-92.

Yudhanegara, M.R., K. E. L. (2015). Meningkatkan kemampuan representasi beragam matematis siswa melalui pembeajaran berbasis masalah terbuka (penelitian kuasi eksperimen terhadap siswa kelas VII SMPN 1 Pagaden, Subang). Ilmiah Solusi, 1(4), 94-103. doi: Crossref.

Mustangin. (2015). Representasi konsep dan peranannya dalam pembelajaran matematika di sekolah. JPM (Jurnal Pendidikan Matematika), 1(1), 15-22.

Nopiyani, D., Turmudi, T., & Prabawanto, S. (2016). Penerapan pembelajaran matematika realistik berbantuan geogebra untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP. Pendidikan Matematika, 5(2), 45-52.

Nurdin, M. (2013). Pengaruh metode discovery learning untuk meningkatkan representasi matematis dan percaya diri siswa. UNIGA, 9(1), 9-22.

Ruseffendi, E. T. (2006). Pengantar kepada membantu guru mengembangkan kompetensinya dalam pengajaran matematika untuk meningkatkan CBSA (edisi revisi). Bandung: Tarsito.

Sabirin, M. (2014). Representasi dalam pembelaran matematika. JPM IAIN Antasari, 1(2), 33-44. Crossref.

Siti, R. (2016). Peningkatan kemampuan representasi matematis siswa kelas X 2 SMAN 1 Gedung Meneng menggunakan bahan ajar matriks berbasis pendekatan saintifik. JPM (Jurnal Pendidikan Matematika), 5(2), 138-147.

Tyas, Handining, W., Sujadi, I. R. (2016). Representasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi aritmatika sosial dan perbandingan ditinjau dari gaya kognitif siswa kelas VII SMP Negeri 15 Surakarta tahun ajaran 2014/2015. Disertasi Tidak Dipublikasikan, Solo, UNS.

Downloads

Published

30-07-2018

How to Cite

Herdiman, I., Jayanti, K., Pertiwi, K. A., & Naila N., R. (2018). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP pada Materi Kekongruenan dan Kesebangunan. Jurnal Elemen, 4(2), 216–229. https://doi.org/10.29408/jel.v4i2.539

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.