Missouri Mathematics Project (MMP), Pemahaman Konsep Matematika, dan Kepercayaan Diri Siswa
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ciftci, S. K., & Yildiz, P. (2019). The effect of self-confidence on mathematics achievement: the metaanalysis of trends in international mathematics and science study. International Journal of Instruction, 12(2), 683-694. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12243a.
Fauziah, A., & Sukasno, S. (2015). Pengaruh model missouri mathematics project (MMP) terhadap kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah matematika siswa SMA N I Lubuklinggau. Infinity Journal, 4(1), 10-21. https://doi.org/10.22460/infinity.v4i1.67.
Jannah, M., Triyano, & Ekanna, H. (2013). Penerapan model missouri mathematics project (MMP) untuk meningkatkan pemahaman dan sikap positif siswa pada materi fungsi. Jurnal Pendidikan Matematika Solusi, 1(1), 61-66.
Kilpatrick, J., Swafford, J., & Findell, B. (2001). Adding it up: helping children learn mathematics. Washington, DC: National Academy Press.
NCTM. (2000). Principle and standards for school mathematic. USA: NCTM, Inc.
Norkhamid. (2017). Peningkatan hasil belajar matematika materi limit fungsi melalui model course review horray bagi peserta didik kelas XI IPA 4 SMAN 1 Mayong. Jurnal Aksioma. 8(2). 19-32. https://doi.org/10.26877/aks.v8i2.1837.
Noviyanti, S., Katono, & Suhito. (2014). Penerapan pembelajaran missouri mathematics project pada pencapaian kemampuan komunikasi lisan matematis siswa kelas VII. Jurnal Kreano. 5(2). 212-218.
Nugroho, P. B., Suparni, & Nu'man, M. (2012). Efektivitas model pembelajaran missouri mathematics project (MMP) dengan metode talking stick dan penemuan terbimbing. Prosiding Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika. Diambil dari http://eprints.uny.ac.id/eprint/10075.
Nulhakim, A. L. (2016). Pengaruh frekuensi pemberian catatan perbaikan pada latihan matematika terhadap kemampuan pemahaman matematika. Jurnal SAP, 1(1), 79-79. https://doi.org/10.30998/sap.v1i1.1013.
OECD. (2016). PISA 2015 result in focus. Diambil dari https://www.oecd.org/pisa/pisa-2015-results-in-focus.pdf.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 59 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/ Madrasah
Aliyah.( 2014). Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.
Pratiwi, I. D., & Laksmiwati, H. (2016). Kepercayaan diri an kemandirian belajar pada siswa SMA. Jurnal Psikologi Teori & Terapan, 7(1), 43-49. https://doi.org/10.26740/jptt.v7n1.p43-49.
Rifa’i, A., & Lestari, H. P. (2018). The effect of think pair share ( TPS ) using scientific approach on students ’ self-confidence and mathematical problem-solving. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/983/1/012084.
Siska, Sudardjo, & Purnamaningsih, E. H. (2003). Kepercayaan diri dan kecemasan komunikasi intrepersonal pada mahasiswa. Jurnal Psikologi(2), 67-71.
Sugiyanto & Priyono. (2013). Pengaruh metode pembelajaran pemecaan masalah, retensi belajar, dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa SMK. Jurnal Teknologi dan Kejuruan, 36(1), 19-28.
Sukawijaya, I. M. G., & Sudiarta, I. G. P. (2018). Developing blended learning environment to improve learning performance and self-reliance for junior high school students. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1040/1/012030.
Sukoco, H., & Mahmudi, A. (2016). Pengaruh pendekatan brain-based learning terhadap kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacy siswa SMA. Jurnal Pythagoras, 11(1), 11-24. https://doi.org/10.21831/pg.v11i1.9678.
Widyajayanti, & Istiqomah. (2018). Analisis intensitas pemberian pekerjaan rumah (PR) dalam meningkatkan hasil belajar matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia, (hal. 769-774). Diambil dari http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/etnomatnesia/article/view/2415.
Yuliani, R., Praja, E. S., & Noto, M. S. (2018). Pengaruh model pembelajaran missouri mathematics project terhadap kemampuan koneksi matematis dan kemandirian belajar siswa SMP. Jurnal Elemen, 4(2), 131-144. https://doi.org/10.29408/jel.v4i2.478.
DOI: https://doi.org/10.29408/jel.v5i2.1317
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Elemen

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Elemen is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.