Kolaborasi Penerapan Problem Posing Dan Metode Eksperimen Sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Mahasiswa PGSD 2C Pada Mata Kuliah Konsep Dasar Sains Sd Tahun Akademik 2018/2019

Authors

  • Dina Fadilah Universitas Hamzanwadi
  • Arif Rahman Hakim Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v5i2.1779

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa kelas 2C pada mata kuliah konsep dasar sains SD melalui penerapan kolaborasi problem posing dengan metode eksperimen pada semester genap tahun akademik 2018/2019. Adapun jenis penelitian yang dilakukan berupa penelitian tindakan kelas dengan menggunakan desain Hopkins yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 33 orang mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dengan menggunakan instrument  berbentuk tes uraian. Sementara itu analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan mengkonversi nilai yang diperoleh mahasiswa dengan standar acuan yang sudah ditetapkan oleh Universitas Hamzanwadi.  Indikator keberhasilan yang ditetapkan adalah penelitian dikatakan berhasil jika persentase nilai ≥ 70 mencapai 75%. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh skor rata-rata siklus I sebesar 73,94 dengan nilai maksimal 89 dan minimal 49. Adapun jumlah mahasiswa yang memperoleh nilai  70 ≥ sebanyak 10 orang dengan persentase 30,30% dan memperoleh nilai ≥ 70 sebanyak 23 orang dengan persentase 69,69%. Selanjutnya pada siklus II diperoleh skor rata-rata sebesar 76,96 dengan nilai maksimal 93 dan minimal52. Adapun jumlah mahasiswa yang memperoleh nilai  70 ≥ sebanyak 7 orang dengan persentase 21,21% dan memperoleh nilai ≥ 70 sebanyak 26 orang dengan persentase 78,78%. Berdasarkan perolehan persentase nilai ≥ 70 pada siklus II dapat disimpulkan bahwa indicator keberhasilan telah tercapai sehingga pelaksanaan siklus bias dihentikan.

References

Depdiknas. (2005). Peraturan pemerintah RI nomor 19, tahun 2005, tentang standar nasional pendidikan.

Jacobson, W. J. & Bergman, A. B. (1991). Science for children: A book for teacher . Third edition. Needham Heights: Allyn and Bacon.

Miftahul Huda. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Nurhadi, Burhan Yasin, & Agus Gerrad Senduk. (2006). Pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL) dan penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang Press.

Roestiyah, N.K. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Rineka Cipta

Sri Sulistyorini. (2007). Model pembelajaran IPA sekolah dasar dan penerapannya dalam KTSP. Semarang: Tiara Wacana.

Downloads

Published

2019-12-30

How to Cite

Fadilah, D., & Hakim, A. R. (2019). Kolaborasi Penerapan Problem Posing Dan Metode Eksperimen Sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Mahasiswa PGSD 2C Pada Mata Kuliah Konsep Dasar Sains Sd Tahun Akademik 2018/2019. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 102–112. https://doi.org/10.29408/didika.v5i2.1779