Pengembangan Media Audio Visual Menggunakan Macromedia Flash Pada Mata Pelajaran IPS Tahun Pelajaran 2018-2019
DOI:
https://doi.org/10.29408/didika.v5i1.1783Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berupa audio visual menggunakan macromedia flash pada mata pelajaran IPS untuk siswa kelas V SDN 5 Masbagek Selatan, dengan jumlah sampel 26 orang siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) mengadopsi model pengembangan Borg and Gall dengan lima tahapan, yaitu analisis kebutuhan, perencanaan atau desain, pengembangan produk, validasi produk, revisi produk. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa produk media audio visual menggunakan macromedia flash, layak digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil validasi ahli media diketahui bahwa produk media audio visual menggunakan macromedia flash dikategorikan baik dengan perolehan skor 54 dan skor rata-rata 4,1 dan ahli materi mendapatkan kategori sangat baik dengan perolehan skor 48 dan skor rata-rata 4,8. Hasil respon siswa terhadap media audio visual menggunakan macromedia flash masuk dalam kategori sangat baik dengan presntase 84,6%. Simpulan yang bisa diambil dari data diatas adalah media audio visual menggunakan macromedia flash dikategorikan layak digunakan dalam proses pembelajaran pada mata IPS.
Kata Kunci: Audio visual, Macomedia Flash.
References
Ahmad Susanto. (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group
Alim Sumarno. (2012). Penelitian Kausalitas Komparatif. Surabaya: Elearning Unesa.
Andi Pramono. (2014). Presentasi Multimedia Dengan Macromedia Flash. Yogyakarta: ANDI Yogyakarta
Azhar Arsyad. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Barnawi. (2015). Pendidikan Karakter. Jogjakarta: Ar’ruzz Media
Daryanto. (2013). Media Pembelajaran.Yogyakarta: Gava Media
Ega Risma Wati. (2016). Ragam Media Pembelajaran. Kata Pena
Eko Putro Widoyoko. (2011). Evaluasi Program Pembelajaran.Yogyakarta. Pustaka Pelajar
Harjanto. (2010). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka cipta.
Haryono. (2013). Pembelajaran Yang Menarik dan Mengasyikkan.
Yogyakarta: Kepel Press
Munir. (2015). Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan.Bandung: Alfabeta
Nana Syaodih Sukmadinata. (2011). Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Rudi Susilana. (2014). Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima
Rudy Gunawan. (2011). Tujuan Pembelajaran IPS Sekolah Dasar. Bandung: Alfabeta.
Sapriya. (2012). Pendidikan IPS Konsep Pembelajaran. Bandung: Rosda.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung. Alfabeta