Efektivitas Pembiasaan Nilai-Nilai Keagamaan dalam Membangun Karakter Siswa di SD Nasima Semarang
DOI:
https://doi.org/10.29408/didika.v11i1.30215Keywords:
Pembiasaan keagamaan, nilai-nilai Islam, karakter siswa, pendidikan karakterAbstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi nilai-nilai keagamaan dalam pembelajaran di SD Nasima Semarang serta dampaknya dalam pembentukan karakter siswa. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi lapangan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD Nasima secara konsisten menerapkan berbagai kegiatan pembiasaan keagamaan, seperti sholat dhuha berjamaah, membaca doa harian, menghafal surat pendek, dan pembacaan Asmaul Husna. Kegiatan tersebut tidak hanya memperkuat aspek spiritual siswa tetapi juga membentuk karakter yang disiplin, bertanggung jawab, dan religius. Kurikulum sekolah mengintegrasikan nilai agama dan nasionalisme, sehingga nilai-nilai keagamaan menjadi budaya yang melekat dalam lingkungan belajar. Dengan demikian, pembiasaan nilai-nilai keagamaan di SD Nasima efektif dalam membangun karakter siswa sesuai dengan ajaran Islam dan meningkatkan kualitas pembelajaran secara holistik. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pendidikan agama dengan menekankan peran pembiasaan dalam internalisasi nilai-nilai keislaman di sekolah dasar.
References
afiful Ikhwan. (T.T.). Integrasi Pendidikan Islam (Nilai-Nilai Islami Dalam Pembelajaran). Diambil 3 Mei 2025, Dari Https://Www.Researchgate.Net/Publication/322575443_Integrasi_Pendidikan_Islam_Nilai-Nilai_Islami_Dalam_Pembelajaran
Annisa, F., Martati, B., & Putra, D. A. (2023). Penerapan Karakter Religius, Nasionalis, Dan Integritas Dalam Budaya Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Glasser, 7(1), 122. Https://Doi.Org/10.32529/Glasser.V7i1.2267
Ardiansyah, R., & M.Syahran Jailani. (T.T.). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif Dan Kuantitatif. 1 Juli 2023, 1 Nomor 2 Juli 2023. File:///C:/Users/Hp/Downloads/Teknik+Pengumpulan+Data+Dan+Instrumen+Penelitian+Lmiah.Pdf
Cahyani, S. B., & Darmiyanti, A. (2024). Implementasi Pembiasaan Membaca Asmaul Husna Guna Untuk Meningkatkan Efektifitas Dalam Pengelolaan Kelas Di Sdn Karang Pawitan 1. Jurnal Pendidikan Islam, 1(3), 8–8. Https://Doi.Org/10.47134/Pjpi.V1i3.548
Dodi Ahmad Haerudin. (2021). Implementasi Nilai Agama Untuk Anak Usia Dini. 5, 147–156.
Gantini, H., & Fauziati, E. (2021). Penanaman Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembiasaan Harian Dalam Perspektif Behaviorisme. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 145–152. Https://Doi.Org/10.36232/Jurnalpendidikandasar.V3i2.1195
Hakim, R. (2011). Pendidikan Sumatera Barat Berwawasan Gender: Lintas Sejarah Tahun 1890 – 1945. Kafa`Ah: Journal Of Gender Studies, 1(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.15548/Jk.V1i2.79
Igb, S. A., Dari, T. O., Ulfa, W. R., & Afifatun, S. (2025). Pendampingan Ibadah Shalat Dan Doa Harian Untuk Anak-Anak Di Lingkungan Sekolah Dasar (Sd) Islam Ibnurusyd, Kabupaten Lampung Utara. Jurnal Pendidikan Inovatif, 7(2), Article 2. Https://Journalpedia.Com/1/Index.Php/Jpi/Article/View/4870
Khoiroh, M., & Fatkhurrohman, A. A. (2024). Implikasi Hidden Curriculum Dalam Pembentukan Karakter Religius Di Sekolah Dasar Kota Semarang (Studi Pada Sd Islam Al-Madina Dan Sd Nasima Kota Semarang). Istifkar, 4(2), Article 2.
M. Djaswidi Al Hamdani. (T.T.). Pengaruh Kegiatan Keagamaan Terhadap Kualitas Pendidikan. 2019-06-11, Vol. 7, No. 1, 2019(Https://Riset-Iaid.Net/Index.Php/Jppi/Issue/View/43).
Maylitha, E., Hikmah, S. N., & Hanifa, S. (2022). Pentingnya Information And Communication Technology Bagi Siswa Sekolah Dasar Dalam Menghadapi Abad 21. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 8051–8062.
Nazil, S. A. H., & Rahim, A. (2022). Pembiasaan Menghafal Juz ’Amma Pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Washiliyah Perbutulan Sumber Cirebon. Journal Of Education And Language Research, 2(3), 441–450.
Nurhayati, H., & , Langlang Handayani, N. W. (2020). Jurnal Basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532.
Sari, M. (2023). Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Dan Etika Siswa Di Tingkat Sekolah Dasar. Al-Mujahadah: Islamic Education Journal, 1(1), Article 1.
Usmi, F., & Kadri, R. M. (2021). Living Quran: Pembiasaan Membaca Asmaul Husna Di Sekolah Dasar. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 2(3), 188–196. Https://Doi.Org/10.46963/Asatiza.V2i3.362
Downloads
Published
Versions
- 2025-06-23 (3)
- 2025-06-23 (2)
- 2025-06-23 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Supriyantini, Elya Umi Hanik, Izza Ainuzzahroh, Devi Okta Afiana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.