Efektivitas Pembiasaan Nilai-Nilai Keagamaan dalam Membangun Karakter Siswa di SD Nasima Semarang

Authors

  • Supriyantini Program Studi PGMI IAIN Kudus, Indonesia
  • Elya Umi Hanik Program Studi PGMI IAIN Kudus, Indonesia
  • Izza Ainuzzahroh Program Studi PGMI IAIN Kudus, Indonesia
  • Devi Okta Afiana Program Studi PGMI IAIN Kudus, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v11i1.30215

Keywords:

Pembiasaan keagamaan, nilai-nilai Islam, karakter siswa, pendidikan karakter

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi nilai-nilai keagamaan dalam pembelajaran di SD Nasima Semarang serta dampaknya dalam pembentukan karakter siswa. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi lapangan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD Nasima secara konsisten menerapkan berbagai kegiatan pembiasaan keagamaan, seperti sholat dhuha berjamaah, membaca doa harian, menghafal surat pendek, dan pembacaan Asmaul Husna. Kegiatan tersebut tidak hanya memperkuat aspek spiritual siswa tetapi juga membentuk karakter yang disiplin, bertanggung jawab, dan religius. Kurikulum sekolah mengintegrasikan nilai agama dan nasionalisme, sehingga nilai-nilai keagamaan menjadi budaya yang melekat dalam lingkungan belajar. Dengan demikian, pembiasaan nilai-nilai keagamaan di SD Nasima efektif dalam membangun karakter siswa sesuai dengan ajaran Islam dan meningkatkan kualitas pembelajaran secara holistik. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pendidikan agama dengan menekankan peran pembiasaan dalam internalisasi nilai-nilai keislaman di sekolah dasar.

References

afiful Ikhwan. (T.T.). Integrasi Pendidikan Islam (Nilai-Nilai Islami Dalam Pembelajaran). Diambil 3 Mei 2025, Dari Https://Www.Researchgate.Net/Publication/322575443_Integrasi_Pendidikan_Islam_Nilai-Nilai_Islami_Dalam_Pembelajaran

Annisa, F., Martati, B., & Putra, D. A. (2023). Penerapan Karakter Religius, Nasionalis, Dan Integritas Dalam Budaya Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Glasser, 7(1), 122. Https://Doi.Org/10.32529/Glasser.V7i1.2267

Ardiansyah, R., & M.Syahran Jailani. (T.T.). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif Dan Kuantitatif. 1 Juli 2023, 1 Nomor 2 Juli 2023. File:///C:/Users/Hp/Downloads/Teknik+Pengumpulan+Data+Dan+Instrumen+Penelitian+Lmiah.Pdf

Cahyani, S. B., & Darmiyanti, A. (2024). Implementasi Pembiasaan Membaca Asmaul Husna Guna Untuk Meningkatkan Efektifitas Dalam Pengelolaan Kelas Di Sdn Karang Pawitan 1. Jurnal Pendidikan Islam, 1(3), 8–8. Https://Doi.Org/10.47134/Pjpi.V1i3.548

Dodi Ahmad Haerudin. (2021). Implementasi Nilai Agama Untuk Anak Usia Dini. 5, 147–156.

Gantini, H., & Fauziati, E. (2021). Penanaman Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembiasaan Harian Dalam Perspektif Behaviorisme. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 145–152. Https://Doi.Org/10.36232/Jurnalpendidikandasar.V3i2.1195

Hakim, R. (2011). Pendidikan Sumatera Barat Berwawasan Gender: Lintas Sejarah Tahun 1890 – 1945. Kafa`Ah: Journal Of Gender Studies, 1(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.15548/Jk.V1i2.79

Igb, S. A., Dari, T. O., Ulfa, W. R., & Afifatun, S. (2025). Pendampingan Ibadah Shalat Dan Doa Harian Untuk Anak-Anak Di Lingkungan Sekolah Dasar (Sd) Islam Ibnurusyd, Kabupaten Lampung Utara. Jurnal Pendidikan Inovatif, 7(2), Article 2. Https://Journalpedia.Com/1/Index.Php/Jpi/Article/View/4870

Khoiroh, M., & Fatkhurrohman, A. A. (2024). Implikasi Hidden Curriculum Dalam Pembentukan Karakter Religius Di Sekolah Dasar Kota Semarang (Studi Pada Sd Islam Al-Madina Dan Sd Nasima Kota Semarang). Istifkar, 4(2), Article 2.

M. Djaswidi Al Hamdani. (T.T.). Pengaruh Kegiatan Keagamaan Terhadap Kualitas Pendidikan. 2019-06-11, Vol. 7, No. 1, 2019(Https://Riset-Iaid.Net/Index.Php/Jppi/Issue/View/43).

Maylitha, E., Hikmah, S. N., & Hanifa, S. (2022). Pentingnya Information And Communication Technology Bagi Siswa Sekolah Dasar Dalam Menghadapi Abad 21. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 8051–8062.

Nazil, S. A. H., & Rahim, A. (2022). Pembiasaan Menghafal Juz ’Amma Pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Washiliyah Perbutulan Sumber Cirebon. Journal Of Education And Language Research, 2(3), 441–450.

Nurhayati, H., & , Langlang Handayani, N. W. (2020). Jurnal Basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532.

Sari, M. (2023). Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Dan Etika Siswa Di Tingkat Sekolah Dasar. Al-Mujahadah: Islamic Education Journal, 1(1), Article 1.

Usmi, F., & Kadri, R. M. (2021). Living Quran: Pembiasaan Membaca Asmaul Husna Di Sekolah Dasar. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 2(3), 188–196. Https://Doi.Org/10.46963/Asatiza.V2i3.362

Downloads

Published

2025-06-23 — Updated on 2025-06-23

Versions

How to Cite

Supriyantini, Hanik, E. U., Ainuzzahroh, I., & Afiana, D. O. (2025). Efektivitas Pembiasaan Nilai-Nilai Keagamaan dalam Membangun Karakter Siswa di SD Nasima Semarang . Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 11(1), 88–96. https://doi.org/10.29408/didika.v11i1.30215

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.