Analisis Kepraktisan E-Modul Kimia Lingkungan Berbasis Etnosains Terintegrasi STEM di Perguruan Tinggi
DOI:
https://doi.org/10.29408/didika.v11i1.30575Keywords:
Kepraktisan, E-Modul, Kimia Lingkungan, Etnosains, STEM, Literasi Lingkungan.Abstract
E-modul merupakan salah satu sumber belajar yang bisa digunakan mahasiswa untuk belajar secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepraktisan penggunaan e-modul kimia lingkungan. Teknik pengumpulan data kepraktisan dilakukan menggunakan angket uji kepraktisan e-modul oleh dosen dan mahasiswa, baik pada uji terbatas dan uji luas. Penelitian ini dilakukan di program studi pendidikan kimia FKIP Universitas Mataram. Hasil penelitian menunjukkan e-modul Kimia Lingkungan berbasis etnosains terintegrasi STEM praktis meningkatkan literasi lingkungan mahasiswa. Hal ini terlihat pada uji coba terbatas, nilai kepraktisan dari mahasiswa pada aspek kebermanfaatan sebesar 90,63% dan aspek kemudahan sebesar 92,19% dengan kategori tinggi. Nilai kepraktisan dari dosen rata-rata untuk empat aspek sebesar 92,92%. Hasil uji coba luas terlihat nilai kepraktisan dari mahasiswa pada aspek kebermanfaatan 91,3% dan aspek kemudahan 95,11% dengan kategori tinggi.
Kata kunci: Kepraktisan, E-Modul, Kimia Lingkungan, Etnosains, STEM, Literasi Lingkungan.
References
Arnila, R., Purwaningsih, S., & Nehru, N. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis
STEM (Science, Technology, Engineering And Mathematic) Pada Materi Fluida
Statis Dan Fluida Dinamis Menggunakan Software Kvisoft Flipbook Maker.
Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 551–556.
https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.1216
Baser, D., Ozden, M. Y., & Karaarslan, H. (2017). Collaborative Project-Based Learning:
An Integrative Science And Technological Education Project. Research in Science
and Technological Education, 35(2),131–148.
https://doi.org/10.1080/02635143.2016.1274723
Budiman, H., (2017), Peran teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan,
AlTadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(I), 31- 43
Copriady, J. (2014). Self - Motivation as a mediator for teachers’ readiness in applying
ICT in teaching and learning. Turkish Online Journal of Educational Technology,
13(4), 115–123. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.529
Elmagzoub, B. A. (2015). For effective use of multimedia in education, teachers must
develop their own educational multimedia applications. Turkish Online Journal of
Educational Technology, 14(4), 62–68.
Harahap, R. (2021). Pengembangan bahan ajar matematika SMP berbasis kearifan lokal
di sekolah menengah pertama. Jurnal Basicedu, 5(3), 1259–1270.
https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.884
Harsono, E., Swaddiwudhipong, S., & Liu, Z. S., (2008). The effect of friction on
indentation test results. Iop Publishing Modelling And Simulation In Materials
Science And Engineering, Modelling Simul. Mater. Sci. Eng. 16, 1-11,
doi:10.1088/0965-0393/16/6/065001.
Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan modul elektronik (e-modul)
interaktif pada mata pelajaran Kimia kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi
Pendidikan, 5(2), 180–191. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424
Jannah, F., Fathuddin, T. I. & Az Zahra, P. F. (2022). Problematika Penerapan Kurikulum
Merdeka Belajar. Al Yazidiy Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 4(2), 55–
65. https://doi.org/10.55606/ay.v4i2.36
Kanematsu, H., & Barry, D. M. (2016). STEM and ICT education in intelligent
environments. Intelligent Systems Reference Library, 25–30.
https://doi.org/10.1007/978-3-319-19234-5
Kereluik, K., Mishra,P., Fahnoe, C. & Terry, L (2013) What Knowledge Is of Most
Worth, Journal of Digital Learning in Teacher Education, 29:4, 127-140, DOI:
10.1080/21532974.2013.10784716.
Killian, N., (2014), Peran teknologi informasi dalam komunikasi antar budaya dan agama,
Jurnal Dakwah Tabligh, 15(2), 159 – 176.
Laili, I., Ganefri, & Usmeldi. (2019). Efektivitas pengembangan e-modul project based
learning pada mata pelajaran instalasi motor listrik. Jurnal Imiah Pendidikan dan
Pembelajaran,3(3),306–315.
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/download/21840/13513.
Maksum, H., & Purwanto, W. (2022). The development of electronic teaching module
for implementation of project-based learning during the pandemic. International
Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 10(2), 293–307.
https://doi.org/10.46328/ijemst.2247.
Millah, E. S., Budipramana, L. S., & Isnawati. (2012). Pengembangan buku ajar materi
bioteklogi di kelas xii sma ipiems surabaya berorientasi sains, teknologi,
lingkungan, dan masyarakat (Sets). Bioedu, 1(1), 241269.
Musyarofah, & Fajarini, A. (2018). Pengembangan bahan ajar IPS berbasis budaya dan
kearifan lokal masyarakat pandalungan di Kabupaten Jember untuk siswa
SMP/MTs. Fenomena, 17(1), 1–24.
Nugraheni, A. R. E., & Dina, D. (2017). Pengaruh penerapan pembelajaran e-learning
terhadap kemandirian dan minat belajar mahasiswa pada mata kuliah wawasan dan
kajian MIPA. Edusains, 9(1), 111–116. https://doi.org/10.15408/es.v9i1.5458.
Nugroho, O. F., Permanasari, A., & Firman, H. (2019). The movement of stem education
in indonesia: science teachers’ perspectives. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia,
8(3), 417-425. DOI: 10.15294/jpii.v8i3.19252.
Pas, E. G., & Wardani, K. W., (2022), Pengembangan buku saku berbasis mind mapping
untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa Sekolah Dasar, Jurnal Basicedu, Vol 6
(6), 9715 – 9725, DOI : https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4172
Sartika, S. B., Efendi, N. dan Wulandari, F. E. (2022). Efektivitas pembelajaran IPA
berbasis etno-STEM dalam melatihkan keterampilan berpikir analisis. JDPP Jurnal
Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran. 10(1). 1-9.
Solikin, I. (2018). Implementasi e-modul pada program studi manajemen informatika
universitas bina darma berbasis web mobile. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan
Teknologi Informasi), 2(2), 492 – 497.
Sulistiyawati, P., Prabowo, D. P., & Ihya’ Ulumuddin, D. I., (2017), Perancangan Media
Pembelajaran Berbasis Audio Visualuntuk Mata Kuliah Tipografi Pada Program
Studi Desain Komunikasi Visual,Universitas Dian Nuswantoro, Ndharupa, 03(01),
69-80.
Vidianti, A., Eka, J., Dn, W., & Sekolah, K. (2020). Developing Web-Based Teaching
Materials On The Subject Of School Curriculum Dev. Jurnal PAJAR ( Pendidikan
dan Pengajaran).4 (6), 1378-1387, DOI : http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v4i6.8183
Wahyudi, D., (2019).Pengembangan E-Modul Dalam Pembelajaran Matematika Sma
Berbasis Android (Development Of E-Modules In Learning Math High School
Android Based). GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 02(02). 1-10.
http://dx.doi.org/10.30656/gauss.v2i2.1739
Wahyuni, S., Yati, M., & Fadila, A. (2020). Pengembangan Modul Matematika Berbasis
REACT terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik. Jambura
Journal of Mathematics Education, 1(1), 1–12.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Syarifa Wahidah Al Idrus

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.