Analisis Kepraktisan E-Modul Kimia Lingkungan Berbasis Etnosains Terintegrasi STEM di Perguruan Tinggi

Authors

  • Syarifa Wahidah Al Idrus Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v11i1.30575

Keywords:

Kepraktisan, E-Modul, Kimia Lingkungan, Etnosains, STEM, Literasi Lingkungan.

Abstract

E-modul merupakan salah satu sumber belajar yang bisa digunakan mahasiswa untuk belajar secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepraktisan penggunaan e-modul kimia lingkungan. Teknik pengumpulan data kepraktisan dilakukan menggunakan angket uji kepraktisan e-modul oleh dosen dan mahasiswa, baik pada uji terbatas dan uji luas. Penelitian ini dilakukan di program studi pendidikan kimia FKIP Universitas Mataram. Hasil penelitian menunjukkan e-modul Kimia Lingkungan berbasis etnosains terintegrasi STEM praktis meningkatkan literasi lingkungan mahasiswa. Hal ini terlihat pada uji coba terbatas, nilai kepraktisan dari mahasiswa pada aspek kebermanfaatan sebesar 90,63% dan aspek kemudahan sebesar 92,19% dengan kategori tinggi. Nilai kepraktisan dari dosen rata-rata untuk empat aspek sebesar 92,92%. Hasil uji coba luas terlihat nilai kepraktisan dari mahasiswa pada aspek kebermanfaatan 91,3% dan aspek kemudahan 95,11% dengan kategori tinggi.

 

Kata kunci: Kepraktisan, E-Modul, Kimia Lingkungan, Etnosains, STEM, Literasi Lingkungan.

References

Arnila, R., Purwaningsih, S., & Nehru, N. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis

STEM (Science, Technology, Engineering And Mathematic) Pada Materi Fluida

Statis Dan Fluida Dinamis Menggunakan Software Kvisoft Flipbook Maker.

Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 551–556.

https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.1216

Baser, D., Ozden, M. Y., & Karaarslan, H. (2017). Collaborative Project-Based Learning:

An Integrative Science And Technological Education Project. Research in Science

and Technological Education, 35(2),131–148.

https://doi.org/10.1080/02635143.2016.1274723

Budiman, H., (2017), Peran teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan,

AlTadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(I), 31- 43

Copriady, J. (2014). Self - Motivation as a mediator for teachers’ readiness in applying

ICT in teaching and learning. Turkish Online Journal of Educational Technology,

13(4), 115–123. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.529

Elmagzoub, B. A. (2015). For effective use of multimedia in education, teachers must

develop their own educational multimedia applications. Turkish Online Journal of

Educational Technology, 14(4), 62–68.

Harahap, R. (2021). Pengembangan bahan ajar matematika SMP berbasis kearifan lokal

di sekolah menengah pertama. Jurnal Basicedu, 5(3), 1259–1270.

https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.884

Harsono, E., Swaddiwudhipong, S., & Liu, Z. S., (2008). The effect of friction on

indentation test results. Iop Publishing Modelling And Simulation In Materials

Science And Engineering, Modelling Simul. Mater. Sci. Eng. 16, 1-11,

doi:10.1088/0965-0393/16/6/065001.

Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan modul elektronik (e-modul)

interaktif pada mata pelajaran Kimia kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi

Pendidikan, 5(2), 180–191. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424

Jannah, F., Fathuddin, T. I. & Az Zahra, P. F. (2022). Problematika Penerapan Kurikulum

Merdeka Belajar. Al Yazidiy Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 4(2), 55–

65. https://doi.org/10.55606/ay.v4i2.36

Kanematsu, H., & Barry, D. M. (2016). STEM and ICT education in intelligent

environments. Intelligent Systems Reference Library, 25–30.

https://doi.org/10.1007/978-3-319-19234-5

Kereluik, K., Mishra,P., Fahnoe, C. & Terry, L (2013) What Knowledge Is of Most

Worth, Journal of Digital Learning in Teacher Education, 29:4, 127-140, DOI:

10.1080/21532974.2013.10784716.

Killian, N., (2014), Peran teknologi informasi dalam komunikasi antar budaya dan agama,

Jurnal Dakwah Tabligh, 15(2), 159 – 176.

Laili, I., Ganefri, & Usmeldi. (2019). Efektivitas pengembangan e-modul project based

learning pada mata pelajaran instalasi motor listrik. Jurnal Imiah Pendidikan dan

Pembelajaran,3(3),306–315.

https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/download/21840/13513.

Maksum, H., & Purwanto, W. (2022). The development of electronic teaching module

for implementation of project-based learning during the pandemic. International

Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 10(2), 293–307.

https://doi.org/10.46328/ijemst.2247.

Millah, E. S., Budipramana, L. S., & Isnawati. (2012). Pengembangan buku ajar materi

bioteklogi di kelas xii sma ipiems surabaya berorientasi sains, teknologi,

lingkungan, dan masyarakat (Sets). Bioedu, 1(1), 241269.

Musyarofah, & Fajarini, A. (2018). Pengembangan bahan ajar IPS berbasis budaya dan

kearifan lokal masyarakat pandalungan di Kabupaten Jember untuk siswa

SMP/MTs. Fenomena, 17(1), 1–24.

Nugraheni, A. R. E., & Dina, D. (2017). Pengaruh penerapan pembelajaran e-learning

terhadap kemandirian dan minat belajar mahasiswa pada mata kuliah wawasan dan

kajian MIPA. Edusains, 9(1), 111–116. https://doi.org/10.15408/es.v9i1.5458.

Nugroho, O. F., Permanasari, A., & Firman, H. (2019). The movement of stem education

in indonesia: science teachers’ perspectives. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia,

8(3), 417-425. DOI: 10.15294/jpii.v8i3.19252.

Pas, E. G., & Wardani, K. W., (2022), Pengembangan buku saku berbasis mind mapping

untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa Sekolah Dasar, Jurnal Basicedu, Vol 6

(6), 9715 – 9725, DOI : https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4172

Sartika, S. B., Efendi, N. dan Wulandari, F. E. (2022). Efektivitas pembelajaran IPA

berbasis etno-STEM dalam melatihkan keterampilan berpikir analisis. JDPP Jurnal

Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran. 10(1). 1-9.

Solikin, I. (2018). Implementasi e-modul pada program studi manajemen informatika

universitas bina darma berbasis web mobile. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan

Teknologi Informasi), 2(2), 492 – 497.

Sulistiyawati, P., Prabowo, D. P., & Ihya’ Ulumuddin, D. I., (2017), Perancangan Media

Pembelajaran Berbasis Audio Visualuntuk Mata Kuliah Tipografi Pada Program

Studi Desain Komunikasi Visual,Universitas Dian Nuswantoro, Ndharupa, 03(01),

69-80.

Vidianti, A., Eka, J., Dn, W., & Sekolah, K. (2020). Developing Web-Based Teaching

Materials On The Subject Of School Curriculum Dev. Jurnal PAJAR ( Pendidikan

dan Pengajaran).4 (6), 1378-1387, DOI : http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v4i6.8183

Wahyudi, D., (2019).Pengembangan E-Modul Dalam Pembelajaran Matematika Sma

Berbasis Android (Development Of E-Modules In Learning Math High School

Android Based). GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 02(02). 1-10.

http://dx.doi.org/10.30656/gauss.v2i2.1739

Wahyuni, S., Yati, M., & Fadila, A. (2020). Pengembangan Modul Matematika Berbasis

REACT terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik. Jambura

Journal of Mathematics Education, 1(1), 1–12.

https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i1.4542

Downloads

Published

2025-06-24

How to Cite

Al Idrus, S. W. (2025). Analisis Kepraktisan E-Modul Kimia Lingkungan Berbasis Etnosains Terintegrasi STEM di Perguruan Tinggi. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 11(1), 177–187. https://doi.org/10.29408/didika.v11i1.30575

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.