Hubungan Penguasaan Perkalian dan Pembagian Dasar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP PMDS Putra Palopo

Nur Rahmah, Asnidar Asnidar

Abstract


Permasalahan pokok penelitian ini adalah (1) bagaimana penguasaan perkalian dan pembagian dasar peserta didik kelas VIII SMP PMDS Putra Palopo?; (2) bagaimana prestasi belajar matematika peserta didik kelas VIII SMP PMDS Putra Palopo?; (3) apakah penguasaan perkalian dan pembagian dasar mempunyai hubungan yang signifikan terhadap prestasi belajar matematika peserta didik kelas VIII SMP PMDS Putra Palopo?. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII PMDS Putra Palopo tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 32 orang. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Instrumen yang digunakan berupa tes uraian dan nilai rapor kelas VII semester II. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa penguasaan perkalian dan pembagian dasar peserta didik berada pada kategori baik dengan nilai rata-rata 70,56 dengan varians 104,835 serta standar deviasi 10,239 dan rentang skor 45. Sedangkan prestasi peserta didik berada dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 74,06 dengan varians 81,351 dan rentang skor 45. Hasil statistik inferensial menunjukkan bahwa thitung > ttabel  sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan perkalian dan pembagian dasar peserta didik dengan prestasi belajar matematika siswa.

Keywords


Perkalian, Pembagian Dasar, Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Departemen Agama RI. (, 2005). Al-Qur’an dan Terjemahannya. Bandung: J-Art.

Djamarah, Syaiful Bahri. (1994). Prestasi Belajar Mengajar dan Prestasi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Dkk, Suriyono. (1992). Teknik Belajar Mengajar dalam CBSA. Jakarta: Rineka Cipta.

Et.al, Russeffendi. (1991). Pendidikan Matematika III. Jakarta: Universitas Terbuka.

Malik, Oemar. (1990). Metode Belajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito.

Negoro, St dan B.Harap. (2010). Ensiklopedia Matematika. Bogor: Ghalia Indonesia.

Rais Caniago. (2011). Operasi Hitung Dasar Matematika. http://best-profesi.blogspot.com/2011/12/operasi-hitung-dasar-matematika.html, diakses pada tanggal 12 November 2013)

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.29408/jel.v1i1.81

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Elemen

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


 Creative Commons License
Jurnal Elemen is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats