Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Acvtive Learning pada Muatan IPA Siswa Kelas V

Authors

  • Muhammad Rudi Aprizal Universitas Hamzanwadi
  • Mijahamuddin Alwi Universitas Hamzanwadi
  • Arif Rahman Hakim Universitas Hamzanwadi
  • Husnul Mukti UNIVERSITAS HAMZANWADI

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v9i1.17068

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Acvtive Learning Pada Muatan IPA Untuk Siswa Kelas V di SDN 1 Semaya Tahun Ajaran 2020/2021, penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D tahapan disederhanakan menjadi 3 yaitu, pendefinisian, perancangan dan pengembanagan. Penelitian dilakukan pada siswa kelas V Sekolah Dasar dengan jumlah 19 siswa. Instrumen pengembangan ini menggunakan lembar validasi, angket responden siswa. Hasil validasi ahli materi dengan jumlah skor 48 yang termasuk dalam rentang skor 41 < X ≤ 50 dengan kategori “BAIK” sedangkan ahli tampilan mendapatkan skor 25 yang termasuk dalam rentan skor 20 < X ≤ 25 dengan ketegori “BAIK” dan hasil dari angket respon peserta didik terhadap keefektifan penggunaan bahan ajar (LKPD) yang di kembangkan mendapatkan skor rata-rata 60.78 yang termasuk dalam rentang skor 51 < X ≤ 63 dengan kategori “BAIK”. Jadi dapat disimpulkan bahwa pengembanagan bahan ajar (LKPD) berbasis active learning pada muatan IPA siswa kelas V SDN 1 Semaya ini sangat baik dan efektif untuk digunakan oleh peserta didik dalam proses pembelajaran.

Author Biography

Muhammad Rudi Aprizal, Universitas Hamzanwadi

Assalamualaikum wr wb

References

Aladdiin, Hisyam Muhammad Fiqyh, and Alaika M Bagus Kurnia Ps. 2019. “Peran Materi Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dalam Membentuk Karakter Kebangsaan.” Jurnal Penelitian Medan Agama 10(2).

Anshory, Ichsan, Setiya Yunus Saputra, and Delora Jantung Amelia. 2018. “Pembelajaran Tematik Integratif Pada Kurikulum 2013 Di Kelas Rendah SD Muhammadiyah 07 Wajak.” JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) 4(1): 35–46.

Arfah, Muhammad. 2019. “Pembelajaran Berbasis Pendekatan Religius Dalam Meningkatkan Akhlak Dan Hasil Belajar Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah.” Pedagogik Journal of Islamic Elementary School 2(2): 159–72.

Bahri, A Saeful et al. 2021. “Pengantar Penelitian Pendidikan (Sebuah Tinjauan Teori Dan Praktis).”

Dodi, Nofri. 2016. “Pentingnya Guru Untuk Mempelajari Psikologi Pendidikan.” NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial 1(1).

Fitriansyah, Fifit. 2016. “Pemanfaatan Media Pembelajaran (Gadget) Untuk Memotivasi Belajar Siswa SD.” Cakrawala: Jurnal Humaniora Bina Sarana Informatika 16(1).

Hakim, Imam Nur. 2014. “Pembelajaran Tematik-Integratif Di SD/MI Dalam Kurikulum 2013.” INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan 19(1): 46–59.

Idris, Muh. 2020. Orientasi Pendidikan Islam. Deepublish.

Khaironi, Mulianah. 2017. “Pendidikan Moral Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Golden Age 1(01): 1–15.

Restian, Arina, and Dyah Worowirastri Ekowati. 2020. “Pengejawantahan Pendidik Sekolah Dasar Yang Profesional Dan Berdaya Saing Nasional Dan International.” Membangun Optimisme Meretas Kehidupan Baru dalam Dunia Pendidikan 1: 112.

Srimulat, Fitri Endang. 2021. “Pengembangan Metode Student Facilitator and Explaining (SFAE) Berbasis E-Learning Di Sman 2 Rantau Utara.” Jurnal Edu-Bio: Education and Biology 3(2): 27–31.

Wardani, Puspa Tri, Mijahamuddin Alwi, and Arif Rahman Hakim. 2020. “Pengembangan Bahan Ajar IPA Kelas V Sekolah Dasar Menggunakan Multimedia Interaktif Berbantuan Animasi.” Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan 1(2): 191–98.

Wibawa, Sutrisna. 2017. “Tridharma Perguruan Tinggi (Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat).” Disampaikan dalam Rapat Perencanaan Pengawasan Proses Bisnis Perguruan Tinggi Negeri. Yogyakarta 29: 1–15.

Downloads

Additional Files

Published

2023-06-29

How to Cite

Aprizal, M. R., Alwi, M., Hakim, A. R., & Mukti, H. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Acvtive Learning pada Muatan IPA Siswa Kelas V. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 144–152. https://doi.org/10.29408/didika.v9i1.17068

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2