Pengembangan Media Papan Kata IPA (PAKAPA) di Kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.29408/didika.v10i2.29060Keywords:
Kata Kunci: Pengembangan, Papan Kata IPA, Kartu.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar media papan kata IPA ( PAKAPA ) pada materi tumbuhan sumber kehidupan di bumi kelas IV SD yang valid, praktis dan efektif. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode R&D (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penelitian dilakukan di SD Negeri 13 Palembang. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV SD dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Hasil dari ketiga validator ahli pada penelitian ini didapatkan skor rata-rata 82% dengan kriteria sangat valid. Hasil ahli materi,bahasa dan media dengan nilai rata-rata 82%. Hasil praktis dari angket respon guru,one to one dan small group dengan nilai rata-rata 87%. Hasil efekif dari soal tes berada pada kriteria sangat praktis dengan nilai rata-rata 84%. Maka dapat dikatakan produk yang telah dikembangkan. Dari hasil didapatkan bahwa pengembangan media papan kata IPA (PAKAPA) di kelas IV SD yang valid, praktis dan efektif belajar terhadap siswa kelas IV untuk digunakan dalam proses pebelajaran sehingga dapat dimanfaatkan dalam proses kegiatan belajar mengajar dan membantu guru maupun siswa dalam tercapainya tujuan pembelajaran.
References
Antari Wiwik Made Ni, N. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Berbantuan Media Gambar Terhadap Keterampilan Berbicara. Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 3.
Batubara, H. H. (2020). Media Pembelajaran Efektif. Semarang: Fatawa.
Ba’doriyatun. (2022). Penerapan Model Word Square untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS. Joglo Jateng.
Nurdiansyah, dan Amalia, F. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Pelajaran IPA Materi Komponen Ekosistem. Pgmi Umsida, 1, 1–8.
Nurhasanah Siti, T. A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Papan Pintar Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Negeri Rejosari. Linggau Journal Science Education, 77.
Pindo, H., & Simbolon, R. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Alat Peraga pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN Nomor 14 Simbolon Purba. SEJ (School Education Journal) PGSD FIP UNIMED, 8(2), 2–8.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yolanda, K., Misdalina, M., & Novianti. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 35 Palembang.
Yuanta, F. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar . Jurnal Pendidikan Dasar , Vol.1 No.2 93
Zahroh Fakhrudiana, A. S. (2020). Studi Permasalahan dalam Pembelajaran Tematik Muatan IPA Kelas IV SDN Socah 4. Prosiding Nasional Pendidikan, 475.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 septi debora, Tika Dwi Nopriyanti, Puji Ayurachmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.