Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Sebagai Administrator dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SD Negeri 1 Sakra Selatan
DOI:
https://doi.org/10.29408/didika.v11i1.30143Keywords:
Sekolah Dasar, Kualitas Pendidikan, Peran Kepala Sekolah, Administrator.Abstract
Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan, penelitian ini bermaksud menguraikan kedudukan kepemimpinan kepala sekolah sebagai administrator, meliputi: 1) peran sebagai administrator; 2) peran sebagai pemimpin; dan 3) identifikasi variabel pembantu dan penghambat serta solusi atas tantangan yang dihadapi. Penelitian ini memadukan metodologi studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Wawancara, observasi, dan dokumentasi merupakan beberapa metode yang digunakan untuk memperoleh data. Kepala sekolah dan guru-guru berperan sebagai subjek penelitian, dan penelitian dilakukan di SD Negeri 1 Sakra Selatan. Berdasarkan hasil penelitian, kepala sekolah: (1) berperan sebagai administrator dengan mengorganisasikan, merencanakan, menggerakkan, dan menilai kegiatan-kegiatan untuk meningkatkan mutu pendidikan; (2) melakukan supervisi, menengahi konflik antara guru dan siswa, menegakkan disiplin, memberi inspirasi, berinovasi, bekerja sama dengan pihak luar, memberikan bimbingan terus-menerus kepada siswa, mengembangkan dan meningkatkan kompetensi guru, dan membuat keputusan; (3) Faktor-faktor yang mendukung peningkatan mutu pendidikan meliputi luasnya jaringan relasi, dukungan dari organisasi eksternal, kebebasan siswa dalam memilih, serta keberadaan guru pembimbing, sementara faktor penghambat mencakup ketidaksesuaian sistem dengan kantor, pergantian guru yang cukup sering, kendala dalam penerapan pembelajaran digital, masalah pembiayaan, dan rendahnya kepedulian dari warga sekolah.
References
Cohen, E. (2015). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Sikap, Perhatian, dan Kompetensi Guru dan Kepala Sekolah Mengenai Inklusi. Procedia - Ilmu Sosial dan Perilaku, 186(2002), 758–764. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.105
Creswell, J. Jwb. (2016) halaman 11. Kualitatif Pertanyaan & Riset Desain: Memilih Diantara Lima Pendekatan (Edisi ke-3). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.
Damayanti. S.(2017 ). Efektivitas Peran dan Fungsi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Kasus di Sekolah Dasar Islam Terpadu Permata Bunda Bandar Lampung). Jurnal Manajemen Mutu Pendidikan, 1(2), 1-17.
El Widdah, Minnah. (2018). Kepemimpinan Berbasis Nilai dan Pengembangan Madrasah Mutu, Bandung: Alfabeta, 2018.
Gumilar, GG, & Munzir, T. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru SMA Global Indo-Asia Batam. Jurnal Dimensi, 7(2), 232–238. https://doi.org/10.33373/dms.v7i2.1710 .
Hardani dkk. (2020). Metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. Yogyakarta: Grup Pustaka Ilmu.
Hargreaves, A. (2018). Profesionalisme Kolaboratif: Ketika Mengajar Bersama Berarti Belajar untuk Semua. Corwin Press.
Hargreaves, A, & Shirley, D. (2018). Era Identitas: Mencari Paradigma Baru untuk Perubahan Pendidikan. Pohon Solusi.
James Spillane, JP (2017). Kepemimpinan Terdistribusi. Dalam E. Editor (Ed), Judul Buku (Hal. 1-20). Jossey-Bass.
Koswara, K., & Rasto, R. (2016). Kompetensi dan Kinerja Guru Berdasarkan Sertifikasi Profesi. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 61. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3269
Miles,MB, & Huberman,AM (2017). Analisis Data Kualitatif, Buku Sumber Metode, Edisi 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.
Mutiara, CAH (2017). Peranan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Kasus di Sekolah Dasar Islam Terpadu Baitul Jannah Bandar Lampung). Jurnal Manajemen Mutu Pendidikan, 5(1), 1-9.
Nurkholis. (2017). Manajemen Berbasis Sekolah Teori, Modal dan Aplikasi. Jakarta: Grasindo.
Pertiwi, AK, Cahyani, SSA, Diana, RC, & Gunawan, I. (2018). Analisis Interaksi Simbolik Kyai dan Santri dalam Perspektif Kepemimpinan Berbasis Nilai dan Etika. JMSP: Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan, 2(3), 185-191.
Pradhani, MW (2015). Peran Kepala Sekolah dalam Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Bersertifikat Pendidik. Manajemen Pendidikan, 25(1), 18-29.
Rahayu, P. (2015). Peran Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Variasi Pembelajaran Kooperatif. Manajemen Pendidikan, 24(3), 235-241.
Raberi, Ariyadi, Happy Fitria dan Yessi Fitriani. 2020 . “Pengaruh supervisi Kepala Sekolah dan Peran Komite Sekolah Terhadap Kinerja Guru”, Jurnal Al-Qiyam. Vol 1 No 2 Desember
Renz, DO, & Herman, RD (2017). Buku Pegangan Kepemimpinan dan Manajemen Nirlaba Jossey-Bass (Edisi ke-4). Jossey-Bass.
Rohman, N. (2017). Peran Kepala Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Perspektif Manajamen Mutu Terpadu Studi Kasus di SDUT Bumi Kartini Jepara. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 14(2), 199-216.
Schleicher, A (2018). Kelas Dunia: Cara Membangun Sistem Sekolah Abad ke-4. Penerbitan OECD.
Setiyati, S. (2016). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Motivasi Kerja dan Kinerja Guru. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 1(2), 63–70. https://doi.org/10.17977/um027v1i22016p063.
Silva. (2017), kepemimpinan adalah “proses pengaruh interaktif yang terjadi ketika atau dalam konteks tertentu. Beberapa orang menerima seseorang sebagai pemimpin untuk mencapai tujuan bersama” Jurnal Pendidikan, Masyarakat & Ilmu Perilaku Inggris, 19 (2), 1-12.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (Cetakan Ke-32). Bandung Alfabeta.
Downloads
Published
Versions
- 2025-06-22 (2)
- 2025-06-22 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 FAIZI ANWAR, HADIYATURRIDO, MUHAMMAD HAFIZIN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.