Kreativitas Siswa dalam Pemanfaatan Sampah Organik “Daun Kering” Pada Materi Bumiku Sayang Bumiku Malang Kelas V

Authors

  • Wingka Anjani Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Uniersitas PGRI Palembang, Indonesia
  • A Heriyanto Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Uniersitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Sri Wahyuningsih Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Uniersitas PGRI Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v11i1.30437

Keywords:

Kata Kunci:  Kreativitas, Sampah Organik, Daun Kering

Abstract

Masalah pada penelitian ini dilatar belakangi permasalahan yang terjadi pada lingkungan sekolah, dimana banyak sampah organik yang menumpuk yang disebabkan kurangnya kreativitas siswa dalam mengelola sampah menjadi sebuah mahakarya, sehingga sampah tersebut hanya menumpuk dan membusuk menyebabkan terjadinya pencemaran udara di lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil kreativitas peserta didik dalam pemanfaatan sampah organik "daun kering" pada materi bumiku sayang, bumiku malang kelas 5 SD Negeri 89 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, pengumpulan data dan penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap mengoptimalkan keterampilan peserta didik membuat kreativitas dari sampah organik "daun kering" pada materi Bumiku Sayang Bumiku Malang ditemukan 82,8% berhasil berkembang sangat baik, 13,8% berkembang sesuai harapan, 3,4% mulai berkembang, dan 0% belum berkembang. Maka nilai rata-rata pada keterampilan peserta didik membuat kreativitas dari sampah organik "daun kering" sebesar 79,8% terdapat pada interval 76-100% kategori berkembang sangat baik. Berdasarkan keterangan diatas siswa kelas V SD Negeri 89 Palembang sudah memiliki kreativitas dalam memanfaatkan sampah organik ”daun kering” pada materi Bumiku Sayang Bumiku Malang.

 

 

References

Adzim, M. R. S., Rosy, R. V., Khuzaimah, U. I., & Hidayah, I. (2023). Pemanfaatan Sampah Organik dan Anorganik Sebagai Upaya Peningkatan Kreativitas Masyarakat. Journal of Education Research, 4(1), 397–403.

Cecep, D. S. (2021). Teknologi Pengolahan Daur Ulang Sampah. Gosyen Publishing.

Chairunnisa, Komariah, & Hidayah , N . (2024). Analisis Kemampuan Kreativitas Siswa dalam Karya Gambar Kolase Pada Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(5), 5606 - 5617

Chen, F. (2020). Menjadi Pribadi Kreatif. PT Gramedia Pustaka Utama.

Fadhilla, F., & Rahmawati, A. D. (2021). Pengembangan Kreativitas Anak Kelompok B Melalui Teknik Gradiasi Mewarnai di RA . Wardatul Muna Madiun. Journal of Psychology and Child Development, 1(2), 1–12.

Farikhah, A., Mar’atin, A., Afifah, L. N., & Safitri, R. A. (2022). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui. WISDOM: JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, 03(01), 61–73.

Fitria, L., Rarafifi, C. A., Islami, P. D., Lonardo, A., Salsabila, T. A. S., & Prayogo, E. (2024). Pendampingan Pengolahan Sampah Organik Menjadi Pupuk Kompos dan Pupuk Kandang. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(1), 9–11.

Halimatussa’diyah, D., & Jamaludin, A. (2024). Pengembangan Kreativitas Siswa dalam Pemanfaatan Sampah Botol Plastik Menjadi Celengan. Abdima Jurnal Pengabdian Mahasiswa, 3(1), 3942–3948.

Hamidah, N., Sinthia, C. F., & Anshori, M. I. (2023). Pengaplikasian Komposter Sampah Organik untuk Pemenuhan Kebutuhan Pupuk di Desa Palengaan Dajah Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan. Communnity Development Journal, 04(04), 7980–7991.

Hartono, R. (2018). Penanganan dan pengolahan sampah. Penebar Swadaya.

Irma, D. (2019). Psikologi Seni. PT Kiblat Buku Utama.

Junaidi, & Utama, A. A. (2023). Analisis Pengelolaan Sampah dengan Prinsip 3R (Reduce, Reuse, Recycle) (Studi Kasus Di Desa Mamak Kabupaten Sumbawa). JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 7(1), 706–713. https://doi.org/10.58258/jisip.v7i1.4509

Mas’adah. (2024). Modul Ajar Kurikulum Merdeka. SDN Sukabumi Selatan 06.

Mulyaningsih, R. S. (2023). Edukasi Pemanfaatan Sampah Sebagai Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak. Jurnal Dharma Bhakti Ekuitas, 07(02), 80–88.

Ni’mah, A., & Sukartono. (2022). Upaya Guru dalam Meningkatkan Kreativitas Berpikir Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 173–179.

Nurkhasanah, E., Ababil, D. C., Prayogo, R. D., & Astrilia Damayan. (2021). Pembuatan Pupuk Kompos dari Daun Kering. Jurnal Bina Desa, 3(2), 109–117. https://doi.org/10.33503/prosiding_pengabmas.v1i01.3567

Nurlaela, L., & Ismayanti, E. (2021). Strategi Belajar Berpikir Kreatif. Ombak.

Pambuko, C. G., & Syafi'i. (2021) Daun Kering Sebagai Media Berkreasi Seni Kolase dalam Pembelajaran Seni Rupa Siswa Kelas IX B di SMP 2 Kudus junal of Arts Education,10(3), 21-30.

Puger, I. G. N. (2020). Sampah Organik, Kompos, Pemanasan Global, dan Penanaman Aglaonema di Pekarangan. Agro Bali: Agricultural Journal, 1(2), 127–136. https://doi.org/10.37637/ab.v1i2.314

Putri, H. A., & Hibana. (2024). Menciptakan Lingkungan Belajar Aman dan Nyaman di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 754–767. https://doi.org/10.19105/kiddo.v1i1.14536

Ramadhan, M. (2021). Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara.

Raniyah, F., Hasnah, N., & Gusmaneli. (2024). Pengembangan Strategi Pembelajaran Kreatif dan Inovatif Pendidikan Agama Islam (PAI) di Era Digital. Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(2), 29–37. https://doi.org/10.30640/dewantara.v3i2.2438

Sejati, K. (2020). Pengolahan Sampah Terpadu dengan Sistem Node, Sub Point dan Center Point. Kanisius.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Triyanto, T. 2019. Pengantar Pendidikan. PT Bumi Aksara.

Utami, A. P., Pane, N. N. A., & Hasibuan, A. (2023). Analisis Dampak Limbah/Sampah Rumah Tangga Terhadap Pencemaran Lingkungan Hidup. Cross-Border, 6(2), 1107–1112.

Wati, M., & Septiani, A. A. (2023). Peningkatan Kreativitas Anak dalam Pemanfaatan Sampah Bekas Guna untuk Menumbuhkan Kesadaran Pelestarian Lingkungan. E-DIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 14(3), 539–543.

Widiantoro, D., & Minsih. (2023). Pemanfaatan Sampah Organik Menjadi Media Pembelajaran Pada Sekolah Adiwiyata. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1658–1670. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.6958

Wulandari, H., & Nisrina, D. A. Z. (2023). Hubungan Kreativitas dan Inovatif Guru dalam Mengajar di Kelas Terhadap Peningkatan Motivasi dan Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(16), 345–354.

Yusuf, A. M. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Prenadamedia Group.

Yusuf, N. M., & Ahsan, A. A. (2023). Gambaran Karakteristik Siswa Melalui Keteladanan Guru. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(4), 441–452. https://jurnaldidaktika.org441

Downloads

Published

2025-06-24

How to Cite

Anjani, W., A Heriyanto, & Sri Wahyuningsih. (2025). Kreativitas Siswa dalam Pemanfaatan Sampah Organik “Daun Kering” Pada Materi Bumiku Sayang Bumiku Malang Kelas V. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 11(1), 143–153. https://doi.org/10.29408/didika.v11i1.30437

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.