Hubungan Penguasaan Perkalian dan Pembagian Dasar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP PMDS Putra Palopo
DOI:
https://doi.org/10.29408/jel.v1i1.81Keywords:
Perkalian, Pembagian Dasar, Prestasi BelajarAbstract
Permasalahan pokok penelitian ini adalah (1) bagaimana penguasaan perkalian dan pembagian dasar peserta didik kelas VIII SMP PMDS Putra Palopo?; (2) bagaimana prestasi belajar matematika peserta didik kelas VIII SMP PMDS Putra Palopo?; (3) apakah penguasaan perkalian dan pembagian dasar mempunyai hubungan yang signifikan terhadap prestasi belajar matematika peserta didik kelas VIII SMP PMDS Putra Palopo?. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII PMDS Putra Palopo tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 32 orang. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Instrumen yang digunakan berupa tes uraian dan nilai rapor kelas VII semester II. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa penguasaan perkalian dan pembagian dasar peserta didik berada pada kategori baik dengan nilai rata-rata 70,56 dengan varians 104,835 serta standar deviasi 10,239 dan rentang skor 45. Sedangkan prestasi peserta didik berada dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 74,06 dengan varians 81,351 dan rentang skor 45. Hasil statistik inferensial menunjukkan bahwa thitung > ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan perkalian dan pembagian dasar peserta didik dengan prestasi belajar matematika siswa.References
Departemen Agama RI. (, 2005). Al-Qur’an dan Terjemahannya. Bandung: J-Art.
Djamarah, Syaiful Bahri. (1994). Prestasi Belajar Mengajar dan Prestasi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Dkk, Suriyono. (1992). Teknik Belajar Mengajar dalam CBSA. Jakarta: Rineka Cipta.
Et.al, Russeffendi. (1991). Pendidikan Matematika III. Jakarta: Universitas Terbuka.
Malik, Oemar. (1990). Metode Belajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito.
Negoro, St dan B.Harap. (2010). Ensiklopedia Matematika. Bogor: Ghalia Indonesia.
Rais Caniago. (2011). Operasi Hitung Dasar Matematika. http://best-profesi.blogspot.com/2011/12/operasi-hitung-dasar-matematika.html, diakses pada tanggal 12 November 2013)
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2015 Jurnal Elemen
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Elemen agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0).
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
Jurnal Elemen is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License