Upaya Peningkatan Kompetensi Pedagogis Guru Melalui Supervisi Akademik di SDI Rinalolon Kabupaten Rote Barat
DOI:
https://doi.org/10.29408/didika.v10i2.26220Keywords:
Kompetensi Pedagogik Guru, Supervisi Akademik, Penelitian Tindakan SekolahAbstract
Masalah yang dihadapi di SDI Rinalolon yaitu kepala sekolah selama ini selalu melakukan supervisi akademik secara individual padahal para guru di sekolah tersebut dapat bekerja secara kolaboratif dan memiliki motivasi untuk selalu merefleksi kinerjanya dan berbagi pengalaman dengan rekan sejawatnya. Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini dilaksanaan pada periode bulan Januari s.d bulan Desember tahun 2023 dan bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam proses pembelajaran melalui supervisi akademik. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dengan model Kemmis dan Mc.Taggart yang terdiri dari tahap: (1)perencanaan, (2)aksi/ tindakan, (3)observasi, dan (4)refleksi. Subyek penelitiannya yaitu 6 orang guru yang bertugas mengajar sebagai guru kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan persentase guru yang memperoleh skor minimal baik dari siklus 1 sebesar 33.33% ke 100% pada siklus 2. Peningkatan terbesar yaitu pada aspek menyesuaikan materi dengan tujuan pembelajaran yaitu sebesar 71.43%.
References
Amaliyah, A., & Attadib, A. R. (n.d.). Pengembangan Potensi Diri Peserta Didik Melalui Proses Pendidikan. Journal of Elementary Education, 5(1), 2614–1752. https://www.jurnalfai-uikabogor.org/attadib
Arianti. (2018). Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Didaktika Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134.
Ghoziyah, I., & Lessy, Z. (2023). Asesmen dan Pengembangan Kecerdasan Intrapersonal dan Sosial Anak melalui Pembelajaran Sentra Peran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4397–4408. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.3811
Kurniawan, E. P., & Hariyati, N. (2021). Peranan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pencapaian Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(5), 1112–1123.
Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru? Indonesian Journal of Action Research, 1(2), 315–327. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-21
Malasari, Wulan, N. S., & Suharti, E. (2023). Upaya Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pada Materi FPB di Kelas IV SDN 178 Gegerkalong KPAD. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 2794–2804.
Mansyur. (2021). Supervisi Akademik (Vol. 7, Issue 2). https://journal.parahikma.ac.id/el-idarah
Mustofa, Z., & Setiyowati, R. (2021). Pembentukan Karakter Pada Siswa di sekolah Berasrama dalam Menghadapi Masalah Sosial. Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKN, 08(01), 57–65.
Ngatijan. (2021). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kemampuan Mengajar Guru SD Negeri Gebangsari 01 Kota Semarang. Majalah Lontar Universitas PGRI Semarang, 33(1), 61–70.
Palar, H. J., Rawis, J. A. M., Wullur, M. M., Rotty, V. N. J., Manajemen, S., Universitas, P., Manado, N., & Penulis, T. *. (2021). Refleksi Pemahaman Kepala Sekolah Tentang Supervisi dan Dampaknya Terhadap Praktik-Praktik Supervisi di Sekolah. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 10, 27–33. https://doi.org/10.24036/jbmp.v10i2
Priscilla, C., & Yudhyarta, D. Y. (2021). Implementasi Pilar-Pilar Pendidikan UNESCO. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 2(1), 64–76. https://doi.org/10.46963/asatiza.v2i1.258
Rahman, A. (2021). Supervisi dan Pengawasan dalam Pendidikan. JURNAL PILAR: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 12(2), 50–65.
Wulandaningrum, E. A. (2020). Integrasi STEM dalam Proses Pembelajaran untuk Mengembangkan Soft Skill pada Siswa SDN Dandong 01 Srengat Blitar. Jurnal Pendidikan: Riset Dan Konseptual, 4(2), 321–331. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v4i2
Downloads
Published
Versions
- 2024-12-30 (2)
- 2024-12-30 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Oktavianus Nggadas, Alfons Bunga Naen, Wilfridus Beda Nuba Dosinaeng

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.