Implementasi Pendekatan Pembelajaran Saintifik Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Sekolah Dasar

Authors

  • Azmi Waliyyuddin Sekolah Tinggi Pendidikan Holistik Berbasis Karakter
  • Amalia Azzahra Sekolah Tinggi Pendidikan Holistik Berbasis Karakter
  • Chinchin Sekolah Tinggi Pendidikan Holistik Berbasis Karakter
  • Elsa Marchefania Sekolah Tinggi Pendidikan Holistik Berbasis Karakter
  • Mira Humairoh Sekolah Tinggi Pendidikan Holistik Berbasis Karakter
  • Rahma Dona Program Studi PGSD Sekolah Tinggi Pendidikan Holistik Berbasis Karkter, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v10i2.26758

Keywords:

Implementasi, Ilmu Pengetahuan Alam, Pendidikan, Pendekatan Saintifik, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan, melibatkan pengumpulan data dari beberapa sumber literatur, seperti jurnal ilmiah, buku, serta dokumen lainnya. Data yang diperoleh dari penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan saintifik efektif dalam mengajar IPA di sekolah dasar. Metode saintifik dapat meningkatkan kreativitas, keaktifan belajar, keterampilan berpikir kritis, hasil belajar, dan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam materi pembelajaran IPA. Pendekatan ini memiliki efek positif yang signifikan bagi siswa dan guru, dan memungkinkan siswa untuk mengaitkan konsep Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan kehidupan sehari-hari.

Downloads

Published

2024-12-30 — Updated on 2024-12-30

Versions

How to Cite

Azmi Waliyyuddin, Amalia Azzahra, Boro Pinem, C. M., Elsa Marchefania, Mira Humairoh, & Dona, R. (2024). Implementasi Pendekatan Pembelajaran Saintifik Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Sekolah Dasar. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 782–790. https://doi.org/10.29408/didika.v10i2.26758

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.