Implementasi Pendekatan Pembelajaran Saintifik Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.29408/didika.v10i2.26758Keywords:
Implementasi, Ilmu Pengetahuan Alam, Pendidikan, Pendekatan Saintifik, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan, melibatkan pengumpulan data dari beberapa sumber literatur, seperti jurnal ilmiah, buku, serta dokumen lainnya. Data yang diperoleh dari penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan saintifik efektif dalam mengajar IPA di sekolah dasar. Metode saintifik dapat meningkatkan kreativitas, keaktifan belajar, keterampilan berpikir kritis, hasil belajar, dan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam materi pembelajaran IPA. Pendekatan ini memiliki efek positif yang signifikan bagi siswa dan guru, dan memungkinkan siswa untuk mengaitkan konsep Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan kehidupan sehari-hari.
Downloads
Published
Versions
- 2024-12-30 (2)
- 2024-12-30 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Azmi Waliyyuddin, Amalia Azzahra, Chinchin, Elsa Marchefania, Mira Humairoh, Rahma Dona
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.