Efektivitas Metode Story Telling Berbantuan Media Ventriloquist Pada Siswa SD Inpres Hombes Armed
DOI:
https://doi.org/10.29408/didika.v10i2.27416Keywords:
Efektivitas, Metode Story Telling, Media VentriloquistAbstract
Penelitian ini dilakukan di SD Inpres Hombes Armed Kabupaten Gowa yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode story telling berbantuan media ventriloquist pada siswa SD Inpres Hombes Armed. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis pra-eksperimen dengan desain penelitian one group pretest posttest desain dengan sampel kelas II A yang berjumlah 29 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, tes hasil belajar dan angket, sama halnya dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, tes dan angket yang ditinjau berdasarkan aktivitas, hasil dan respon siswa. Setelah melakukan analisis data, peneliti memperoleh nilai rata-rata aktivitas guru 3,4 yang berada pada kategori baik, nilai rata-rata aktivitas siswa 3,5 dengan kategori sangat baik, nilai rata-rata hasil belajar 3,8 pada kategori sangat baik dan nilai rata-rata respon siswa 3,1 dengan kategori baik. Hasil uji normalitas pretest media (0,083 > 0,05) dan posttest (0,063 > 0,05) yang berdistribusi normal, uji homogenitas (0,119 > 0,05) yang berarti terpenuhi, dan uji hipotesis dengan uji paired sample t test 0,000 < 0,05 yang berarti hipotesis dapat diterima. Analisis tingkat keefektifan berdasarkan 3 indikator berada pada nilai 3,5 dengan kategori sangat efektif.
References
Bahrun, N. A., Akib, E., Arief, T. A., Hambali, U., & Email, C. (2022). Pengaruh Metode Story Telling Dengan Media Panggung Bonekaterhadap Keterampilan Bercerita Siswa Kelas IV UPT SPF SD Negeri Sangir Kota Makassar Pembelajaran Bahasa Indonesia adalah salah satu muatan mata pelajaran yang sangat Indonesia diajarkan agar sisw. 7(1), 1385–1394.
Maknun, L., & Adelia, F. (2023). Penerapan Metode Storytelling Dalam Pembelajaran Di Mi/Sd. Jurnal Jipdas (Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar), 3(1), 34–41. https://doi.org/10.37081/jipdas.v3i1.1283
Merry, M., Abustang, P. B., Fatimah, W., & Satriawati, S. (2022). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Kognitif Siswa SD Inpres Bangkala III Kota Makassar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(03), 257–265. https://doi.org/10.59141/japendi.v3i03.623
Muannisa, N., Sabillah, bellona mardhatillah, Fitriana, E., & Abustang, ferawati bte. (2022). Kumpulan Artikel Pendidikan Anak Bangsa Volume 2 No.1 April (2022): 92-102 PENGARUH SIKAP SOSIAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR LURING METHOD PADA SISWA SD NEGERI KASSI KOTA MAKASSAR. Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 2(1), 92–102. https://doi.org/10.37289/kapasa.v2i1.136
Nadia Oktaviani, Dian Nuzulia Armariena, & Noviati. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Hand Puppet (Boneka Tangan) Sebagai Motivasi Keterampilan Bercerita Siswa Sd Negeri Palembang. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(3), 1350–1359. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i3.1437
Oktanisfia & Susilo, 2021. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Storytelling dalam Meningkatkan English Speaking Skill at Mr. Bob English Course. JPUS: Jurnal Pendidikan Untuk Semua, 5(1), 48–53. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpls/article/view/13036
Rambe, A. M., Sumadi, T., & Meilani, R. S. M. (2021). Peranan Storytelling dalam Pengembangan Kemampuan Berbicara pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2134–2145. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1121
Perawati Bte Abustang, Waddi Fatimah, E. F. H. (2018). Pengaruh Lingkungan Sosial Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Sd Inpres Perumnas Antang Kecamatan Manggala Kota Makassar. PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 77–84.
Jusmawati, J., & HS, E. F. (2019). Peningkatan Aktivitas Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Sfae Pada Kelas Iv Sd Inpres Bangkala Iii Makassar. Media Pendidikan Matematika, 7(1), 51. https://doi.org/10.33394/mpm.v7i1.1551
Sari, I. P. (2021). Pengaruh Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V SD Negeri 24 Kota Bengkulu. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents (Vol. 3, Issue 2).
Agustina, F., & PS Kurniawan, A. M. B. (2019). Penanaman Pendidikan Karakter dan Metode Story Telling. Jurnal Penelitian Medan Agama, 10(2), 256–280.
Maknun, L., & Adelia, F. (2023). Penerapan Metode Storytelling Dalam Pembelajaran Di Mi/Sd. Jurnal Jipdas (Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar), 3(1), 34–41. https://doi.org/10.37081/jipdas.v3i1.1283
Rusiyono, R., & Apriani, A.-N. (2020). Pengaruh Metode Storytelling Terhadap Penanaman Karakter Nasionalisme Pada Siswa SD. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 11(1), 11. https://doi.org/10.21927/literasi.2020.11(1).11-19
Marwah, M. (2022). Stimulasi Kemampuan Bercerita Anak Usia Dini Melalui Media Boneka Tangan. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 34–42. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i1.76
Risdawati, S., Supardi, R., Abustang, P. B., & Fatimah, W. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Visualization, Auditory, Kinesthetic, Tactile (Multi-Sensory) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V SDI No.178 Rappoa Kab. Jeneponto. 8(178).
Fatimah, W., Aprilia, N. A., & Damayanti, A. A. (2024). Peningkatan literasi siswa melalui program membaca bersama di perpustakaan SDN 166 Tangru. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8, 723–731.
Kamsinah. (2022). Komparasi Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Model Pembelajaran Discovery Learning Ditinjau Dari Kemampuan Hots Siswa Di SD Inpres Manggala. 8.5.2017, 2003–2005. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/autism-spectrum-disorders
Wahyuni, S., Sabillah, B. M., Fitriana, E. H., & Satriawati. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Belajar Gadget Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri Kota Makassar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 5 (1)(April), 17–25. http://journal.unismuh.ac.id/index.php/jrpd
HS, E. F. (2014). Komparasi Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Match dan Pengajaran Langsung dengan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Matematika Materi Lingkaran Pada Siswa Kelas VIII SMP Ummul Mukminim Makassar. (Dibimbing Oleh Hamzah Upu Dan Muhammad Darwis M) (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Makassar).
Downloads
Published
Versions
- 2024-12-30 (2)
- 2024-12-30 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 sri wulandari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.