Pengembangan Komik Sebagai Media Pemeblajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas IV SDN 2 Selong
DOI:
https://doi.org/10.29408/didika.v5i2.1784Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa media pembelajaran yang layak digunakan dalam proses pembelajaran. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian dan pengembangan (Reasearch and Development) dengan mengadopsi model 4 D, yang kemudian disederhanakan menjadi tiga tahap karena keterbatasan pengembangan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 2 Selong yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar instrument validasi ahli dan angket respon siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil validasi pertama oleh ahli desain diperoleh skor 47 yang berada pada rentang skor 39 < X ≤ 51, dengan kategori “Cukupâ€, hasil validasi ke dua oleh ahli desain diperoleh skor 57, yang terdapat pada rentang skor 51 < X 63, dengan kategori “Baikâ€, hasil validasi ahli materi memperoleh skor 60, yang berada pada rentang skor 51 < X 63, dengan kategori “Baikâ€, hasil uji coba lapangan memperoleh rata-rata skor 42,13 yang berada pada rentang X > 42,06 , dengan kategori “Sangat Baikâ€. Hal ini menunjukkan bahwa media komik layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Kata Kunci: Komik, Reasearch and Development.References
Nick Soedarso. (2015). Komik Karya Sastra Bergambar. Jurnal Humaniora. Volume 06, Nomor 4, hal. 496-506.
Nurgiyantoro, Burhan.(2013).Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Sadiman, dkk.(2012).Media Pendidikan Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Sugiyono.(2016).Metode Penelitian dan pengembangan (Reasearch and Development R&D). Bandung: Alfabeta.
Susanto, Ahmad.(2014).Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenademia Group.
Widyoko, Eka, P.(2017).Evaluasi Program Pembelajran Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.