Meningkatkan Hasil Belajar Perspektif Global Melalui Literasi dengan Metode Pomodoro pada Mahasiswa

Authors

  • Ilham Arya Susanto Program Studi PGSD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya, Indonesia
  • Budiansyah Program Studi PGSD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya, Indonesia
  • Aswasulasikin Program Studi PGSD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya, Indonesia
  • Nurdin Kamil Program Studi PGSD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya, Indonesia
  • Dwi Septiyanda Program Studi Pendidikan Masyarakat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v11i1.30004

Keywords:

Metode Pomodoro, Penelitian Tindakan Kelas, Perspektif Global

Abstract

Penelitian ini mengevaluasi penerapan Metode Pomodoro dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) pada mata kuliah Perspektif Global. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan, dengan rata-rata nilai mahasiswa meningkat dari 71,2 pada siklus I menjadi 82,3 pada siklus IV. Observasi kelas dan kuisioner mengindikasikan bahwa 85% mahasiswa merasa lebih produktif dan mampu memahami materi kompleks dengan lebih baik setelah menerapkan metode ini. Selain itu, 90% mahasiswa melaporkan peningkatan keterampilan manajemen waktu. Meskipun terdapat keterbatasan dalam ukuran sampel dan durasi penelitian, temuan ini mendukung integrasi Metode Pomodoro dalam kurikulum pendidikan guru untuk meningkatkan literasi global. Penelitian lanjutan disarankan untuk menguji generalisasi temuan serta eksplorasi penerapan metode ini di konteks pendidikan lainnya.

References

Cirillo, F. (1992). The Pomodoro Technique. Francesco Cirillo's Website.

European Modern Studies Journal. (2023). "Effectiveness of Pomodoro Technique on Memory Retention among Psychology Students in a University in Quezon City, Philippines." European Modern Studies Journal.

Harland, D. & Wondra, J. (2024). "Peningkatan Praktik Pedagogis melalui Penelitian Tindakan Kelas." Journal of Educational Development, 34(2), 150-165.

Johnson, D. B., et al. (2021). "Impact of Structured Time Management Techniques on Psychology Students." International Journal of Education Psychology.

Johnson, R. & Lee, A. (2025). "Penerapan Analisis Statistik dalam PTK untuk Pengukuran Perubahan Hasil Pembelajaran." Journal of Action Research in Education, 12(3), 288-305.

Kemmis, S. & McTaggart, R. (2023). Desain dan Implementasi Penelitian Tindakan Kelas. 5th Ed. Melbourne: Cambridge University Press.

Lee, C. K., et al. (2021). "Pomodoro Technique and Its Impact on Concentration and Memory Retention." Educational Research Review.

Marleni, E., Mustoip, S., & Sulkhah, S. (2022). "Strategies for Effective Primary Education: A Case Study Approach." EduBase: Journal of Basic Education.

Nasir, A., Busthomi, A. O., & Rismaya, E. (2022). "The Role of Social Sciences in Fostering Community Development." International Journal of Social Science and Human Research.

Smith, J. R., et al. (2020). "Effectiveness of the Pomodoro Technique in Reducing Student Procrastination." Journal of Behavioral Studies.

Somantri, G. et al. (2022). "Mengoptimalkan Pengajaran Global melalui Metode Pomodoro: Studi Kasus di Universitas Sriwijaya." Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 10(1), 45-59.

Somantri, S., Mustoip, S., & Mabrur, H. (2022). "Improving Early Education Outcomes with Integrated Teaching Strategies." Journal of Primary School.

Thompson, H. S., et al. (2020). "Enhancing Learning Strategies in Public Education." Journal of Innovative Educational Strategies.

Williams, A., et al. (2020). "Time Management in Higher Education: A Comparative Study." Academic Journal of Time Management.

Downloads

Published

2025-06-03 — Updated on 2025-06-03

How to Cite

Susanto, I. A., Budiansyah, Aswasulasikin, Kamil, N., & Septiyanda, D. (2025). Meningkatkan Hasil Belajar Perspektif Global Melalui Literasi dengan Metode Pomodoro pada Mahasiswa. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 11(1), 21–30. https://doi.org/10.29408/didika.v11i1.30004

Similar Articles

<< < 15 16 17 18 19 20 21 22 23 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.