Pengaruh Model Game Based Learning Berbasis Mpaa Tapa Gala Terhadap Kemampuan Penguatan Karakter Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.29408/didika.v11i1.30285Keywords:
Game Based Learning, Penguatan Karakter, Mpaa Tapa Gala, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Game Based Learning berbasis permainan tradisional Mpa’a Tapa Gala terhadap penguatan karakter siswa sekolah dasar. Latar belakang penelitian ini adalah menurunnya nilai-nilai karakter seperti kejujuran, kerja sama, dan kedisiplinan di kalangan siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Instrumen penelitian berupa angket penguatan karakter dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan skor rata-rata karakter siswa dari 64,5 (pre-test) menjadi 85,5 (post-test). Uji paired sample t-test menunjukkan p < 0,001, yang mengindikasikan bahwa model pembelajaran tersebut efektif dalam memperkuat karakter siswa. Simpulan dari penelitian ini adalah model Game Based Learning berbasis Mpa’a Tapa Gala dapat dijadikan strategi alternatif yang efektif dan kontekstual untuk penguatan karakter siswa sekolah dasar.
References
Awing, Y. M. C., & Nugrahanta, G. A. (2020). Permainan Tradisional Untuk Menumbuhkan Sikap Hormat Anak (Vol. 6). CV. Resitasi Pustaka.
Budiman, A., & Karyati, D. (2021). Membentuk karakter kreatif: Bergerak melalui stimulus permainan tradisional. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 14(1), 1–11.
Humaeroh, S., & Dewi, D. A. (2021). Peran pendidikan kewarganegaraan di era globalisasi dalam pembentukan karakter siswa. Journal on Education, 3(3), 216–222.
Ibda, H., Muntakhib, A., Fadhilah, T. D., & Rakhmawati, N. F. (2023). Media game digital SD/MI berbasis karakter P5 dan PPRA. Mata Kata Inspirasi.
Kurniawan, D. H. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Metode Pembelajaran Game-Based Learning Berbantuan Media Gamecard di Kelas V SD Negeri 2 Kedungsarimulyo. Universitas Islam Sultan Agung.
Kusuma, M. A., Kusumajanto, D. D., Handayani, R., & Febrianto, I. (2022). Alternatif Pembelajaran Aktif di Era Pandemi melalui Metode Pembelajaran Game Based Learning. Edcomtech, 7(1), 28–37.
Lumbu, A., Pinatih, N. P. S., Judijanto, L., Suwandi, W., Retnoningsih, R., & Muhtadin, H. D. A. (2025). Pendidikan Karakter: Teori dan Implementasi Pendidikan Karakter Bagi Gen-Z. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Oktavimadiana, S., & Nugrahanta, G. A. (2022). Membina Karakter Leadership Anak Usia 7-9 Tahun Dengan Permainan Tradisional. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 10(1), 185–201.
Puspitasari, I. (2024). Peningkatan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas 5 SD Negeri 2 Mujing melalui Game-based Learning Model. EDUMATIC, 5(1), 32–40. https://doi.org/10.21137/edumatic.v5i1.1058
Rukanda, N., Yuliani, A., Noor, A. H., Mustika, I., Prabawati, M. N., Mulyani, E., … Aprianti, E. (2024). Pengembangan Karakter Melalui Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal. Bayfa Cendekia Indonesia.
Ruth, B., Novia, R., & Surhayati, H. (2023). PERSPEKTIF SEMBOYAN PENDIDIKAN ING NGARSA SUNG TULADHA, ING MADYA MANGUN KARSA, TUT WURI HANDAYANI DALAM KURIKULUM MERDEKA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 3674–3678.
Saputra, A. M. A., Tawil, M. R., Hartutik, H., Nazmi, R., La Abute, E., Husnita, L., … Haluti, F. (2023). Pendidikan Karakter Di Era Milenial: Membangun Generasai Unggul Dengan Nilai-Nilai Positif. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Satriawan, R., Amar, K., Fitriani, A., Taman Siswa Bima, S., & Author, C. (2023). Tapa Gala Traditional Sports Games Based on Local Wisdom as Strengthening the Character of Mutual Cooperation. IJPESS Indonesian Journal of Physical Education and Sport Science, 3(2), 236–242. Retrieved from http://journal.unucirebon.ac.id/index.phpijpess
Suharto, V. T. (2022). PENGANTAR TEORI BELAJAR-PEMBELAJARAN BAHASA BERBASIS KARAKTER DAN SIKLUS PENGALAMAN. UNIPMA Press.
Winatha, K. R., & Setiawan, I. M. D. (2020). Pengaruh game-based learning terhadap motivasi dan prestasi belajar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 198–206.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Suhartyaningsih, Faiqa Tunnisa, Adi Apriadi Adiansha, Anita Nurgufriani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.