Pengaruh Model Game Based Learning Berbasis Mpaa Tapa Gala Terhadap Kemampuan Penguatan Karakter Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Suhartyaningsih Program Studi PGSD STKIP Taman Siswa Bima, Indonesia
  • Faiqa Tunnisa Program Studi PGSD STKIP Taman Siswa Bima, Indonesia
  • Adi Apriadi Adiansha Program Studi PGSD STKIP Taman Siswa Bima, Indonesia
  • Anita Nurgufriani Program Studi PGSD STKIP Taman Siswa Bima, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v11i1.30285

Keywords:

Game Based Learning, Penguatan Karakter, Mpaa Tapa Gala, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Game Based Learning berbasis permainan tradisional Mpa’a Tapa Gala terhadap penguatan karakter siswa sekolah dasar. Latar belakang penelitian ini adalah menurunnya nilai-nilai karakter seperti kejujuran, kerja sama, dan kedisiplinan di kalangan siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Instrumen penelitian berupa angket penguatan karakter dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan skor rata-rata karakter siswa dari 64,5 (pre-test) menjadi 85,5 (post-test). Uji paired sample t-test menunjukkan p < 0,001, yang mengindikasikan bahwa model pembelajaran tersebut efektif dalam memperkuat karakter siswa. Simpulan dari penelitian ini adalah model Game Based Learning berbasis Mpa’a Tapa Gala dapat dijadikan strategi alternatif yang efektif dan kontekstual untuk penguatan karakter siswa sekolah dasar.

References

Awing, Y. M. C., & Nugrahanta, G. A. (2020). Permainan Tradisional Untuk Menumbuhkan Sikap Hormat Anak (Vol. 6). CV. Resitasi Pustaka.

Budiman, A., & Karyati, D. (2021). Membentuk karakter kreatif: Bergerak melalui stimulus permainan tradisional. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 14(1), 1–11.

Humaeroh, S., & Dewi, D. A. (2021). Peran pendidikan kewarganegaraan di era globalisasi dalam pembentukan karakter siswa. Journal on Education, 3(3), 216–222.

Ibda, H., Muntakhib, A., Fadhilah, T. D., & Rakhmawati, N. F. (2023). Media game digital SD/MI berbasis karakter P5 dan PPRA. Mata Kata Inspirasi.

Kurniawan, D. H. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Metode Pembelajaran Game-Based Learning Berbantuan Media Gamecard di Kelas V SD Negeri 2 Kedungsarimulyo. Universitas Islam Sultan Agung.

Kusuma, M. A., Kusumajanto, D. D., Handayani, R., & Febrianto, I. (2022). Alternatif Pembelajaran Aktif di Era Pandemi melalui Metode Pembelajaran Game Based Learning. Edcomtech, 7(1), 28–37.

Lumbu, A., Pinatih, N. P. S., Judijanto, L., Suwandi, W., Retnoningsih, R., & Muhtadin, H. D. A. (2025). Pendidikan Karakter: Teori dan Implementasi Pendidikan Karakter Bagi Gen-Z. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Oktavimadiana, S., & Nugrahanta, G. A. (2022). Membina Karakter Leadership Anak Usia 7-9 Tahun Dengan Permainan Tradisional. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 10(1), 185–201.

Puspitasari, I. (2024). Peningkatan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas 5 SD Negeri 2 Mujing melalui Game-based Learning Model. EDUMATIC, 5(1), 32–40. https://doi.org/10.21137/edumatic.v5i1.1058

Rukanda, N., Yuliani, A., Noor, A. H., Mustika, I., Prabawati, M. N., Mulyani, E., … Aprianti, E. (2024). Pengembangan Karakter Melalui Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal. Bayfa Cendekia Indonesia.

Ruth, B., Novia, R., & Surhayati, H. (2023). PERSPEKTIF SEMBOYAN PENDIDIKAN ING NGARSA SUNG TULADHA, ING MADYA MANGUN KARSA, TUT WURI HANDAYANI DALAM KURIKULUM MERDEKA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 3674–3678.

Saputra, A. M. A., Tawil, M. R., Hartutik, H., Nazmi, R., La Abute, E., Husnita, L., … Haluti, F. (2023). Pendidikan Karakter Di Era Milenial: Membangun Generasai Unggul Dengan Nilai-Nilai Positif. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Satriawan, R., Amar, K., Fitriani, A., Taman Siswa Bima, S., & Author, C. (2023). Tapa Gala Traditional Sports Games Based on Local Wisdom as Strengthening the Character of Mutual Cooperation. IJPESS Indonesian Journal of Physical Education and Sport Science, 3(2), 236–242. Retrieved from http://journal.unucirebon.ac.id/index.phpijpess

Suharto, V. T. (2022). PENGANTAR TEORI BELAJAR-PEMBELAJARAN BAHASA BERBASIS KARAKTER DAN SIKLUS PENGALAMAN. UNIPMA Press.

Winatha, K. R., & Setiawan, I. M. D. (2020). Pengaruh game-based learning terhadap motivasi dan prestasi belajar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 198–206.

Downloads

Published

2025-06-23

How to Cite

Suhartyaningsih, Tunnisa, F., Adiansha, A. . A., & Nurgufriani, A. (2025). Pengaruh Model Game Based Learning Berbasis Mpaa Tapa Gala Terhadap Kemampuan Penguatan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 11(1), 106–118. https://doi.org/10.29408/didika.v11i1.30285

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.