Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Kearifan Lokal (Permainan Tradisional) Suku Sasak Lombok Di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.29408/didika.v8i2.7199Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD Matematika berbasis kearifan lokal (Permainan Tradisional) suku sasak lombok di sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan model Borg & Gall dengan 10 tahapan yang disederhanakan menjadi 7 tahapan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 2 Pancor. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini meliputi lembar validasi, angket respon dan tes hasil belajar siswa. Data yang diproleh pada penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif.References
Arifin, Zainal. (2014). Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Dora, Nur Iza. 2018. Kearifan Lokal Masyarakat “Melayu” Ujung Gading. Ijtimaiyah, (online), Vol. 2, No. 1 (1-17) (dalam (http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ijtimaiyah/article/view/2923/1729)
Mu’tashimah, A., Dumeva Putri, A., Ramury, F., Raden, U., & Palembang, F. (t.t.). Lilin sebagai Konteks Materi Tabung pada LKPD Berbasis PMRI. http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/
Prastowo, Andi. (2015). Panduan Kreatif Membuat LKPD Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.
Septian, R., Irianto, S., & Andriani, A. (2019). Jurnal Educatio. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Matematika Berbasis Model Realistic Mathematics Education. 5(1), 59–67.
Setyosari, Punaji. (2013). Metode Peneltian dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Sudjana, Nana. (2015). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Yudoyoko, Eko Putro. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: PT. Pustaka Pelajar.