Analisis Kelayakan LKPD Terintegrasi Model Pembelajaran Brain Based Learning Pada Muatan IPA SD

Authors

  • Husnul Mukti Universitas Hamzanwadi
  • Yul Alfian Hadi Universitas Hamzanwadi
  • Muh Yazid Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v8i2.7378

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan bahan ajar Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terintgrasi model pembelajaran Brain Based Learning pada muatan IPA untuk siswa kelas V SDN 1 Lenek Kalibambang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research & Development (R & D) dengan mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen dalam penelitian pengembangan ini menggunakan observasi dan lembar angket (angket tim ahli dan angket respon siswa) hasil validasi dari ahli media dapat dikategorikan “baik” dengan rentang skor 63 dan  rata-rata 4,2, dan untuk ahli materi dapat juga dikategorikan “baik” dengan rentang skor 62 dengan rata-rata 4,1. Berdasarkan penilaian observasi guru kelas V menunjukkan aktivitas guru dalam mengajar menggunakan lembar kerja peserta didik pembelajaran IPA berbasis brain based learning dikategorikan baik. Sedangkan hasil dari respon peserta didik keseluruhan mendapat skor 2186 dengan skor rata-rata 87,44 yang berada pada rentang skor “sangat baik”. Kesimpulannya menunjukkan produk berupa lembar kerja peserta didik pembelajaran IPA berbasis brain based learning sebagai bahan ajar yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran layak digunakan oleh peserta didik dalam proses pembelajaran.

References

Aunurrahman. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Sains. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Lutfi, S., Septu Marsa Ibrahim, D., Mukti, H., & Ramdhani, S. (2021). Aplikasi Bahan Ajar Berbasis Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Matematika Untuk Siswa Kelas VI Sekolah Dasar (Vol. 7, Issue 2).

Nur Kumala, F. (2016). PEMBELAJARAN IPA SD. Ediide Indografika.

Republik Indonesia. Undang-Undang Sikdiknas Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Roslyana. (2021). Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik Ipa Berbasis Contextual Teachingpada Google Formulir Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan, 1-118 Jawa Barat: universitas islam negeri sultan thaha saifuddin.

Rusman. (2016). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Banjarmasin: Raja Grafindo Persada.

Septantiningtyas, N., & Hakim, M. O. H. R. L. (2020). Konsep Dasar Sains 1. Penerbit Lakeisha.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuntitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto Ahmad. (2016). Teori Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group

Tegeh, dkk. (2014). Penelitian Pendidikan Dan Budaya pada LPTK di provinsi BALI. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Widoyoko, Eko Putro. (2016). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Yudi Hari. Sugianti. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2: Teori dan Praktek. Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institute.

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Mukti, H., Hadi, Y. A., & Yazid, M. (2022). Analisis Kelayakan LKPD Terintegrasi Model Pembelajaran Brain Based Learning Pada Muatan IPA SD. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 214–227. https://doi.org/10.29408/didika.v8i2.7378

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>