Analisis Penyebab Kesulitan Guru Dalam Melaksanakan Penilaian Hasil Belajar Siswa SD
DOI:
https://doi.org/10.29408/didika.v10i2.27717Keywords:
faktor penyebab kesulitan melakukan penilaian, pelaksanaan penilaian di sekolah dasar, kemampuan guru melakukan penilaianAbstract
Implementasi kurikulum merdeka menempatkan penilaian sebagai bagian integral sistem pembelajaran. Oleh sebab itu, guru perlu memiliki kemampuan melaksanakan penilaian yang baik. Namun demikian, terdapat indikasi yang menunjukkan guru mengalami kesulitan untuk melakukan penilaian. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi aspek pembelajaran yang sulit dinilai oleh guru beserta faktor penyebabnya. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan angket terbuka dari 93 orang guru sekolah dasar (SD) di Kota Mataram. Data kemudian dianalisis dengan melakukan kategorisasi jawaban guru. Selanjutnya, setiap kategori dihitung dan diprosentasekan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 29% guru mengaku kesulitan menilai aspek pengetahuan, 18% guru kesulitan menilai aspek sikap, 18% guru kesulitan menilai aspek keterampilan, dan hanya 7.5% guru yang mengaku tidak mengalami kesulitan. Terkait penyebab kesulitan, guru menganggap keterbatasan waktu (23.6%), keragaman karakteristik siswa (17.2%), kemampuan mengembangkan instrumen (10.7%), serta keterbatasan sarana pendukung dan faktor fokus kurikulum (6.4%) sebagai penyebab kesulitan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kesulitan guru dalam melakukan penilaian berkaitan dengan hampir semua aspek tujuan pembelajaran. Sebagian besar kesulitan disebabkan oleh faktor eksternal, terutama berkaitan dengan kebijakan sekolah. Penelitian ini merekomendasikan pentingnya perubahan kebijakan sebagai alternatif untuk mengatasi kesulitan guru dalam melakukan penilaian.
References
Aini, R., Nyoman Karma, I., & Hamdian Affandi, L. (2023). Kesulitan Guru dalam Menyusun Soal Evaluasi Berbasis Higher Order Thinking Skills dalam Pembelajaran Kurikulum 2013. Jurnal Educatio, 9(4), 2062–2069. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6035
Esperanza, R., Affandi, L. H., & Khair, B. N. (2022). Analysis of the Difficulties of Elementary School Teachers in Implementing the Value of Character Education in Sdn 3 Kayangan. Progres Pendidikan, 3(2), 72–76. https://doi.org/10.29303/prospek.v3i1.143
Guskey, T. R. (2023). Implementing Mastery Learning (3rd ed.). Corwin Press, Inc.
Hattie, J. (2012). Visible Learning for Teachers: Maximizing Impact on Learning. Routledge.
Lam, R. (2019). Teacher assessment literacy: Surveying knowledge, conceptions and practices of classroom-based writing assessment in Hong Kong. System, 81, 78–89.
Mufidah, Y., Affandi, L. H., & Ermiana, I. (2021). Identifikasi Tantangan Yang Dihadapi Guru Dalam Implementasi Pendidikan Inklusif Di Sekolah Dasar Negeri 1 Gemel Dan Sekolah Dasar Negeri Batutulis. Renjana Pendidikan Dasar, 1(1), 1–9.
Nabilah, N., Karma, I. N., & Husniati, H. (2021). Identifikasi Kesulitan Guru dalam Melaksanakan Penilaian Autentik pada Kurikulum 2013 di SDN 50 Cakranegara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4), 617–622. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i4.298
Popham, W. J. (2008). Transformative Assessment. ASCD.
Popham, W. J. (2017). Classroom Assessment: What Teachers Need To Know (Eight Edit). Pearson Education Inc.
Suciati, R., & Amirullah, G. (2017). Literasi Asesmen Ipa. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 4(02), 110–118. https://doi.org/10.21009/jkkp.042.09
Sudianto, S., & Kisno, K. (2021). Potret kesiapan guru sekolah dasar dan manajemen sekolah dalam menghadapi asesmen nasional. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 9(1), 85–97. https://doi.org/10.21831/jamp.v9i1.39260
Suryatni, S., Ermiana, I., & Affandi, L. H. (2023). Analisis Problematika Pelaksanaan Pembelajaran Tematik di Masa Pandemi Covid-19 Peserta Didik Kelas IV SDN 1 Wanasaba Lauk Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1176
Suwandani, R. A., Karma, I. N., & Affandi, L. H. (2020). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Guru Dalam Melaksanakan Penilaian Autentik Di Sdn Gugus I Kecamatan Janapria. Jurnal Ilmiah Pendidikan Indonesia (JIPI), 2(1), 24.
Tomlinson, C. A. (2001). How to Differentiate Instruction in Mixed-Ability Classroom (Second Edi). ASCD.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Lalu Hamdian Affandi, Husniati, Nurhasanah, Icha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.