Pengaruh Metode Gasing Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Kelas 4 SD Berdasarkan Gender
DOI:
https://doi.org/10.29408/didika.v10i2.28701Keywords:
GASING, Kemampuan pemahamanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh metode GASING dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis pada materi pembagian bilangan cacah sampai 100 di kelas IV UPTD SDN Kesek 1. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain quasi eksperimental design dengan jenis nonequivalent control grup design. Penelitian yang menggunakan sampel 30 siswa dari 20 siswa kelas ekspreimen dan 10 siswa kelas control. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t dependent. Hasil menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan menggunakan metode GASING terhadap pemahaman konsep siswa. Berdasalkan hasil uji t dengan kaidah pengujian yaitu thitung>ttabel, 5.371>2,062 yang artinya Ho ditolak maka ada perbedaan signifikan metode GASING (Gampang, Asik, Menyenangkan) terhadap pemahaman konsep matematis pada materi pembagian bilangan cacah sampai 100 di kelas IV UPTD SDN KESEK 1 Kecamatan Labang Kabupaten Bangkalan.
References
Aledya, V. (2019) Kemampuan pemahaman konsep matematika pada siswa. https://www.researchgate.net/profile/ViviAledya/publication/333293321_KEMAMPUAN_PEMAHAMAN_KONSEP_MATEMATIKA_PADA_SISWA/links/5ce5705a458515712ebb6708/KEMAMPUAN-PEMAHAMAN-KONSEP-MATEMATIKA-PADA-SISWA.pdf
Andini, AP. (2023). Implementasi metode GASING (Gampang, Asik, Menyenangkan) Terhadap Kemampuan Berhitung Peserta Didik Pada Operasi Hitung Pembagian di Kelas IV SDN Magersari Sidoajo.
Diah, R, Siregar, N. (2023) Pengaruh Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Modifikasi Metode Gasing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan pembelajaran.
Fajar, Skivmin. (2023) Pengaruh Metode GASING Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis. https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21122/
Gou, MFT, Aje, AU, Seto, SB. (2024). METODE GASING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA. JUPIKA: JURNAL PENDIDIKAN
Khaq Arinil. (2022) Pengaruh Metode GASING Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas IV mi Nashrul Fajar. Semarang.
Lestari, OR, Hardini, ATA. (2022) Keefektifan Metode Matematika GASING Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Perkalian Dua Digit Untuk Siswa Kelas VI SD. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 2498-2506.
Nursakiah, N, Bahar, EE. (2021) PELATIHAN PENERAPAN METODE GASING DALAM OPERASI PENJUMLAHAN, PENGURANGAN, PERKALIAN DAN PEMBAGIAN. Jurnal Abdimas Indonesia.
Rismawati, M, Hutagaol, ASR (2018). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematika mahasiswa PGSD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Jurnal Pendidikan Dasar
Siregar, S. (2017) Metode Penelitian Kuantitatif: dilengkapi dengan perbandingan perhitungan manual dan SPSS.
Siregar, Suofian. (2014) Statistik parametrik untuk penelitian kuantitatif: dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS. Ed.1 cet.2. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono, PD. (2019) metode penelitian pendidikan (kuantitatif, kualitatif, kombinasi, R&D dan penelitian pendidikan). Metode Penelitian Pendidikan.
Timbuleng, O, Paus, JR, Ester, K. (2023). Penerapan Metode GASING untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Operasi Hitung Pembagian Siswa Kelas IV SD Inpres Leleko. Edu Primary Jurnal
Downloads
Published
Versions
- 2024-12-30 (4)
- 2025-01-02 (3)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Amma Azizah Munawaroh Amma Azizah Munawaroh, Mohammad Edy Nurtamam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.