Pengaruh Model Kooperatif Learning Berbantuan Permaianan Congklak Terhadap Pemahaman Konsep Pembelajaran Matematika Kelas II Berdasarkan Gender
DOI:
https://doi.org/10.29408/didika.v11i1.29988Keywords:
kooperatif learning, permainan congklak, pemahaman konsepAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai pengaruh model kooperatif learning dengan berbantuan permainan congklak terhadap pemahamn konsep matematika pada siswa kelas II di SDN Kesek 1 Kec. Labang, Bangkalan. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain quasi eksperimental design dengan jenis nonequivalent control grup design. Penelitian ini menggunakan sampel 26 siswa dari 17 siswa kelas ekspreimen dan 9 siswa kelas control. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t dependent. Hasil menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan menggunakan model kooperatif learning dengan berbantuan permainan congklak yang diterapkan dikelas II. Berdasarkan hasil uji t dengan kaidah pengujian yaitu thitung>ttabel, 5,56 > 2,056 yang artinya Ho ditolak maka ada perbedaan yang signifikan terhadap model kooperatif learning dengan berbantuan permainan congklak pada pemahaman konsep pembelajaran matematika pada kelas II di UPTD SDN Kesek I Kec. Labang, Bangkalan.
References
Asmaarobiyah, Ratu, dan Andika Arisetyawan. 2024. “Efektivitas Permainan Congklak Berbantuan Etnomatematika terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Kelas II Sekolah Dasar.” 8(2): 283–300. doi:10.29240/jpd.
Astomo, Arif Budi. 2023. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Sekolah Dasar.” Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 11(4): 790–99.
Dedek Andrian, Astri Wahyuni, Syarul Ramadhan, Fini Rezy Enabela Novilanti, dan Zafrullah. 2020. “Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Peningkatan Hasil Belajar, Sikap Sosial, dan Motivasi Belajar.” Inomatika 2(1): 65–75. doi:10.35438/inomatika.v2i1.163.
Eviliyanida. 2011. “Model Pembelajaran Kooperatif.” Visipena Journal 2(1): 21–27. doi:10.46244/visipena.v2i1.36.
Maulidah, N. 2012. “Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Teams Achievement Divisions) Berbantuan Modul Terhadap Hasil ….” : 1–7. http://lib.unnes.ac.id/19384/.
Nasution, Nur Elita Mardiyah Aswat, Wildansyah Lubis, Sorta Simanjuntak, Fahrur Rozi, Lidia Simanihuruk, dan Prodi Pgsd. 2023. “Pengaruh Model Kooperatif Tipe Course Review Horay Berbantuan Media Permainan Congklak terhadap Kemampuan Berhitung Penjumlahan dan Pengurangan pada Siswa Kelas I SDN 114345 Gunung Melayu.” Jurnal Pendidikan Tambusai 7(3): 24878--24890.
Rohmah, Siti, Restu Prana Ilahi, dan Eni Zulaiha. 2021. “Problem Gender Dalam Feminisme Eksistensialis Simone De Beauvoir.” JAQFI: Jurnal Aqidah dan Filsafat Islam 6(2): 193–206.
Sugiyono. 2020. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.
Sumarni, Ela Titi, dan Mansurdin. 2020. “Model Kooperative Learning Tipe STAD pada Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Tambusai 4(2): 1309–19. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/598.
Yudha, Chrisnaji Banindra, Evayenny Evayenny, dan Dyah Anungrat Herzamzam. 2021. “Pengaruh Model Paikem Gembrot Terhadap Pembelajaran Kooperatif Type Jigsaw Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar.” Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan 2(1): 66–76. doi:10.37478/jpm.v2i1.873.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Lily dewi chrysanti Lily, Mohammad Edy Nurtamam, Muh Yazid

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.