Pengaruh Metode Bermain Peran Berbasis Budaya Lokal Samawa Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa SDN 2 Lalar Liang

Authors

  • Arif Rahman Hakim Program Studi PGSD Universitas Hamzanwadi, Indonesia
  • Dina Apriana Program Studi PGSD Universitas Hamzanwadi, Indonesia
  • Musabihatul Kudsiah Program Studi PGSD Universitas Hamzanwadi, Indonesia
  • Zulfadli Hamdi Program Studi PGSD Universitas Hamzanwadi, Indonesia
  • Hilda Meilani Program Studi PGSD Universitas Hamzanwadi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v11i1.30149

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh metode bermain peran berbasis budaya lokal samawa terhadap keterampilan berbicara pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 2 Lalar Liang. Jenis Penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan desain penelitian menggunakan one grup pretest posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa berjumlah 173 siswa. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik random sampling, penentuan sample ditentukan di kelas V dengan jumlah siswa sebanyak 28. Teknik pengumpulan data untuk mengetahui pengaruh metode bermain peran dan keterampilan berbicara siswa dengan menggunakan lembar observasi dan angket. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas menggunakan rumus chi-kuadrat. Adapun uji hipotesis penelitian menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil perhitungan untuk uji hipotesis diperoleh> (7,11 > 1,701) sehingga dapat diambil keputusan bahwa diterima danditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pengaruh metode bermain peran berbasis budaya lokal samawa terhadap keterampilan berbicara pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 2 Lalar Liang tahun pelajaran 2022/2023.

References

Aâ, W., Sumianto, S., & Zulhendri, Z. (2023). PENERAPAN METODE SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. Consilium: Education and Counseling Journal, 3(1), 343–350.

Anatasya, D., Yanti, F. W., Mellenia, R., Angreska, R., Putri, S., Kuntarto, E., & Noviyanti, S. (2007). Pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar. Jurnal Kajian Kebahasaan, 1–9.

Cahyaningsih, U. (2017). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (tgt) terhadap hasil belajar matematika siswa sd. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(1).

Festiawan, R. (2020). Belajar dan pendekatan pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman, 11, 1–17.

Hakim, A. R., Jauhari, S., & Sugawa, N. (2020). PENGARUH BACAAN SASTRA ANAK TERHADAP PERKEMBANGAN INTELEKTUAL BAHASA SISWA KELAS V SDN 1 SELONG. Jurnal Elementary: Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 87–91.

Hakim, A. R., Lasmawan, M. P. P. I. W., & Dantes, N. (2014). Pengaruh metode bermain peran terhadap kemampuan komunikasi dan hasil belajar IPS kelas V SDN Segugus Karang Baru. Ganesha University of Education.

Hoerudin, C. W. (2023). Penerapan Metode Student Facilitator And Explaining Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa. Jurnal Primary Edu, 1(1), 114–124.

Kariani, V. (2016). Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Artikulsi pada Siswa Kelas VI SD Inpres 3 Talise. Bahasantodea, 4(2), 61–70.

Runtu, P. S., & Kalalo, R. R. (2021). Kompetensi Guru dalam Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19. Penerbit Nem.

Simarmata, M. Y., & Sulastri, S. (2018). Pengaruh keterampilan berbicara menggunakan metode debat dalam mata kuliah Berbicara Dialektik pada mahasiswa IKIP PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan Bahasa, 7(1), 49–62.

Siregar, N. F. (2018). Komunikasi matematis dalam pembelajaran matematika. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 6(02), 74–84.

Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia Melalui Pemberian Tugas Pada Siswa Kelas Tinggi SDN 024 Samarinda Utara. Jurnal Basataka (JBT), 4(1), 46–53.

Suryana, A., Noviansyah, I., & Tamara, F. (2022). Pengaruh media audio visual terhadap prestasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ilmi Citeureup Bogor. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 2(2), 112–132.

Zaifullah, Z., Cikka, H., & Kahar, M. I. (2021). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Interaksi Dan Minat Belajar Terhadap Keberhasilan Peserta Didik Dalam Menghadapi Pembelajaran Tatap Muka Di Masa Pandemi Covid 19. Guru Tua: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 9–18.

Downloads

Published

2025-06-23

How to Cite

Hakim, A. R., Apriana, D., Kudsiah, M., Hamdi, Z., & Meilani, H. (2025). Pengaruh Metode Bermain Peran Berbasis Budaya Lokal Samawa Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa SDN 2 Lalar Liang. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 11(1), 81–87. https://doi.org/10.29408/didika.v11i1.30149

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2