Pengaruh Media CAMAT (Cangkir Matematika) terhadap Kemampuan Hitung Penjumlahan Siswa Kelas I Sekolah Dasar

Authors

  • Josi Anggi Pratiwi Universitas PGRI Yogyakarta
  • Heru Purnomo Universitas PGRI Yogyakarta
  • Wahyu Kurniawati Universitas PGRI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v10i2.26649

Keywords:

Media Pembelajaran, Cangkir Matematika, Kemampuan Hitung Penjumlahan

Abstract

Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media CAMAT (cangkir matematika) terhadap kemampuan menghitung jumlahan siswa kelas I sekolah dasar. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas I sekolah dasar dengan jumlah 7 anak. Penelitian ini menerapkan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dalam bentuk pre-experimental dan desain one group pretest-posttest . Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini dengan teknik wawancara dan tes dalam bentuk soal isian singkat. Hasil belajar siswa yang telah diperoleh menampilkan adanya peningkatan yang dibuktikan dengan perolehan rerata nilai tes akhir (setelah perlakuan media CAMAT) yaitu 81,43 lebih besar daripada nilai rata-rata tes awal (sebelum perlakuan media CAMAT) yakni 58,57 . Hal tersebut juga didukung dengan hasil analisis data yang dilakukan dengan uji t menghasilkan perolehan nilai thitung = 6,358 > t tabel = 2,447 yang dapat diartikan bahwa media CAMAT (cangkir matematika) memberikan pengaruh yang positif terhadap kemampuan menghitung penjumlahan siswa kelas I sekolah dasar .

References

Afifah, D., & Kristin, F. (2023). Peningkatan Kemampuan Operasi Hitung Penjumlahan dengan Media Manipulatif pada Kelas 1 Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 1537-1548. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i5.4854

Arifannisa, dkk. (2023). Sumber & Pengembangan Media Pembelajaran. Jambi: Sonpedia Publishing Indonesia.

Aryanto, E. D., & Kurniawati, W. (2021). Pengembangan Media Papan SITAYA (Papan Sistem Tata Surya) dalam Kurikulum 2013. JURNAL PGSD INDONESIA, 7(1), 59-62.

Dewanti, L. N., & Purnomo, H. (2022). Analisis Kemampuan Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar di Masa Transisi Pembelajaran. caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(2), 78-87.

Doni, S., Jusmawati, Nugraha, A. A., & Cayati. (2023). Pengaruh Media Big Book terhadap Kemampuan Literasi Informasi Siswa Kelas II UPT SPF SD Inpres Antang 1 Kota Makassar. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 224-236. https://doi.org/10.29408/didika.v9i2.24124

Fransisca, M., Yunus, Y., Sutiasih, A. D., & Saputri, R. P. (2019). Practicality of E-Learning as Learning Media in Digital Simulation Subjects at Vocational School in Padang. In Journal of Physics: Conference Series, 1339(1), 1-6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1339/1/012077

Himmah, K., Asmani, J. M., & Nuraini, L. (2021). Efektivitas Metode Jarimatika dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Siswa. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 1(1), 57-68. https://doi.org/10.35878/guru.v1i1.270

Hurul’in. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Penerapan Model STAD Masa Covid-19 pada Siswa SDN 1 Mamben Daya Kecamatan Wanasaba Tahun Pelajaran 2020-2021. PAEDAGOGY: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi, 1(3), 226-233. https://doi.org/10.51878/paedagogy.v1i3.890

Killi, M. A. S., Bera, L., & Yufrinalis, M. (2023). Pelaksanaan Lesson Study Menggunakan Metode PBL Berbantuan Media Gelas Pintar untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Penjumlahan pada Siswa Kelas I SDN Wegoknatar. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 3647-3652. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.23005

Kurniawati, I., Purwati, P., & Mardiana, T. (2021). Pengaruh Metode Outdoor Learning Berbantuan Media Benda Konkret terhadap Hasil Belajar Matematika. Borobudur Educational Review, 1(1), 30-41. https://doi.org/10.31603/bedr.4792

Lusiana, B., & Maryanti, R. (2020). The Effectiveness of Learning Media Used During Online Learning. Media Pendidikan, Gizi, dan Kuliner, 9(2), 81-92. https://ejournal.upi.edu/index.php/Boga/index

Moto, M. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20-28.

Narayani, N. P. U. D. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Berbasis Pemecahan Masalah Berbantuan Media Konkret terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 220-229. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17775

Primasari, I. F. N. D., Zulela, Z., & Fahrurrozi, F. (2021). Model Mathematics Realistic Education (RME) pada Materi Pecahan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1888-1899. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1115

Puspitasari, F. H., Ediyanto, Efendi, M., & Sunandar, A. (2021). Improving Reading and Calculation Ability through Audio Visuals Media in Indonesian Elementary School Student with Slow Learner: A Literature Study. Indonesian Journal of Disability Studies, 8(2), 481-486. https://doi.org/10.21776/ub.ijds.2021.008.02.14

Putra, A. K., Jampel, I. N., & Japa, I. G. N. (2020). Improving Science Learning Outcomes through Two Stay Two Stray Assisted by Concrete Media. Journal of Education Technology, 4(3), 235-243. https://doi.org/10.23887/jet.v4i3.26219

Riyanti, F. (2020). Pentingnya Penggunaan Media Realia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 3(4), 1024-1029. https://doi.org/10.20961/shes.v3i4.55671

Rizkiana, A. (2020). Peningkatan Kemampuan Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan dengan Media Konkret pada Siswa Kelas 1 SD Negeri Bantarkawung 03. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 3(4), 556-561. https://doi.org/10.20961/shes.v3i4.54359

Setyawan, D. (2020). Meningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Realistic Mathematics Education (RME) Berbantuan Media Konkrit. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 4(2), 155-163. https://doi.org/10.21067/jbpd.v4i2.4473

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Wibowo, H. (2021). Improving Simple Calculation Ability in Student with Intellectual Disabilities Using the Guess Game. JASSI ANAKKU, 21(1), 41-50. https://ejournal.upi.edu/index.php/jassi/index

Downloads

Published

2024-12-30 — Updated on 2024-12-30

Versions

How to Cite

Pratiwi, J. A., Heru Purnomo, & Wahyu Kurniawati. (2024). Pengaruh Media CAMAT (Cangkir Matematika) terhadap Kemampuan Hitung Penjumlahan Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 366–376. https://doi.org/10.29408/didika.v10i2.26649

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.