Pengaruh Literasi Digital Menggunakan Metode Pembelajaran Inovatif Berbasis Mind Mapping Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri 79 Palembang
DOI:
https://doi.org/10.29408/didika.v10i2.26894Keywords:
Digital literacy, Innovative learning models, Mind mappingAbstract
Abstrak
Peserta didik masih kurang memahami pembelajaran Bahasa Indonesia secara utuh. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh literasi digital menggunakan metode pembelajaran inovatif berbasis mind mapping pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri 79 Palembang. Rumusan masalah adalah Apakah terdapat pengaruh literasi digital dengan metode pelajaran inovatif berbasis Mind Mapping pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri 79 Palembang?. Metode penelitian adalah metode kuntitatif eksperimen melibatkan 60 sampel kelas IV.A dan IV.C. Teknik Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu, uji normalitas, uji homogenitas, uji t dan uji hipotesis. Hasil penelitian adalah hasil uji normalitas menunjukan bahwa data posttest kedua kelompok siswa yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki sebaran data yang berdistribusi normal, dengan nilai signifikan posttest pada kelas eksperimen 0,015 dan 0,135 pada kelas kontrol, hasil uji homogenitas diperoleh nilai sebesar 0,839 lebih besar dari 0,05 dapat dinyatakan bahwa data tersebut homogen, pada pengujian hipotesis pada uji t (independent sampel tets) diperoleh nilai sig 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan nilai signifikan lebih kecil dari 0,05, maka Ho di tolak dan Ha diterima. Disimpulkan bahwa sangat berpengaruh terhadap semangat belajar dan hasil belajar siswa.
References
Ayu, D. P., & Amelia, R. (2020). Pembelajaran bahasa Indonesia berbasis e-learning di era digital. Proceedings, 1(2), 56–61.
Baharudin, B. (2023). Peningkatan Kemampuan Kolaborasi dan Literasi Digital Melalui Penugasan E-Mind Mapping Berbantuan Google Slide. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 7(2), 497–518.
Irana Ayu Lis, A., & Damayanti Isnaini, M. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Mind Mapping Dalam Meningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas IV SDN Brengkok 1. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 9(6), 2492–2501.
Magdalena, I., Ramadhanty Wahidah, A., Rahmah, G., & Claudia Maharani, S. (2020). Pembelajaran Inovatif Dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas 1 Sd Negeri Pangadegan 2. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(3), 376–392.
Mukhofifah, & Umi, A. (2022). Penerapan literasi digital dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ski di MAN 5 Kediri. 15–43.
Muzdalifah, A., Arafat, Y., & Selegi, S. F. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Etnosains Terhadap Hasil Belajar SBdP di SD Muhammadiyah Prabumulih. Scientia: Jurnal Hasil Penelitian, 8(1), 37–46.
Nisa, N., Arum, N., Hidayat, S. N., & Wahyuningsih, Y. (2023). Penguatan Pendidikan Karakter melalui Literasi Digital di Sekolah Dasar. Journal on Education, 05(02), 2457–2464.
Ragil dian purnama putri. (2022). Inovasi pembelajaran bahsa dan satra indonesia berbasis literasi digital. Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Berbasis Literasi Digital Ditinjau Dari Kurikulum Merdeka, 19(2).
Ruhama, I. A., & Erwin, E. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(5), 3841–3849.
Selegi, S. F., & Aryaningrum, K. (2022). Literasi Digital Untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa Melalui Pembuatan Video Tutorial Alat Peraga Edukasi. Jurnal Sinestesia, 12(1), 77–89.
Setyowati, Y., Priyambudi, S., & Harist, M. (2022). Analisis Literasi Digital Melalui Aplikasi Virtual Class untuk Meningkatkan Kompetensi Digital pada Siswa SMAS. Konfiks Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pengajaran, 9(2), 34–44.
Sujana, A., & Rachmatin, D. (2019). Literasi Digital Abad 21 Bagi Mahasiswa PGSD: Apa, Mengapa, dan Bagaimana. Conference Series Journal, 1(1), 1–7.
Syarifa, S. R., Dhiya, F. A., & Rahmaniah, R. (2024). Manfaat penggunaan metode mind mapping pada pembelajaran IPA bagi siswa sekolah dasar pembelajaran Pendidikan maupun siswa kurang memanfaatkan sumber belajar secaara Menurut Programme for International Student Assessment ( PISA ) atau program penilaian pe. 5(1), 858–865.
Triana, K. A., Hendra Cipta, N., Rokmanah, S., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2023). Pengaruh Kemajuan Teknologi terhadap Perkembangan Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar. 7(3), 24623–24627.
Wahyuni, V. I., & Arifin, M. B. U. B. (2022). Efektifitas Model Mind Mapping Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iv Sd/Mi. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 351.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ririn Gumay, Yasir Arafat, Susanti Faipri Selegi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.