Penilaian Siswa Terhadap Penilaian Guru
DOI:
https://doi.org/10.29408/didika.v11i1.30620Keywords:
persepsi siswa, praktik asesmen, umpan balik penilaian, tindak lanjut penilaian, penilaian formatif di sekolah dasarAbstract
Siswa adalah penerima manfaat utama pembelajaran yang potensial menjadi sumber informasi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Sayangnya, perspektif siswa terhadap penyelenggaraan pembelajaran, termasuk kegiatan penilaian, seringkali terabaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pandangan siswa terhadap praktik asesmen, terutama yang berkaitan dengan proses pengumpulan informasi tentang kemampuan siswa, kememadaian umpan balik berdasarkan hasil asesmen, serta tindak lanjut hasil asesmen. Data penelitian ini dikumpulkan melalui dokumentasi dan wawancara semi-terstruktur terhadap 29 orang siswa kelas 3, 4, dan 5 di 2 SD di Kota Mataram. Data kemudian dianalisis dengan model constant comparative. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa siswa menilai ada banyak keterbatasan dalam praktik asesmen guru, terutama kepekaan guru terhadap kesulitan siswa memahami petunjuk pengerjaan dan maksud soal, ketidakmemadaian informasi yang terkandung di dalam umpan balik hasil asesmen, serta kurangnya tindak lanjut asesmen dalam bentuk perbaikan strategi pembelajaran yang diterapkan guru dan metode belajar yang digunakan siswa. Temuan penting penelitian ini adalah keterbatasan dampak asesmen sebagai cara untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini merekomendasikan agar dilakukan peningkatan literasi asesmen melalui berbagai wadah pengembangan professional guru dengan memanfaatkan paradigma yang akomodatif terhadap realitas keseharian yang dialami guru. Penelitian ini menganjurkan kepada peneliti selanjutnya untuk mengkaji dampak keterbatasan praktik asesmen yang dilakukan guru terhadap capaian belajar siswa.
References
Affandi, L. H., Candiasa, I. M., Lede, Y. U., Bayangkari, B., & Prijanto, J. H. (2022). Strategi Peningkatan Kinerja Guru Melalui Pengembangan Kelompok Kerja Guru (KKG) Sebagai Komunitas Belajar: Sebuah Analisis Kebijakan. Jurnal Education and Development, 10(3), 401–407.
Affandi, L. H., Ermiana, I., & Makki, M. (2019). Effective Professional Learning Community Model for Improving Elementary School Teachers’ Performance. 326(Iccie 2018), 315–320. https://doi.org/10.2991/iccie-18.2019.54
Affandi, L. H., Husniati, H., Nurhasanah, N., & Nisa, K. (2024a). Analisis Penyebab Kesulitan Guru Dalam Melaksanakan Penilaian Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Didika: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 347–356.
Affandi, L. H., Husniati, H., Nurhasanah, N., & Nisa, K. (2024b). Strategi Penentuan Soal Penilaian Hasil Belajar Oleh Guru Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 11(4), 1113–1124.
Affandi, L. H., & Tantra, D. K. (2022). Implication of Constructivism Philosophy on Teacher Professional Development: A Literature Review. Jurnal Pendidikan Progresif, 12(2), 806–821. https://doi.org/10.23960/jpp.v12.i2.202232
Black, P., & Wiliam, D. (2009). Developing the theory of formative assessment. Educational Assessment, Evaluation and Accountability, 21(1), 5–31. https://doi.org/10.1007/s11092-008-9068-5
Christidou, V. (2011). Interest, Attitudes and Images Related to Science: Combining Students’ Voices with the Voices of School Science, Teachers, and Popular Science. International Journal of Environmental and Science Education, 6(2), 141–159.
Conner, J., Posner, M., & Nsowaa, B. (2022). The relationship between student voice and student engagement in urban high schools. The Urban Review, 54(5), 755–774.
Cresswell, J. W. (2007). Qualitative Inquiry and Research Design; Choosing among Five Approaches (2nd ed.). Sage Publication, Inc.
Direktorat SMP Kemendikbud. (2022). Kurikulum Merdeka Sebagai Upaya Pemulihan Pembelajaran. https://ditsmp.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka-sebagai-upaya-pemulihan-pembelajaran/
Flores, O. J., & Ahn, J. (2024). “Kids Have Taught Me. I Listen to Them”: Principals Legitimizing Student Voice in Their Leadership. AERA Open, 10(1), 1–14. https://doi.org/10.1177/23328584241232596
Geurts, E. M., Reijs, R. P., Leenders, H. H., Jansen, M. W., & Hoebe, C. J. (2024). Co-creation and decision-making with students about teaching and learning: A systematic literature review. Journal of Educational Change, 25(1), 103–125.
Kahne, J., Bowyer, B., Marshall, J., & Hodgin, E. (2022). Is responsiveness to student voice related to academic outcomes? Strengthening the rationale for student voice in school reform. American Journal of Education, 128(3), 389–415.
Kemendikbudristek, P. A. dan P. (2021). Pembelajaran Paradigma Baru. In Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan 2021. Kementerian Pendidikan, Kebudaya, Riset dan Teknologi. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=3AZGEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA2&dq=sakralitas+maluku&ots=BPWBm1oFwQ&sig=5uh07--OD0F07zlJdl654EJRNvc
Kruiper, S. M. A., Leenknecht, M. J. M., & Slof, B. (2022). Using scaffolding strategies to improve formative assessment practice in higher education. Assessment and Evaluation in Higher Education, 47(3), 458–476. https://doi.org/10.1080/02602938.2021.1927981
Ludlow, L. H., Braun, H., Anghel, E., Szendey, O., Matz, C., & Howell, B. (2022). An Enhancement to the Theory and Measurement of Purpose1. Practical Assessment, Research and Evaluation, 27. https://doi.org/10.7275/c5jb-rr95
Merriam, S. B., & Tisdell, E. J. (2016). Qualitative Research; A Guide to Design and Implementation (4th ed.). Jossey-Bass.
Popham, W. J. (2008). Transformative Assessment. ASCD.
Popham, W. J. (2017). Classroom Assessment: What Teachers Need To Know (Eight Edit). Pearson Education Inc.
Rakhshanda, N., Kazi, A. S., Shabana, M., & Uzma, Q. (2020). Institutional facilitation for learning improvement with consideration of students’ voices. World Journal on Educational Technology: Current Issues, 12(4), 389–400.
Robinson, C., & Taylor, C. (2013). Student voice as a contested practice: Power and participation in two student voice projects. Improving Schools, 16(1), 32–46. https://doi.org/10.1177/1365480212469713
Sandoval, M., & Messiou, K. (2022). Students as researchers for promoting school improvement and inclusion: a review of studies. International Journal of Inclusive Education, 26(8), 780–795.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Lalu Hamdian Affandi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.