Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Materi Manusia dan Lingkungan kelas V SD

Media Pembelajaran Interaktif, Articulate Storyline, Manusia dan Lingkungan

Authors

  • Lisa Kurniawati Program Studi PGSD Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Anggria Septiani Mulbasari Program Studi PGSD Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Nurlela Nurlaela Program Studi PGSD Universitas PGRI Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v10i1.26172

Keywords:

Media Pembelajaran Interaktif, Articulate Storyline, Manusia dan Lingkungan

Abstract

Media pembelajaran interaktif adalah media yang menuntut siswa untuk berinteraksi selain melihat maupun mendengarkan. Salah satu bentuk interaksi siswa dengan menggunakan media komputer, misalnya CD interaktif, simulator, laboratorium bahasa, dan lab. Komputer atau kombinasi di antaranya yang berbentuk video interaktif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline pada materi manusia dan lingkungan kelas V SD. Dalam penelitian ini mengunakan prosedur penelitian Research and Development (penelitian dan pengembangann). Model pengembangan dalam penelitian ini mengarah pada model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 78 Palembang pada siswa kelas V. Pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh dari angket validasi pakar, dan angket repon guru dan peserta didik. Hasil perhitungan nilai validasi dari ahli media sebesar 93%, dan nilai validiasi ahli materi 89%, sedangkan ahli bahasa sebesar 89%.%, dari hasil ketiga validator didapatkan nilai rata-rata sebesar 90% dengan kriteria kevalidan sangat valid.. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan kevalidan yang mana masing-masing aspek memiliki 3 validator yang ahli dalam bidang-bidangnya. Dalam kepraktisan keseluruhan respon peserta didik dari hasil uji one to one sebesar 90% dan uji small groub 91% dan respon guru diperoleh rata-rata sebesar 93,3%. Berdasarkan hasil pada penelitian ini hasil yang didapatkan oleh peneliti tentang pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline pada materi manusia dan lingkungan yaitu dengan hasil sangat valid dan sangat praktis. 

References

Alperi, M., & Handayani, D. (2021). Layanan konsultasi pembuatan multimedia interaktif dengan Articulate storyline untuk meningkatkan kompetensi guru SMP Kota Bengkulu. 388–395.

Arischa, S. (2019, Juli). Analisis Beban Kerja Bidang Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Dan Kebersihan Kota Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa FISIP, Volume VI. Retrieved Januari 13, 2023.

Juniansyah, B. D., Susanto, E. R., & Wahyudi, A. D. (2020). Pembuatan E-Commerce Pemesanan Jasa Event Organizer Untuk Zero Seven Entertaiment. Jurnal Tekno Kompak, 14(1), 41-46.

Mahardhika, A. (2019, April). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (Ctl) Terhadap Prestasi Belajar Ipa Siswa Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Pgsd Ust (Vol. 1).

Nahdi, D. S., Yonanda, D. A., & Agustin, N. F. (2018). Upaya meningkatkan pemahaman konsep siswa melalui penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 9-16.

Nabarbasa, Z, S ( 2022). SIklus Air. Universitas Sranawiyata Taman siswa. Yogyakarta

Nurmala, S. T. (2021). Pengembangan Media Articulate Storyline 3 pada Pembelajaran IPA Berbasis STEM untuk. Jurnal Basicedu.

Nuzulia, N., & Zain, E. K. M. M. (2020). Pengembangan Media Roda Putar Pada Mata Pelajaran Ips Berbasis HOTS Keragaman Suku Dan Budaya Kelas 4 Di MI PSM Padangan Kabupaten Tulungagung. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 67-79.

Pristiwanti, et al. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1707–1715.

Romadona, T. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Articulate. Repository UIN Jakarta.

Sakti, L. E., & Ulianas, A. (2018). Deskripsi Kesulitan Belajar Siswa Sma Pada Materi Stoikiometri. Journal of RESIDU, 2(10), 16–26.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung

Sari, R. K., & Harjono, N. (2021). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline tematik terhadap minat belajar siswa kelas 4 SD. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 122-130.

Yasin, A. N., & Ducha, N. (2017). Kelayakan Teoritis Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas Xi Sma. BioEdu, 6(2), 169–174.

Zulkifli. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Diorama Pada Tema 8 Untuk Siswa Kelas V Di Mi Al-Hidayah Pulau Kukusan. Jurnal muhamadiyah mataram

.

Downloads

Published

2024-06-30 — Updated on 2024-06-30

Versions

How to Cite

Kurniawati, L., Mulbasari, A. S., & Nurlaela, N. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Materi Manusia dan Lingkungan kelas V SD: Media Pembelajaran Interaktif, Articulate Storyline, Manusia dan Lingkungan. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 551–560. https://doi.org/10.29408/didika.v10i1.26172

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.