Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Website Wordwall Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V
DOI:
https://doi.org/10.29408/didika.v11i1.26823Keywords:
Media pembelajaran, wordwall, motivasi belajarAbstract
Ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini berkembang dengan kecepatan yang semakin meningkat dan mendatangkan dampak yang positif bagi kemajuan dunia pendidikan. Pemaksimalan penggunaan teknologi dalam hal yang positif tentunya akan melibatkan guru sebagai pendidik untuk kemajuan teknologi dalam pembelajaran di sekolah. Oleh karena itu, semua pihak yang bersentuhan langsung dengan dunia pendidikan harus mampu memanfaatkan teknologi yang tersedia saat ini. Guru sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran perlu mengembangkan media pembelajaran gunanya untuk lebih memahamkan peserta didik dalam memahami konsep dan materi pelajaran. Guru dapat menggunakan media pembelajaran interaktif sebagai sarana pendukung dalam proses belajar di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran interaktif berbantuan website wordwall terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPAS. Penelitian dilakukan berdasarkan observasi terhadap proses kegiatan belajar mengajar di SD Masjid Syuhada. Selama observasi, permasalahan yang muncul adalah motivasi peserta didik yang rendah. Penelitian dilakukan dengan metode eksperimen dengan desain Pre-Experimental Design dengan pola One Group Pretest-Postest Design. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik dianalisis menggunakan uji normalitas dan uji paired sample t test. Hasil penelitian menyatakan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 (<0,05), artinya terdapat pengaruh antara pretest dan postest menggunakan media pembelajaran interaktif berbantuan website wordwall terhadap motivasi belajar siswa.
References
Agus Mujahidin, A., Hanifa Salsabila, U., Luthfi Hasanah, A., Andani, M., & Aprillia, W. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Daring (Quizizz, Sway, dan Wordwall) Kelas 5 di SD Muhammadiyah 2 Wonopeti. Innovative, 1(2), 552–560. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.3109
Arrosyad, M. I., Antika, D., Dzulqa, E. T., Balqis, M., Muhammadiyah, U., & Belitung, B. (2023). Analisis Penggunaan Wordwall Sebagai Media Pembelajaran Terpadu untuk Meningkatkan Daya Tarik Belajar Siswa di Sekolah Dasar. IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary, 1, 414–423.
Cahyaningtias, V. P., & Ridwan, M. (2022). Efektivitas penerapan media pembelajaran interaktif terhadap motivasi. Riyadhoh: Jurnal Pendidikan Olahraga, 4(2), 55-62. http://dx.doi.org/10.31602/rjpo.v4i2.5727
Damarwan, E. S., & Khairudin, M. (2017, September). Development of an interactive learning media to improve competencies. In International Conference on Technology and Vocational Teachers (ICTVT 2017) (pp. 24-27). Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/ictvt-17.2017.5
Dita, P. P. S., Utomo, S., & Sekar, D. A. (2021). Implementation of problem based learning (PBL) on interactive learning media. Journal of Technology and Humanities, 2(2), 24-30. https://doi.org/10.53797/jthkkss.v2i2.4.2021
Fitri, S. F. N. (2021). Problematika kualitas pendidikan di indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1617-1620.
Hadi, S. (2017). Efektivitas Penggunaan Video Sebagai Media. Prosiding TEP & PDs, Tema: 1 No, 96–102.
Hita, I. P. A. D., Astra, I. K. B., & Lestari, N. M. S. D. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Control Kaki Bagian Dalam Sepak Bola. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjp.v5i2.14784
Nisa, M. A., & Susanto, R. (2022). Pengaruh Penggunaan Game Edukasi Berbasis Wordwall Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(1), 140. http://dx.doi.org/10.29210/022035jpgi0005
Prihartanta, W. (2015). Teori-Teori Motivasi. Jurnal Adabiya, 1, 1–5.
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498
Puspitasari, D. Y., Haryanto, H., & Sofyan, S. (2022). Efektivitas Pembelajaran Simulasi Berbantukan Game Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Atletik. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 1103-1109. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2.1348
Saidah, L. N., Wijoyo, S. H., & Wicaksono, S. A. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint untuk Meningkatkan Motivasi Belajar, Kebiasaan Belajar, dan Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 3 Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 3(9), 8695-8705.
Sinaga, Y. M., & Soesanto, R. H. (2022). Upaya Membangun Kedisplinan melalui MediaPembelajaran Wordwall dalam Pembelajaran Daring pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1845–1857. https://dx.doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.1617
Suyuti, S., Wahyuningrum, P. M. E., Jamil, M. A., Nawawi, M. L., Aditia, D., & Rusmayani, N. G. A. L. (2023). Analisis Efektivitas Penggunaan Teknologi dalam Pendidikan Terhadap Peningkatan Hasil Belajar. Journal on Education, 6(1), 1-11. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2908
Syachtiyani, W. R., & Trisnawati, N. (2021). Analisis motivasi belajar dan hasil belajar siswa di masa pandemi covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 90-101. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.878
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dina Suci Ramadhani, Heru Purnomo, Beny Dwi Lukitoaji

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.