Keefektifan Media CAMAT (Cangkir Matematika) terhadap Kemampuan Hitung Perkalian dan Pembagian Siswa Kelas III SD Negeri Kotagede 3

Authors

  • Josi Anggi Pratiwi Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia
  • Budiharti Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v11i2.30735

Keywords:

Media Pembelajaran, Cangkir Matematika, Kemampuan Hitung

Abstract

Dilaksanakannya penelitian ini dimaksudkan guna mengetahui keefektifan media cangkir matematika terhadap kemampuan hitung perkalian dan pembagian pada siswa kelas III SD Negeri Kotagede 3. Setelah dilakukan wawancara dengan guru kelas III, diketahui masih terdapat siswa yang mengalami kesukaran dalam melakukan penghitungan perkalian dan pembagian. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental bersubjekan siswa kelas III SD Negeri Kotagede 3 berjumlah 51 siswa, dimana sebanyak 26 siswa kelas IIIA sebagai kelas eksperimen dan 25 siswa kelas IIIB sebagai kelas kontrol. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan teknik tes. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan rerata nilai postes pada kedua kelas. Nilai postes kelas eksperimen memiliki rerata 70,24, sedangkan rerata kelas kontrol sebesar 63,56. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh nilai sig. sebesar 0,018 < 0,05 yang menyatakan bahwa Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa media CAMAT (cangkir matematika) efektif terhadap kemampuan hitung perkalian dan pembagian siswa kelas III SD Negeri Kotagede 3.

References

Afriani, D., Fardila, A., & Septian, G. D. (2019). “Penggunaan Metode Jarimatika dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian pada Siswa Sekolah Dasar.” Journal of Elementary Education, 2(5), 191-196. https://doi.org/10.22460/collase.v2i5.3342

Destrinelli, D., Hayati, D. K., & Sawinty, E. (2018). “Pengembangan Media Konkret pada Pembelajaran Tema Lingkungan Kelas III Sekolah Dasar.” Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 313-333. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6754

Hasan, M., dkk. (2021). Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media Group.

Kurniawati, I., Purwati, P., & Mardiana, T. (2021). “Pengaruh Metode Outdoor Learning Berbantuan Media Benda Konkret terhadap Hasil Belajar Matematika.” Borobudur Educational Review, 1(1), 30-41. https://doi.org/10.31603/bedr.4792

Meutia, O. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Penjumlahan Bilangan Bulat Menggunakan Media Mistar Hitung pada Siswa Kelas IV SD Negeri 148/IV Kota Jambi. Skripsi. Jambi: Program Sarjana Universitas Jambi.

Moto, M. M. (2019). “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan.” Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20-28. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i1.16060

Narayani, N. P. U. D. (2019). “Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Berbasis Pemecahan Masalah Berbantuan Media Konkret terhadap Hasil Belajar Matematika.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 220-229. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17775

Nurrita, T. (2018). “Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Misykat, 3(1), 171-187. https://ejurnal.iiq.ac.id/index.php/misykat/article/view/2229

Rismayanis, A., Kusnandar, N., & Juanda, R. Y. (2022). “Pengaruh Penggunaan Media Gelas Perkalian terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep pada Materi Perkalian (Penelitian Eksperimen pada Siswa Kelas II SDN Gudang Kopi II Kecamatan Sumedang Selatan Kabupaten Sumedang Tahun Pelajaran 2020/2021).” Jurnal Edukasi Sebelas April (JESA), 6(1), 10-18. https://ejournal.lppmunsap.org/index.php/jesa/article/view/11

Riyanti, F. (2020). “Pentingnya Penggunaan Media Realia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik.” In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 3(4), 1024-1029. https://doi.org/10.20961/shes.v3i4.55671

Rizkiyanti, Latri, & Nursiah. (2023). “Penggunaan Media Gelas Bilangan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan di Kelas I SDN Centre Mangalli Kabupaten Gowa.” Pinisi: Journal of Science & Technology, 1-8. https://eprints.unm.ac.id/33428/1/ARTIKEL%20RIZKIYANTI.pdf

Romlah, M., Kurniah, N., & Wembrayarli, W. (2016). “Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak melalui Kegiatan Bermain Sempoa.” Jurnal Ilmiah Potensia, 1(2), 72-77. https://doi.org/10.33369/jip.1.2.72-77

Yuliana, N. D., & Budianti, Y. (2015). “Pengaruh Penggunaan Media Konkret terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas II Sekolah Dasar Negeri Babelan Kota 06 Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi.” Pedagogik: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 34-40. https://doi.org/10.33558/pedagogik.v3i1.1258

Downloads

Published

2025-12-01

How to Cite

Pratiwi, J. A., & Budiharti. (2025). Keefektifan Media CAMAT (Cangkir Matematika) terhadap Kemampuan Hitung Perkalian dan Pembagian Siswa Kelas III SD Negeri Kotagede 3. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 11(2), 214–222. https://doi.org/10.29408/didika.v11i2.30735

Similar Articles

<< < 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.