Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Brain Based Learning Untuk Pembelajaran Tematik Kelas V Sekolah Dasar
Bahan Ajar, Brain Based Learning, Pembelajaran Tematik
DOI:
https://doi.org/10.29408/didika.v10i1.26876Keywords:
Bahan ajar, Brain based learning, pembelajaran tematikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengidentifikasi kelayakan dari bahan ajar berbasis brain based learning pada pembelajaran tematik tema 9 kelas V SDN 3 Montong Baan Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan tahap pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE. Uji coba produk dalam penelitian ini dilakukan di SDN 3 Montong Baan Selatan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 3 Montong Baan Selatan. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan angket. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian dan pengembangan menghasilkan bahan ajar berbasis brain based learning. Hasil validasi ahli materi memperoleh rata-rata 4,07 dengan kategori baik. Hasil validasi ahli media memperoleh rata-rata 4,27 dengan kategori sangat baik. Hasil respon siswa terhadap kepraktisan bahan ajar berbasis brain based learning memperoleh persentase 92% dengan kategori sangat baik.
References
Erlita, R., Untari, E., & Murdiyah, S. (2020). Pengaruh Model Brain Based Learning (BBL) Berbasis Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(1), 116–126. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i1.14495
Fajri, Z. (2018). Bahan Ajar Tematik Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013. Pedagogik, 05(01), 100–108.
Hakim, I. (2017). Pengembangan Bahan Ajar E-Book Berbasis Metakognisi Menggunakan 3d Pageflip Pada Materi Peran Kimia Dalam Kehidupan Di Kelas X Mipa Sma Negeri 1 Muaro Jambi. BMC Public Health, 5(1), 1–8. https://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/siklus/article/view/298%0Ahttp://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jana.2015.10.005%0Ahttp://www.biomedcentral.com/14712458/12/58%0Ahttp://ovidsp.ovid.com/ovidweb.cgi?T=JS&P.
Hasan, S. H., & Larumbia, L. (2021). Kelayakan Media Pembelajaran Praktikum Fisika Teknik Menggunakan Video Tutorial. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 5(2), 271–277. https://doi.org/10.29408/edumatic.v5i2.4139.
Nabillah, S. F. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Beorientasi Brain Based Learning. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Ogara, D. O. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar. 06(01), 5625–5643.
Putri, C. A., Munzir, S., & Abidin, Z. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Brain-Based Learning. Jurnal Didaktik Matematika, 6(1), 13–28. https://doi.org/10.24815/jdm.v6i1.9608.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Yudanti, Y. S. (2019). Pengaruh Model Brain Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Mata Pelajaran Biologi Di Sma Negeri 15 Bandar Lampung. Skripsi, 5–10.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dina Fadilah, Baiq Azam Aspariah, Muhammad Sururuddin, Mijahamuddin Alwi, Musabihatul Kudsiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.