Pengaruh Penggunaan Media Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V di SD Negeri 108 Palembang
DOI:
https://doi.org/10.29408/didika.v11i1.30526Keywords:
Kata kunci: Pengaruh, Media Pop-up Book, Hasil BelajarAbstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pop-up book terhadap hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri 108 Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen, Quasi experimental design dengan teknik desain yaitu nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan (pretest dan posttest). Data dianalisis menggunakan uji statistik untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media pop-up book terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Dimana rata-rata nilai tes akhir (posttest) ke$las kontrol yaitu sebesar 60 sedangkan kelas eksperimen nilai rata-rata sebesar 73,4. Adapun nilai tuntas pretest kelas eksperimen sebesar 17,3 % dan nilai posttest tuntas kelas eksperimen sebesar 72,5 %. , maka terdapat peningkatan hasil belajar siswa sebesar 55,2 %. Dengan demikian, media pop-up book dapat berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar.
References
Anggraeni, K. N., Rahmawati, E., & Susilo, B. A. T. (2023). Pengaruh Media Pop Up Book Terhadap hasil Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Vol. No. 7. Juli 2023 (4684-4691) http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/J.
Anggraini, N., Rizhardi, R., & Suryani, I. (2022). Keefektifan Media Audio Visual Materi Dasar- Dasar Atletik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 90 Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 4963–4972. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8990
Ariani, N., Masruro. Z., Saragih, Z. S., Hasibun, R., Simamora, S. S., & Toni. (2022). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Widina Bhakti Persada.
Arum, R. A. S., & Yuanta, F. (2019). Pengaruh Media Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku. In Prosiding Seminar Nasional Cendekiawan (pp. 2-76). https://doi.org/10.25105/semnas.v0i0.5875
Busa, E. N. (2023). Faktor yang mempengaruhi kurangnya keaktifan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan, 2(2), 114-122. https://doi.org/10.55606/inovasi.v2i2.764
Dari, P. W., Hermansyah, & Selegi, S. F. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas IV. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(1), 79–87. Retrieved from https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/150
Dewi, N. P. C. P. (2022). Analisis Buku Panduan Guru Fase A Kelas I Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila pada Jenjang Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 131. file:///C:/Users/USER/Downloads/2475-5255-1-PB%20(3).
Gerieska, O., & Dewi, I. (2022). Analisis Metode Demonstrasi Pada Pelajaran IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 067249 Medan Marelan. Pendalas: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengabdian Masyarakat, 2(3), 175-186. https://doi.org/10.47006/pendalas.v2i3.154
Fatimah, N., Mujianto, G., & Yudiantoro, K. (2023) Peningkatakan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Kurikulum Merdeka Siswa Kelas I SDN 02 Girimoyo Malang Melalui Problem Based Learning. JPK: Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Vol. 8 No. 2 Tahun 2023 | 76 – 86. https://journal.umpo.ac.id/index.php/JPK/index
Indra, D. A., Azis, A., & Dewi, W. M. G. L. (2023) Panduan Guru Pendidikan Pancasila. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Jannah, A. R., Hamid, L., & Srihilmawati, R. (2020). Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Anak Usia Dini. Jurnal Keislaman Dan Pendidikan, 1(2): 1-17. https://doi.org/10.62285/alurwatulwutsqo.v1i2.10
Millati, N, A. (2023) Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran IPAS di SD 3 Garung lor Kaliwungu Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS. http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10918
Pangestu, W. T., Wana, P. R., & Wahyudi, A. (2021). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Materi Berorganisasi Pelajaran PKN dengan Menggunakan Model Pembelajaran SQ3R. Education and Learning of Elementary School (ELES),01(02).https://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/ELES/article/view/253/137
Safira, A. R. (2020). Media Pembelajaran Anak Usia Dini . Caramedia Communication.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantiatif. Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA .
Sumerta, I. W., & Sudana, D. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Berbantuan Lagu Daerah Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 50-62. https://doi.org/10.34289/292828
Winda, P., Pangestu, W. T., & Malaikosa, Y. M. L. (2022). Pengaruh penggunaan media pop-up book terhadap hasil belajar siswa kelas v di sekolah dasar. Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD, 6(1), 1-7. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/view/13212
Yunitasari, R., & Hanifah, M. (2020) Pengaruh Pembelajaran DaringTerhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID-19. JIP: Jurnal ilmu Pendidikan, vol 2 No. 3.https://edukatif.org/edukatif/index.php/edukatif
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Eel Lestari, Rury Rizhardi, Hermansyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.