Pengaruh Penggunaan Media Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V di SD Negeri 108 Palembang

Authors

  • Eel Lestari Program Studi PGSD Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Rury Rizhardi Program Studi PGSD Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Hermansyah Program Studi PGSD Universitas PGRI Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v11i1.30526

Keywords:

Kata kunci: Pengaruh, Media Pop-up Book, Hasil Belajar

Abstract

Abstrak 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pop-up book terhadap hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri 108 Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen, Quasi experimental design dengan teknik desain yaitu nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan (pretest dan posttest). Data dianalisis menggunakan uji statistik untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media pop-up book terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Dimana rata-rata nilai tes akhir (posttest) ke$las kontrol yaitu sebesar 60 sedangkan kelas eksperimen nilai rata-rata sebesar 73,4. Adapun nilai tuntas pretest kelas eksperimen sebesar 17,3 % dan nilai posttest tuntas kelas eksperimen sebesar 72,5 %. , maka terdapat peningkatan hasil belajar siswa sebesar 55,2 %. Dengan demikian, media pop-up book dapat berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar.

 

 

References

Anggraeni, K. N., Rahmawati, E., & Susilo, B. A. T. (2023). Pengaruh Media Pop Up Book Terhadap hasil Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Vol. No. 7. Juli 2023 (4684-4691) http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/J.

Anggraini, N., Rizhardi, R., & Suryani, I. (2022). Keefektifan Media Audio Visual Materi Dasar- Dasar Atletik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 90 Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 4963–4972. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8990

Ariani, N., Masruro. Z., Saragih, Z. S., Hasibun, R., Simamora, S. S., & Toni. (2022). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Arum, R. A. S., & Yuanta, F. (2019). Pengaruh Media Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku. In Prosiding Seminar Nasional Cendekiawan (pp. 2-76). https://doi.org/10.25105/semnas.v0i0.5875

Busa, E. N. (2023). Faktor yang mempengaruhi kurangnya keaktifan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan, 2(2), 114-122. https://doi.org/10.55606/inovasi.v2i2.764

Dari, P. W., Hermansyah, & Selegi, S. F. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas IV. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(1), 79–87. Retrieved from https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/150

Dewi, N. P. C. P. (2022). Analisis Buku Panduan Guru Fase A Kelas I Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila pada Jenjang Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 131. file:///C:/Users/USER/Downloads/2475-5255-1-PB%20(3).

Gerieska, O., & Dewi, I. (2022). Analisis Metode Demonstrasi Pada Pelajaran IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 067249 Medan Marelan. Pendalas: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengabdian Masyarakat, 2(3), 175-186. https://doi.org/10.47006/pendalas.v2i3.154

Fatimah, N., Mujianto, G., & Yudiantoro, K. (2023) Peningkatakan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Kurikulum Merdeka Siswa Kelas I SDN 02 Girimoyo Malang Melalui Problem Based Learning. JPK: Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Vol. 8 No. 2 Tahun 2023 | 76 – 86. https://journal.umpo.ac.id/index.php/JPK/index

Indra, D. A., Azis, A., & Dewi, W. M. G. L. (2023) Panduan Guru Pendidikan Pancasila. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Jannah, A. R., Hamid, L., & Srihilmawati, R. (2020). Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Anak Usia Dini. Jurnal Keislaman Dan Pendidikan, 1(2): 1-17. https://doi.org/10.62285/alurwatulwutsqo.v1i2.10

Millati, N, A. (2023) Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran IPAS di SD 3 Garung lor Kaliwungu Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS. http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/10918

Pangestu, W. T., Wana, P. R., & Wahyudi, A. (2021). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Materi Berorganisasi Pelajaran PKN dengan Menggunakan Model Pembelajaran SQ3R. Education and Learning of Elementary School (ELES),01(02).https://ejournal.stkipmodernngawi.ac.id/index.php/ELES/article/view/253/137

Safira, A. R. (2020). Media Pembelajaran Anak Usia Dini . Caramedia Communication.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantiatif. Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA .

Sumerta, I. W., & Sudana, D. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Berbantuan Lagu Daerah Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 50-62. https://doi.org/10.34289/292828

Winda, P., Pangestu, W. T., & Malaikosa, Y. M. L. (2022). Pengaruh penggunaan media pop-up book terhadap hasil belajar siswa kelas v di sekolah dasar. Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD, 6(1), 1-7. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/view/13212

Yunitasari, R., & Hanifah, M. (2020) Pengaruh Pembelajaran DaringTerhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID-19. JIP: Jurnal ilmu Pendidikan, vol 2 No. 3.https://edukatif.org/edukatif/index.php/edukatif

Downloads

Published

2025-06-24

How to Cite

Eel Lestari, Rury Rizhardi, & Hermansyah. (2025). Pengaruh Penggunaan Media Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V di SD Negeri 108 Palembang. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 11(1), 154–169. https://doi.org/10.29408/didika.v11i1.30526

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.