Implementasi Pendekatan Realistic Mathematics Education Melalui Kegiatan Lesson Study
Pendekatan RME, Lesson Study, Pemecahan Masalah Matematika
DOI:
https://doi.org/10.29408/didika.v10i1.26290Keywords:
pendekatan RME, lesson study, pemecahan masalah matematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah matematika siswa dengan pendekatan RME melalui kegiatan lesson study pada materi bangun ruang. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas VII MA MUALLIMAT NW Pancor tahun prmbelajaran 2023/2024. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 4 siklus, setiap siklus tediri dari 3 tahap yaitu Plan, Do dan See. Data kemampuan memecahkan masalah matematika diperoleh dari hasil tes evaluasi pembelajaran, sedangkan aktivitas siswa dan guru diperoleh dari lembar observasi dan data respon siswa diperoleh dari angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1 kemampuan memecahkan masalah matematika siswa sebesar 24,14% dengan kriteria aktivitas belajar siswa adalah aktif dan aktivitas guru pada kriteria cukup baik serta kriteria kegiatan diskusi kelompok adalah baik. Pada siklus II kemampuan memecahkan masalah matematika siswa sebesar 61,54% dengan kriteria aktivitas belajar siswa adalah aktif dan aktivitas guru pada kriteria sangat baik serta kriteria kegiatan diskusi kelompok adalah baik. Pada siklus III kemampuan memecahkan masalah matematika siswa sebesar 92,59% dengan kriteria aktivitas belajar siswa adalah sangat aktif dan aktivitas guru pada kriteria sangat baik serta kriteria kegiatan diskusi kelompok adalah baik.
References
Alani, N., Rahman, R., Nurhasanah, R., Kurniasih, D., & Damanik, R. H. (2020). Model Pembelajaran Realistic Matematics Education. Bale Aksara: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2).
Basuki, W. (2022). Manajemen pendidikan teknologi kejuruan dan vokasi. Bumi Aksara.
Feriyanto, F., Abror, A. N., Fernanda, D., & Rismawati, I. (2022). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika melalui Pembelajaran Discovery Learning dengan Adaptasi Lesson Study. AIJER: Algazali International Journal Of Educational Research, 5(1), 60–67.
Jingga, A. A., Mardiyana, M., & Triyanto, T. (2018). Pendekatan dan Penilaian Pembelajaran Pada Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang Mendukung Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. Jurnal Pembelajaran Matematika, 5(3).
Nurkamilah, M., Nugraha, M. F., & Sunendar, A. (2018). Mengembangkan literasi matematika siswa sekolah dasar melalui pembelajaran matematika realistik Indonesia. Jurnal Theorems (The Original Research of Mathematics), 2(2), 70–79.
Pakpahan, R. (2016). Faktor-faktor yang memengaruhi capaian literasi matematika siswa Indonesia dalam PISA 2012. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(3), 331–348.
Rini, A. P. (2021). Lesson Study for Learning Community (LSLC). Ta’lim, 3(01), 25–38.
Suryati, E. (2021). Peningkatan Kualitas Pembelajaran PPKN Tema 2 Tentang Aturan Yang Berlaku di Rumah. Melalui Model Make a Match Berbantuan Powerpoint Pada Siswa Kelas I. Jurnal Terapan Pendidikan Dasar Dan Menengah, 1(2), 242–250.
Susilawati, W. (2015). Belajar dan pembelajaran matematika. CV Insan Mandiri.
Wardi, Z., Hayati, N., & Rasidi, A. (2023). Implementasi Model Discovery Learning Melalui Kegiatan Lesson Study Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. NOTASI: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 26–32.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ristu Haiban Hirzi, Chandrawati Chandrawati, Ayu Septiani, Siti Hariati Astutu, Nikmatul Bidayah, Abdullah Abdullah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.