Pengaruh Model Paradigma Pedagogi Reflektif Terhadap Sikap Disiplin Siswa Kelas III SDN 1 Korleko

Paradigma Pedagogi Reflektif, Sikap Disiplin.

Authors

  • Ahmad Yasar Ramdan Program Studi PGSD Universitas Hamzanwadi, Indonesia
  • Muhammad Sururuddin Program Studi PGSD Universitas Hamzanwadi, Indonesia
  • Hadiatul Rodiyah Program Studi PGSD Universitas Hamzanwadi, Indonesia
  • Zulfadli Hamdi Program Studi PGSD Universitas Hamzanwadi, Indonesia
  • M. Fathul Azim Program Studi PGSD Universitas Hamzanwadi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v10i1.26826

Keywords:

Paradigma pedagogi reflektif, sikap disiplin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran paradigma pedagogi reflektif terhadap sikap disiplin siswa kelas III SDN 1 Korleko. Jenis penelitian ini adalah eksperimen desain penelitian pre-eksperimen dengan jenis one group pre-test dan post-test design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN 1 Korleko tahun pelajaran 2022/2023. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik nonprobability sampling yaitu purposive sampling sebanyak 40 orang. Metode menggunakan instrumen angket berskala interval, yang telah diujicobakan dengan hasil uji coba instrumen angket telah valid dan reliable. Sedangkan untuk analisisnya menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa t hitung > t tabel yaitu (6.457 > 1.687), dengan kata lain hipotesis Ho ditolak dan H1 tabel diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam model pembelajaran paradigma pedagogi reflektif terhadap sikap disiplin siswa kelas III SDN 1 Korleko. Model ini dapat mengungkap makna yang sebenarnya dari materi yang telah dipelajari, sehingga membentuk pribadi siswa yang utuh melalui tahapan konteks, pengalaman, refleksi, aksi, dan evaluasi.

References

Ani, N. A. (2014). Pendidikan karakter untuk siswa sd dalam perspektif islam. Mimbar Sekolah Dasar, 1(1), 50–58. https://doi.org/10.1016/S0022-0248(02)02148-6

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Azwar, S. (2008). Sikap manusia: Teori dan pengukurannya. Pustaka Pelajar.

Fathoni, B. (2020). Reflective Pedagogy As Humanistic Learning. Historika, 23(1), 79–91. https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.20961/historika.v23i1.41239

Gunawan, I. (2019). Manajemen Kelas: Teori dan Aplikasinya. P.T RAJAGRAFINDO PERSADA.

Habibuddin, H., Alwi, M., Sururuddin, M., Sahiruddin, S., Hadi, N., Sadaruddin, S., & Rodiyah, H. (2023). Kultur Sekolah dalam Pencegahan Bullying dan Kekerasan di Sekolah Dasar. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 393–413. https://doi.org/10.29408/didika.v9i2.24916

Kinesti, R. D. A., Ummatin, K., Zumaroh, I., Nisa, N. C., Nugrahen, I., & Pratiwi, M. A. (2021). Penerapan Nilai Karakter Kedisiplinan Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SD Al-Ma’soem. Jurnal Jendela Pendidikan, 1(04), 286–292. https://doi.org/10.57008/jjp.v1i04.67

Kurniyawati, S. U., Chasanah, U., BR Ginting, A. H., Sri Afira Tuhyadi, S. G., & Istiningsih, I. (2022). Kontribusi Model Pembelajaran Paradigma Pedagogi Reflektif Untuk Menumbuhkan Karakter Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Tematik Integratif Kelas Iv Sd/ Mi. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(1), 100. https://doi.org/10.30651/else.v6i1.8842

Mizaniya Mustika, D., & Dafit, F. (2019). Analisis Pemahaman Mahasiswa Pgsd Terhadap Nilai Karakter Bangsa Dalam Mata Kuliah Pendidikan Karakter. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah, 3(1), 92. https://doi.org/https://Doi.Org/10.24036/Jippsd.V3i1.106373

Pohan, I. S. (2020). Penerapan Nilai-Nilai Keteladanan Oleh Guru Serta Implikasinya Bagi Perilaku Siswa Di Sekolah Dasar, Desa Selayang Kecamatan Langkat. Wahana Inovasi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 9(2), 91–97.

Printina, B. I., & Hasudungan, A. N. (2020). Pembelajaran Sejarah Asia Barat Kuno Berbasis Paradigma Pedagogi Reflektif. Swadesi: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sejarah, 1(1), 24. https://doi.org/https://doi.org/10.26418/swadesi.v1i1.43063

Putri Septirahmah, A., & Rizkha Hilmawan, M. (2021). Faktor-Faktor Internal Yang Mempengaruhi Kedisiplinan: Pembawaan, Kesadaran, Minat Dan Motivasi, Serta Pola Pikir. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 618–622. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i2.602

Rahmawati, E., & Idatul, U. H. (2021). Pemberian Sanksi (Hukuman) Terhadap Siswa Terlambat Masuk Sekolah Sebagai Upaya Pembentukan karakter Disiplin. Indonesian Journal of Teacher Education, 2(1).

Rose, M. (2020). Disiplin Pada Anak. Kementerian Pendikdikan dan Kebudayaan.

Saleh, S. (2023). Peningkatan Sikap Kedisiplinan Pada Pembelajaran PKN Menggunakan Model Paradigma Pedagogi Reflektif Bagi Siswa Kelas III dI SD Negeri Koli. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Mei, 2023(9), 735–743. https://doi.org/10.5281/zenodo.8009336

Saputra, H., Studi, P., Guru, P., & Ibtidaiyah, M. (2022). Model Pembentukan Karakter Disiplin Pada Peserta Didik Sekolah Dasar Aisyiyah Kalianda Lampung Selatan. Jurnal Didika : Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 18–29. https://doi.org/10.29408/didika.v8i1.5671

Septu, D., Ibrahim, M., Ramdhani, S., & Mukti, H. (2022). Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif. Jurnal Didika : Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 102–113. https://doi.org/10.29408/didika.v8i1.5834

Subagja, J. (2010). Paradigma Pedagogi Reflektif. PT Bumi Aksara.

Suciatik, T. (2017). Urgency Of Character Education Towards Resocialization Effort Of Child Prisoners. South East Asia Journal of Contemporary Business, Economics and Law, 13(4).

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Ramdan, A. Y., Sururuddin, M., Rodiyah, H., Hamdi, Z., & Azim, M. F. (2024). Pengaruh Model Paradigma Pedagogi Reflektif Terhadap Sikap Disiplin Siswa Kelas III SDN 1 Korleko: Paradigma Pedagogi Reflektif, Sikap Disiplin. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 642–658. https://doi.org/10.29408/didika.v10i1.26826

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

<< < 1 2 

You may also start an advanced similarity search for this article.