Pengaruh Model Paradigma Pedagogi Reflektif Terhadap Sikap Disiplin Siswa Kelas III SDN 1 Korleko
Paradigma Pedagogi Reflektif, Sikap Disiplin.
DOI:
https://doi.org/10.29408/didika.v10i1.26826Keywords:
Paradigma pedagogi reflektif, sikap disiplinAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran paradigma pedagogi reflektif terhadap sikap disiplin siswa kelas III SDN 1 Korleko. Jenis penelitian ini adalah eksperimen desain penelitian pre-eksperimen dengan jenis one group pre-test dan post-test design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN 1 Korleko tahun pelajaran 2022/2023. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik nonprobability sampling yaitu purposive sampling sebanyak 40 orang. Metode menggunakan instrumen angket berskala interval, yang telah diujicobakan dengan hasil uji coba instrumen angket telah valid dan reliable. Sedangkan untuk analisisnya menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa t hitung > t tabel yaitu (6.457 > 1.687), dengan kata lain hipotesis Ho ditolak dan H1 tabel diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam model pembelajaran paradigma pedagogi reflektif terhadap sikap disiplin siswa kelas III SDN 1 Korleko. Model ini dapat mengungkap makna yang sebenarnya dari materi yang telah dipelajari, sehingga membentuk pribadi siswa yang utuh melalui tahapan konteks, pengalaman, refleksi, aksi, dan evaluasi.
References
Ani, N. A. (2014). Pendidikan karakter untuk siswa sd dalam perspektif islam. Mimbar Sekolah Dasar, 1(1), 50–58. https://doi.org/10.1016/S0022-0248(02)02148-6
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Azwar, S. (2008). Sikap manusia: Teori dan pengukurannya. Pustaka Pelajar.
Fathoni, B. (2020). Reflective Pedagogy As Humanistic Learning. Historika, 23(1), 79–91. https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.20961/historika.v23i1.41239
Gunawan, I. (2019). Manajemen Kelas: Teori dan Aplikasinya. P.T RAJAGRAFINDO PERSADA.
Habibuddin, H., Alwi, M., Sururuddin, M., Sahiruddin, S., Hadi, N., Sadaruddin, S., & Rodiyah, H. (2023). Kultur Sekolah dalam Pencegahan Bullying dan Kekerasan di Sekolah Dasar. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 393–413. https://doi.org/10.29408/didika.v9i2.24916
Kinesti, R. D. A., Ummatin, K., Zumaroh, I., Nisa, N. C., Nugrahen, I., & Pratiwi, M. A. (2021). Penerapan Nilai Karakter Kedisiplinan Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SD Al-Ma’soem. Jurnal Jendela Pendidikan, 1(04), 286–292. https://doi.org/10.57008/jjp.v1i04.67
Kurniyawati, S. U., Chasanah, U., BR Ginting, A. H., Sri Afira Tuhyadi, S. G., & Istiningsih, I. (2022). Kontribusi Model Pembelajaran Paradigma Pedagogi Reflektif Untuk Menumbuhkan Karakter Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Tematik Integratif Kelas Iv Sd/ Mi. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(1), 100. https://doi.org/10.30651/else.v6i1.8842
Mizaniya Mustika, D., & Dafit, F. (2019). Analisis Pemahaman Mahasiswa Pgsd Terhadap Nilai Karakter Bangsa Dalam Mata Kuliah Pendidikan Karakter. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah, 3(1), 92. https://doi.org/https://Doi.Org/10.24036/Jippsd.V3i1.106373
Pohan, I. S. (2020). Penerapan Nilai-Nilai Keteladanan Oleh Guru Serta Implikasinya Bagi Perilaku Siswa Di Sekolah Dasar, Desa Selayang Kecamatan Langkat. Wahana Inovasi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 9(2), 91–97.
Printina, B. I., & Hasudungan, A. N. (2020). Pembelajaran Sejarah Asia Barat Kuno Berbasis Paradigma Pedagogi Reflektif. Swadesi: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sejarah, 1(1), 24. https://doi.org/https://doi.org/10.26418/swadesi.v1i1.43063
Putri Septirahmah, A., & Rizkha Hilmawan, M. (2021). Faktor-Faktor Internal Yang Mempengaruhi Kedisiplinan: Pembawaan, Kesadaran, Minat Dan Motivasi, Serta Pola Pikir. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 618–622. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i2.602
Rahmawati, E., & Idatul, U. H. (2021). Pemberian Sanksi (Hukuman) Terhadap Siswa Terlambat Masuk Sekolah Sebagai Upaya Pembentukan karakter Disiplin. Indonesian Journal of Teacher Education, 2(1).
Rose, M. (2020). Disiplin Pada Anak. Kementerian Pendikdikan dan Kebudayaan.
Saleh, S. (2023). Peningkatan Sikap Kedisiplinan Pada Pembelajaran PKN Menggunakan Model Paradigma Pedagogi Reflektif Bagi Siswa Kelas III dI SD Negeri Koli. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Mei, 2023(9), 735–743. https://doi.org/10.5281/zenodo.8009336
Saputra, H., Studi, P., Guru, P., & Ibtidaiyah, M. (2022). Model Pembentukan Karakter Disiplin Pada Peserta Didik Sekolah Dasar Aisyiyah Kalianda Lampung Selatan. Jurnal Didika : Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 18–29. https://doi.org/10.29408/didika.v8i1.5671
Septu, D., Ibrahim, M., Ramdhani, S., & Mukti, H. (2022). Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif. Jurnal Didika : Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 102–113. https://doi.org/10.29408/didika.v8i1.5834
Subagja, J. (2010). Paradigma Pedagogi Reflektif. PT Bumi Aksara.
Suciatik, T. (2017). Urgency Of Character Education Towards Resocialization Effort Of Child Prisoners. South East Asia Journal of Contemporary Business, Economics and Law, 13(4).
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ahmad Yasar Ramdan, Muhammad Sururuddin, Hadiatul Rodiyah, Zulfadli Hamdi, M. Fathul Azim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.