Permainan Tradisional Gowokan Dalam Membentuk Kecakapan Sosial Anak Usia Sekolah Dasar

Permainan Tradisional, Gowokan, Kecakapan Sosial

Authors

  • B Burhanuddin Program Studi PGSD Universitas Hamzanwadi, Indonesia
  • Habibuddin Habibuddin Program Studi PGSD Universitas Hamzanwadi, Indonesia
  • Ovi Mandani Program Studi PGSD Universitas Hamzanwadi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v10i1.26943

Keywords:

Permainan Tradisional, Gowokan, Kecakapan Sosial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pemahaman guru tentang peran dan fungsi permainan tradisional gowokan, mendeskripsikan peran dan fungsi permainan tradisional gowokan dan, merefleksikan aspek pendukung dan penghambat peran dan fungsi permainan tradisional gowokan dalam membentuk kecakapan sosial anak pada usia sekolah dasar Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakandalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi atau pengecekan data. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru belum terlalu memahami peran dan fungsi permainan tradisional gowokan dalam membentuk kecakapan sosial anak pada usia sekolah dasar, hal ini disebabkan karena dalam proses pembelajaran guru jarang memanfaatkan permainan tradisional. Permainan tradisional gowokan dapat memberikan kesenangan pada anak, kemampuan untuk menjadi relasi, kerja sama, melatih kematangan sosial dengan teman sebaya, berlatih peran dengan orang yang lebih dewasa, melatih anak untuk bersabar secara bergantian ketika melakukan sesuatu permainan, serta kemampuan untuk menerima kekalahan dengan lapang dada dan mengakui kemenangan teman.

Author Biographies

Habibuddin Habibuddin, Program Studi PGSD Universitas Hamzanwadi, Indonesia

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Ovi Mandani, Program Studi PGSD Universitas Hamzanwadi, Indonesia

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Ahmadi, Abu. (2017). Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Kurniati, E. (2006). Program Bimbingan Untuk Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak Melalui Permainan Tradisional. Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan, 4, 97-114.

Kurniati, Euis. (2016) Permainan Tradisional Dan Perannya Dalam Mengembangkan Keterampilan Social Anak. Jakarta: Prenada Media Group.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992) Analisis Data Kualitatif. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: Universitas Indonesia.

Moleong, Lexy J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyani. (2016). Super Asyik Permainan Tradisional Anak Indonesia. Yogyakarta: Diva Press.

Nurhayati Lis. (2012). Peran Permainan Tradisional Anak Usia Dini (Studi Di Paud Geger Sunten, Desa Suntenjaya). Pemberdayaan: Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, Jurnal EMPOWERMENT, 1 (2) 44.

Setiani, T. (2014). Peningkatan Keterampilan Sosial Siswa Melalui Penerapan Metode Simulasi Pada Pembelajaran IPS Kelas V. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta

Yunus, Ahmad. (2010). Permainan Rakyat Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta; Dapertemen Pendidikan Dan Kebudayaan.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Burhanuddin, B., Habibuddin, H., & Mandani, O. (2024). Permainan Tradisional Gowokan Dalam Membentuk Kecakapan Sosial Anak Usia Sekolah Dasar: Permainan Tradisional, Gowokan, Kecakapan Sosial . Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 672–682. https://doi.org/10.29408/didika.v10i1.26943