Meningkatkan Minat Baca Siswa Melalui Dongeng Kearifan Lokal Sasak pada Siswa Kelas 2 SDN 1 Waringin

Minat Baca, Dongeng, Kearifan Lokal, Sasak.

Authors

  • A Aswasulasikin (Scopus ID: 57216747140) Universitas Hamzanwadi, Indonesia
  • Sri Pujiani MTs N 1 Lombok Timur, Indonesia
  • Hendri Saputra PPG Universitas Hamzanwadi, Indonesia
  • Masyhuri SDN 1 Waringin. Indonesia
  • Muhammad Husni PGSD Universitas Hamzanwadi, Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v10i1.26053

Keywords:

Kearifan lokal, minat baca, dongeng

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca siswa kelas 2 SDN 1 Waringin melalui pendekatan pembelajaran menggunakan dongeng kearifan lokal Sasak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dan mengacu pada model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah 27 siswa kelas 2. Data dikumpulkan melalui observasi dan angket minat baca. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) implementasi pendekatan pembelajaran dengan menggunakan dongeng kearifan lokal Sasak secara signifikan meningkatkan minat baca siswa di kelas 2. Sebelum intervensi, 56 % siswa memiliki tingkat minat baca "Rendah," tetapi setelah Siklus 1, angka tersebut menurun menjadi 37%, sementara siswa dengan tingkat minat baca "Tinggi" meningkat menjadi 33%. Pada Siklus 2, terjadi peningkatan lebih lanjut dengan 52% siswa menunjukkan tingkat minat baca "Tinggi". 2) Hasil observasi aktivitas guru menunjukkan peningkatan yang signifikan dari Siklus 1 ke Siklus 2. Pada Siklus 2, persentase keterlaksanaan rencana pembelajaran mencapai 90% dan dinilai "Sangat Baik," menandakan kemajuan dalam pembelajaran menggunakan dongeng kearifan lokal Sasak. 3) Observasi aktivitas siswa juga menunjukkan perbaikan yang berarti. Pada Siklus 2, 56% siswa termasuk dalam kategori "Sangat Aktif," menunjukkan keterlibatan yang tinggi dalam pembelajaran

References

Ahmadi, A. (2021). Nilai Pendidikan Karakter Dalam Cerita Rakyat Sasak ”Doyan Nada”. Jurnal Ilmiah Global Education, 2(1), 115–122. https://doi.org/10.55681/jige.v2i1.97

Ama, R. G. T. (2020). Membangun minat baca pada siswa Sekolah Dasar. Jawa Tengah: CV. Pena Persada.

Arliani, B. N., Musaddat, S., & Safruddin. (2021). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan karakter pada Cerita Rakyat Suku Sasak “Putri Mandalika” sebagai Bahan Ajar. PELITA : Jurnal Pembelajaran, Linguistik dan Sastra., 1(2), 15–25. Diambil dari https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/PELITA/article/download/57/63

Artana, I. K. (2017). Anak, Minat Baca, Dan Mendongeng. Acarya Pustaka, 3(1), 26. https://doi.org/10.23887/ap.v3i1.12733

Aswasulasikin, A., Fadilah, D., & Hadi, Y. A. (2022). Inculcating of sasak local cultural values in learning at elementary school. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 8(2), 96. https://doi.org/10.29210/1202222460

Aswasulasikin, Apriana, D., Aziz, A., & Husna, R. A. (2023). Peran Gerakan Literasi Sekolah dalam Meningkatkan Motivasi dan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal DIDIKA : Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 177–188. Diambil dari http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/didika/article/view/2027/pdf_41

Bhakti, D., Putro, W., & Nufalina, N. H. (2022). Meningkatkan Minat Membaca Anak-Anak Berbasis Literasi Kearifan Lokal, 05(04), 451–455. Diambil dari https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/pkm/article/download/13777/4975

Hadi, A. A., Sarifah, A., Maftuhah, T., Putri, W. D., Guru, P., & Dasar, S. (2023). Rendahnya minat baca anak sekolah dasar. Renjana Pendidikan Dasar, 3(1), 22–30. Diambil dari https://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/article/view/303

Haerullah, A., & Hasan, S. (2021). PTK & Inovasi Guru. Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia.

Inderasari, O. P., Liastamin, A., Putri, E. M., Ismi, H., Hawariani, H., Saputra, H., … Putra, Y. (2022). Pengembangan Karakter Anak Melalui Literasi Budaya Berbasis Cerita Rakyat NTB Bermitra Dengan TBM Literasi Lumbung Lombok Sengkerang. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(2), 1168. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i2.7111

Ritonga, R., Iskandar, R., Ridwan, Y., & Aji, R. H. S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas: Strategi pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Rajawali Buana Pusaka.

Saputra, H., Nisa, K., & Jiwandono, I. S. (2022). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Kearifan Lokal NTB untuk Menanamkan Nilai-nilai Karakter pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Classroom Action Research, 4(1), 1–11. Diambil dari https://jppipa.unram.ac.id/index.php/jcar/article/view/1684

Sutoyo. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Surakarta: Unisri Press.

Usman, J., Mawardi, Zein, H., & Rasyidah. (2019). Pengantar Praktis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Aceh Besar: AcehPo Publishing.

Yatun, S. (2015). Menumbuhkan Minat Baca Melalui Perpustakaan. Jurnal Fihris, X(2), 171–187. Diambil dari http://digilib.uin-suka.ac.id/24229/1/Sri Yatun- Menumbuhkan Minat Baca Siswa Melalui Perpustakaan.pdf

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Aswasulasikin, A., Pujiani, S., Saputra, H., Masyhuri, & Husni, M. (2024). Meningkatkan Minat Baca Siswa Melalui Dongeng Kearifan Lokal Sasak pada Siswa Kelas 2 SDN 1 Waringin: Minat Baca, Dongeng, Kearifan Lokal, Sasak. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 581–594. https://doi.org/10.29408/didika.v10i1.26053

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 1 2 3 

You may also start an advanced similarity search for this article.