Korelasi Gaya Belajar dengan Kompetensi Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.29408/didika.v11i1.30105Keywords:
Gaya Belajar Kinestetik, Visual, Audiotery, Kompetensi Siswa, Literasi.Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi atau hubungan gaya belajar siswa dengan kompetensi membaca siswa di sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain korelasi. Adapaun sampel penelitian terdiri dari 30 siswa yang telah dipilih, menggunakan Teknik random sampling. Data dikumpulkan melalui kuisioner gaya belajar Visual, Audiotery, dan Kinestetik ) serta menggunakan tes literasi membaca. Analisis dilakukan menggunakan korelasi person untuk mengatur hubungan antara gaya belajar dan komptensi literasi membaca siswa. Adapaun hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memiliki dominan gaya belajar visual memiliki hubungan signifikan dengan kompetensi literasi membaca, dengan nilai korelasi Pearson atau r_hitung gaya belajar visual sebesar 0,501> r_tabel = 0,361. Sedangkan siswa yang memiliki dominan gaya belajar auditory r_hitung sebesar 0,273 < r_tabel = 0,361. Dan gaya belajar siswa dominan kinestetik r_hitung sebesar 0,278 < r_tabel= 0,361. Dapat di simpulkan bahwa siswa dengan dominan dengan gaya belajar visual cenderung memiliki kemampuan membaca yang lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memiliki gaya belajar auditory dan kinestetik. Sebaliknya, gaya belajar auditory dan kinestetik tidak menunjukkan hubungan signifikan dengan kompetensi literasi membaca. Namun kombinasi gaya belajar siswa harus tetap dilakukan dalam proses pembelajaran, dikarnakan gaya belajar siswa masih memerlukan dukungan dari indra yang lainnya.
References
Anggraini, & Febrina, D. (2019). Meningkatkan Kemampuan Membaca Peserta Didik Melalui Teknik Permainan Menyusun Kata Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas Ii Min 1 Bandar Lampung. Diss. UIN Raden Intan Lampung, 2(1), 184. https://jbasic.org/index.php/basicedu
Darwanto, & Anggi, Monica, P. (202 1). Penguatan literasi, numerasi, dan adaptasi teknologi pada pembelajaran di sekolah:(sebuah Upaya Menghadapi Era Digital dan Disrupsi).". Eksponen, 11(2), 25–35. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/upload/filemanager/buku/file/Panduan/Arah%20Kebija
Danuri, & Maisaroh, S. (2019). Metodologi penelitian. In Samudra Biru.
Dasep, Muhammad, & Salsabila, R. (2023). PENTINGNYA MENGENALI GAYA BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN. Jurnal Abdi Nusa, 3(3), 157–153. http://jurnal.anfa.co.id/index.php/seroja
Dasep, Muhammad, Salsabila, R., & Azzahra, A. melinda. (2023). PENTINGNYA MENGENALI GAYA BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN. PENTINGNYA MENGENALI GAYA BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN, 3(3), 157–163. https://doi.org/10.32698/01992
Dosen, & Dunia. (2023). Pengertian Penelitian Deskriptif, Karakter, Ciri-Ciri dan Contohnya.
Ilham, Muhammad, & wijiati, ani. (2020). Keterampilan berbicara: Pengantar keterampilan berbahasa. . . Lembaga Academic & Research Institute, 3(3), 10. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4353
Indy, Ryan, J, F., Waani, & Kandowangko, N. (2020). Peran Pendidikan Dalam Proses Perubahan Sosial Di Desa Tumaluntung Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara. HOLISTIK, Journal Of Social and Culture, 2(3),12. http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/89/87%0A
Khasanah, & Khuswatun. (2018). Hubungan Minat Baca dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS.". Joyful Learning Journal, 2(1), 159–170. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jlj
Mailani, & Okarisma. (2022). Bahasa sebagai alat komunikasi dalam kehidupan manusia. Kampret Journal, 2(1), 10. https://doi.org/10.35335/kampret.v1i1.8
Mulyati, T., Yunansah, H., & Abidin, Y. (2019). Pembelajaran literasi : strategi meningkatkan kemampuan literasi matematika, sains, membaca, dan menulis. Bumi Aksara, 319–320(1). https://jbasic.org/index.php/basicedu
Nur, F., Sabarudin, G., & Kamaludin, A. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. PILAR, 14(1), 23. https://doi.org/10.38035/jim.v3i1
Ramadhani, Safira, J., & Wulandari badriyah. (2022). UPAYA MENGATASI KESULITAN MEMBA CA PERMULAAN MELALUI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. Rosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v4i1.12345
Roflin, Eddy, & Andriyani Liberty, iche. (2021). Populasi, Sampel, Variabel dalam penelitian kedokteran. Penerbit NEM, 2(1), 61.
Santoso, Imam, & Madiistriyatno harries. (2021). Metodologi penelitian kuantitatif. In Indigo Media. https://jbasic.org/index.php/basicedu
Saputra, & Vega alifa. (2021). Pengaruh antara Gaya Belajar dan Persepsi Siswa terhadap Cara Guru Mengajar dengan Aktivitas Belajar IPS Siswa SMP Negeri 1 Pundong Pada Masa Pandemi Covid-19. SOCIAL STUDIES, 6(1), 19. http://journal.uny.ac.id/index.php/hsjpi
Syarif, A., & Kibtiyah, A. (2021). Strategi Mengatasi Masalah Kesulitan Belajar Siswa Dengan Memahami Gaya Belajar. Pendidikan Tambusai, 5(3), 6444–6454. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.1964
Ulfatin, & Nurul. (2022). Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan: Teori dan Aplikasinya. In Media Nusa Creative (MNC Publishing). DOI: https://doi.org/10.24176/re.v10i2.4663
Zaifullah, Hairuddin, C., & M. Iksan, K. (2021). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Interaksi Dan Minat Belajar Terhadap Keberhasilan Peserta Didik Dalam Menghadapi Pembelajaran Tatap Muka Di Masa Pandemi Covid 19.". Guru Tua: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 9–18.Website: http://jonedu.org/index.php/joe
Downloads
Published
Versions
- 2025-06-22 (2)
- 2025-06-21 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Abdul Aziz, Yul Alfian Hadi, Hadiahtul Rodiyah, Doni Septu Marsa Ibrahim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.