Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Brain Based Learning Untuk Pembelajaran Tematik Kelas V Sekolah Dasar

Bahan Ajar, Brain Based Learning, Pembelajaran Tematik

Authors

  • Dina Fadilah Program Studi PGSD Universitas Hamzanwadi, Indonesia
  • Baiq Azam Aspariah 5Program Studi PGSD Universitas Hamzanwadi, Indonesia
  • Muhammad Sururuddin Program Studi PGSD Universitas Hamzanwadi, Indonesia
  • Mijahamuddin Alwi 5Program Studi PGSD Universitas Hamzanwadi, Indonesia
  • Musabihatul Kudsiah Program Studi PGSD Universitas Hamzanwadi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29408/didika.v10i1.26876

Keywords:

Bahan ajar, Brain based learning, pembelajaran tematik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengidentifikasi kelayakan dari  bahan ajar berbasis brain based learning  pada pembelajaran tematik tema 9 kelas V SDN 3 Montong Baan Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan tahap pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE. Uji coba produk dalam penelitian ini dilakukan di SDN 3 Montong Baan Selatan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 3 Montong Baan Selatan. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan angket. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian dan pengembangan menghasilkan bahan ajar berbasis brain based learning. Hasil validasi ahli materi memperoleh rata-rata 4,07 dengan kategori baik. Hasil validasi ahli media memperoleh rata-rata 4,27 dengan kategori sangat baik. Hasil respon siswa terhadap kepraktisan bahan ajar berbasis brain based learning memperoleh persentase 92% dengan kategori sangat baik.

References

Erlita, R., Untari, E., & Murdiyah, S. (2020). Pengaruh Model Brain Based Learning (BBL) Berbasis Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(1), 116–126. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i1.14495

Fajri, Z. (2018). Bahan Ajar Tematik Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013. Pedagogik, 05(01), 100–108.

Hakim, I. (2017). Pengembangan Bahan Ajar E-Book Berbasis Metakognisi Menggunakan 3d Pageflip Pada Materi Peran Kimia Dalam Kehidupan Di Kelas X Mipa Sma Negeri 1 Muaro Jambi. BMC Public Health, 5(1), 1–8. https://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/siklus/article/view/298%0Ahttp://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jana.2015.10.005%0Ahttp://www.biomedcentral.com/14712458/12/58%0Ahttp://ovidsp.ovid.com/ovidweb.cgi?T=JS&P.

Hasan, S. H., & Larumbia, L. (2021). Kelayakan Media Pembelajaran Praktikum Fisika Teknik Menggunakan Video Tutorial. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 5(2), 271–277. https://doi.org/10.29408/edumatic.v5i2.4139.

Nabillah, S. F. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Beorientasi Brain Based Learning. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Ogara, D. O. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar. 06(01), 5625–5643.

Putri, C. A., Munzir, S., & Abidin, Z. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Brain-Based Learning. Jurnal Didaktik Matematika, 6(1), 13–28. https://doi.org/10.24815/jdm.v6i1.9608.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Yudanti, Y. S. (2019). Pengaruh Model Brain Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Mata Pelajaran Biologi Di Sma Negeri 15 Bandar Lampung. Skripsi, 5–10.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Fadilah, D., Aspariah, B. A., Sururuddin, M., Alwi, M., & Kudsiah, M. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Brain Based Learning Untuk Pembelajaran Tematik Kelas V Sekolah Dasar: Bahan Ajar, Brain Based Learning, Pembelajaran Tematik. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 659–671. https://doi.org/10.29408/didika.v10i1.26876

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >> 

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.